√ 13 Prospek Kerja Teknik Geodesi dan Gajinya

Badan Pemerintahan Nasional (BPN)

Dalam hal ini telah kita ketahui bersama bahwa pada tahun 2013 seorang yang berasal dari lulusan jurusan geometika telah dapat mendaftar menjadi seorang CPNS. Karena jurusan ini adalah jurusan yang memang telah dapat mendaftar, pada saat itu pemerintah atau BPN lah yang membuka lowongan CPNS tersebut. Pada tahun 2013 dibutuhkan kurang lebihnya 50 orang untuk menjadi seorang CPNS.  Kemudian untuk diploma diambil sejumlah 300 orang untuk pemetaan kadastral.  Dan pada tahun 2010 sejumalah BPN juga menerima kembali calon CPNS sebesar 100 orang.

Dalam hal ini BPN (Badan Pemerintahan Nasional) sangat membutuhkan seorang yang memang telah ahli dalam geodasi, dan pemetaan untuk pekerjaan yang di lakukannya. Antara lain adalah:

Pembuatan Sertifikat Tanah

Setiap tahunnya pembuatan sertifikat tanah mencapai 4000.000 sertifikat untuk sertifikat yang baru. Sedang sertifikat yang hanya dapat di layani oleh  BPN (Badan Pemerintahan Nasional) adalah hanya sebesar 2000.000 sertifikat setiap tahunnya. Sehingga dalam hal ini sangat di butuhkan seorang tenaga pekerja di bidang ini untuk membantu dalam menyelesaikan pembuatan sertifikat tanah tersebut. Dalam hal ini telah di perkirakan bahwa setiap hari seorang petugas BPN (Badan Pemerintahan Nasional) dalam pembuatan surat dapat menyelesaikan 4 surat saja.

Namun jika di hitung selama setahun berarti seorang petugas pembuatan sertifikat dapat menyelesaikan sertifikatnya selama  satu tahun kurang lebihnya mendapatkan 1000 sertifikat. Dalam hal ini untuk mengurangi surat ukur sebayak 2000.000 surat ini maka di perlukan tenaga pengukuran atau tenaga sertifikat yang baru.

Rekontruksi Batas

Dalam Rekontruksi Batas tanah yang sedang di lakukan dalam hal ini adalah yang memang sering banget terjadi dalam Indonesia antara lain adalah sebagai berikut:

Rekontruksi Batas dalam hal ini terjadinya bencana alam, seperti gempa bumi, tanah longsor, letusan gunung berapi, banjir,kekeringan, kebakaran hutan, angin ribut, lumpur dan masih banyak yang lainnya. Sehingga dalam hal ini wilayah indonesia masih sangat rentan dalam bencana alam seperti ini.

Rekontruksi batas yang di akibatkan karena pembangunan intrastruktur dan utilitas yang memang sangat pesat. Dalam hal ini adalah khususnya untuk daerah-daerah yang berupa, jalan,jembatan, dan saluran air dan kabel, yang bergeser, rusak atau hilang.

Menyediakan aplikasi sistem informasi data rekontruksi batas yang dapat di akses oleh seluruh kator pertanahan.

Menyediakan sistem informasi dan manajemen pertanahan untuk pengelolaan administrasi sengketa dan pertanahan.

Badan Informasi Geospasial (BIG) Atau Dahulu Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)

BIG mulai membuka penerimaan calon CPNS pada tahun 2013, dalam hal ini Badan Informasi Geospasial (BIG) Atau Dahulu Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) hanya membutuhkan sekitar 45 orang saja dari gelar yang telah di jabatnya adalah S1. Dalam hal ini Badan Informasi Geospasial (BIG) Atau Dahulu Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) mebutuhkan banyak sekali ahli geodasi dalam pekerjaan sebagai berikut, Untuk menentukan bagaimana cara pembuatan peta dasar, melihat langsung kelaut, survey keudara, survey di drat,  Penyusunan Rancangan Undang-Undang Informasi Geospital, dan masih banyak yang lainnya.

Maka telah dapat di simpulkan bahwa seorang yang ingin bekerja di dalam bidang ini adalah seorang tersebut memang telah ahli dalam bidang ilmu geodasi. BIG juga masih terus membutuhkan seorang dari lulusan pendidikan tekhnik geodasi untuk terus membantunya dalam menyelesaikan permasalahsn Badan Informasi Geospasial (BIG) Atau Dahulu Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), untuk mewujudkan program-program kerja yang telah di rencanakannya tersebut.

Kementrian Pekerjaan Umum

Pada Tahun 2013 Kementrian Pekerja Umum telah membuka lowongan pekerja baru untuk mahasiwanya tersebut agar dapat memperoleh hasil yang diinginkanya dan dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan yang membutuhkannya.

Dalam bidang Kementrian Pekerjaan Umum ini hanya di butuhkan 10 orang saja untuk dapat bekerja dalam bidang ini. Sehingga perlu di ketahui bahwa seorang yang diterima dalam bekerja di dalam Kementrian Pekerjaan Umum ini adalah seorang tersebut harus telah lulus dan mendapatkan gelar S1.`

Perusahaan Konsultan Teknik

Dari data yang telah di lihat dapat diketahui bahwa setiap tahunnya perusahaan konsultan tekhnik selalu bertambah. Sehingga setiap pekerja yang telah di laksanakan oleh pemerintah sekitar selalu di butuhkan tenaga yang telah ahli di bidang geodesi dan geometika maupun tenaga survey, pengukuran dan pemetaan sebagai tenaga teknik lapangan. Sehingga dapat di simpulkan bahwa setiap tahunnya perusahaan teknik selalu membutuhkan tenaga ahli geodesi untuk menyelesaikan dan menangani permasalahan yang ada.

Perusahaan Konstruksi

Hal ini juga sama dengan yang telah di lakukan oleh seorang yang bekerja di dalam perusahaan konsultan teknik. Perusahaan kontruksi baru setiap tahunnya juga membutuhkan tenaga ahli geodesi dan geometika baru maupun tenaga survey dan pemetaan nya tersebut sebagai tenaga teknis di lapangannya itu  yang baru untuk menangani masalah yang sedang di hadapinya tersebut.

Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan Dan Informasi Geospasi (APSPIC)

Berdasarkan fakta yang ada bahwa dalam membentuk suatu kegiatan perencanaan pastinya memerlukan peta. Dalam hal ini tanpa adanya peta dalam penggunaanya pastinya perencanaan tersebut akan berjalan tidak sesuai dengan keinginan. Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan Dan Informasi Geospasi (APSPIC) memiliki peran yang aktif dalam mengembangkan dibidang jasa dalam pekerjaannya di bagian survei ini.

Oleh karena itu seorang yang ahli dalam pemetaan memang sangat di butuhkan dalam hal ini. Kerna pemetaan dan informasi merupakan sangat di percaya dapat digunakan dalam mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya untuk mahkluk hidup lainnya. Sehingga informasi geosdasi sangat dipercayai oleh BIG dalam mengatasi hal yang seperti ini.

Persero

Dalam hal ini seorang yang berasal dari lulusan geodasi juga sangat di butuhkan dalam pekerjaan persero ini. Karena pekerjaan ini juga membutuhkan lulusan geodesi yang memang telah ahli di bidang ini dalam menjalankan perusahaannya. Pekerjaan yang di laksanakan oleh seorang yang ahli dalam geodasi antara lain adalah dapat membuat rekayasa jaringan dan sistem informasi jaringan dan penggunaanya beserta aplikasi dari jaringan tersebut. 

Sehingga dalam hal ini kebutuhan untuk seorang yang telah lulus dalam jurusan geodasi ini dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan sebagai pekerja pesero. Dengan gaji yang akan di dapatkan juga cukup lumayan besar karena memang belum banyak yang tahu dan berminat dalam pekerjaan ini.

Perusahaan Pertambangan

Dalam hal ini seorang ilmuan geodasi dapat bekerja di dalam perusahaan pertambangan ini sebagai mengidentifikasi area pertambangan, mencegah bencana akibat pertambangan tersebut, menyediakan data spesial untuk pengelolaan pertambangan rakyat tersebut.

Badan Informasi Geospasial (BIG), sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)

BIG  membutuhkan tenaga ahli dari jurusan geodesi dan geomatika serta tenaga pengukuran dan pemetaan untuk pekerjaan-pekerjaan antara lain sebagai berikut :

Pembuatan Peta Dasar (peta rupa bumi). Kegiatan ini untuk memetakan dengan detail (jarak, tinggi dan sudut) rupa bumi pada suatu wilayah.

Survey kelautan. Survey kelautan ini untuk memetakan beberapa hal seperti permasalahan kenaikan muka air laut akibat perubahan iklim, perubahan pasang surut, deformasi vertikal, pergerakan lempeng, juga akibat abrasi atau sedimentasi

Survey di udara, diantaranya pembuatan foto udara.

Survey di darat, diantaranya pembentukan wilayah dan penataan batas antar wilayah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Menteri Dalam Negeri dibantu Tim PPBD (Penegasan dan Penetapan Batas Daerah) Pusat dan Daerah, Jawatan Topografi dari TNI-AD, Jawatan Hidro Oseanografi dari TNI-AL, Kementerian Kehutanan, Kementerian ESDM, BPN, dan lain-lain.

Membantu pembuatan Undang-undang atau peraturan pemerintah tentang Informasi geospasial.

 Kementerian Pertanian dan Kehutanan

Kementerian Pertanian dan Kehutanan juga membutuhkan ahli geodesi. Para ahli geodesi ini melakukan beberapa tugas antara lain:

Pendeteksian dan pengendalian perubahan penggunaan lahan pertanian (sawah, ladang dan perkebunan) menjadi non pertanian. Kondisi ini jika tidak dideteksi secara cepat dan dikendalikan secara akurat, tentu akan berdampak terhadap produksi padi dan ketahanan pangan.

Perkembangan jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkatmengakibatkan kebutuhan perumahan dan fasilitas lainnya juga meningkat. Secara otomatis kondisi ini akan mengurangi ketersediaan lahan pertanian yang ada. Untuk mengantisipasi hal ini, tentu memerlukan ketersediaan data yang lengkap dan akurat tentang kondisi lahan di suatu wilayah. Pada bagian inilah para ahli geodesi berperan.

Pendataan dan pengendalian perubahan penggunaan hutan. Hal ini dimaksudkan agar areal hutan yang ada dapat dijaga dan dapat memenuhi fungsinya sehingga tidak berubah menjadi lahan perkebunan atau perumahan yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem setempat.

Perusahaan Pertambangan dan Migas

Ada banyak perusahaan tambang dan migas yang  beroperasi di Indonesia. Baik itu berasal dari dalam negeri atau pun berasal dari luar negeri.

Perusahaan yang berasal dari dalam negeri yang cukup terkenal misalnya, PT. Timah, PT. Aneka Tambang dan Pertamina. Sedangkan yang berasal dari luar negeri misalnya PT. Freeport Indonesia, Total Energy ataupun Newmont.

Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga geodesi dan geomatika di perusahaan pertambangan dan migas antara lain sebagai berikut :

Menjadi Dosen

Menjadi dosen, baik itu pada perguruan tinggi negeri maupun swasta, menjadi peluang kerja selanjutnya dari jurusan geodesi.

Memang, untuk menjadi dosen, minimal teman-teman harus lulus S2 dan memiliki IPK yang tinggi. Baik itu IPK S1 maupun S2nya. Ada banyak cara untuk mendapatkan nilai IPK tinggi, salah satunya dibahas dalam tulisan ini.

Selain IPK, teman-teman juga sebaiknya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik, baik itu aktif maupun pasif. Hal ini akan menjadi nilai lebih ketika teman-teman mendaftar atau mengikuti seleksi dosen.

Baca Juga : 

Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 13 Prospek Kerja Teknik Geodesi dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.