√ 14 Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan dan Gajinya

Prospek jurusan ini cukup cerah karena banyak barang yang merupakan hasil olahan barang tambang misalnya seperti sendok, garpu hingga emas yang bakal terus dibutuhkan. Jadi jangan khawatir kehabisan pekerjaan pada jurusan ini. Beberapa bidang yang menerima sarjana teknik pertambangan diantaranya adalah :

1.Instansi Pemerintahan

Lulusan teknik pertambangan dapat juga bekerja sebagai pegawai negeri seperti Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

2.Peneliti dan akademisi

Peluang menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi juga sangat terbuka karena sarja teknik pertambangan lebih banyak bekerja di sektor industri. Ditambah dengan ada berita beberapa perguruan tinggi di Indonesia akan membuka jurusan ini sehingga tentunya akan membutuhkan tenaga pengajar.

3.Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Ada beberapa perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan misal seperti PT. Bukit Asam (batubara), PT. Antam (emas), Pertamina, Perum gas negara, PT. Timah dan masih banyak yang lainnya.

4.Perusahaan swasta

Contohnya ialah industri semen, perusahaan minyak dan perusahaan tambang di seluruh dunia. Sekedar info, sarjana tambang berpeluang juga bekerja di Australia karena lulusan Teknik Pertambangan di Australia tidak terlalu banyak ini karena jurusan teknik pertambangan bukanlah jurusan yang begitu diminati disana dianggap tidak fashionable (karena orang lapangan bukan orang yang berpakain rapi seperti di kantor).

5.Wiraswasta

Sarjana teknik pertambangan juga bisa membuka usaha di bidang pertambangan seperti tambang pasir, tambang batuan dan juga tambang rakyat lainnya / bahkan membuka perusahaan dalam skala besar seperti tambang emas dan juga batubara.

6.Ahli Tambang dan Geologi

Untuk menjadi seorang ahli tambang dan juga geologi, Quipperian harus mempunyai pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, gambar, model, dan juga blueprint.  Selain itu kalian juga harus menguasai pengetahuan rekayasa dan teknologi, hukum dan pemerintahan, matematika, dan juga produksi dan pengolahan bahan mentah baik proses produksi dan kontrol kualitas, biaya, dan juga teknik memaksimalkan keefektifan manufaktur.

Skills yang dibutuhkan ialah meliputi keterampilan menyelesaikan masalah yang kompleks, berpikir kristis, mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan, paham dalam membaca dokumen kerja, dan juga mampu berbicara secara efektif.

7.Ahli Pengeboran Bumi (Nonminyak dan Gas)

Pengetahuan yang perlu dikuasai sebagai ahli pengeboran bumi antara lain ialah matematika, mekanis (mesin dan peralatan, desain, perbaikan, dan perawatan), dan juga pengetahuan keselamatan dan keamanan publik. Sedangkan untuk sisi skills yang perlu dikuasai, yaitu terampil melakukan perawatan peralatan, mampu mengambil keputusan, menilai kinerja diri sendiri dan juga tim kerja, mengontrol perlengkapan dan sistem operasi, dan bisa menentukan jenis alat dan peralatan untuk melakukan pekerjaan.

8.Teknisi Laboratorium

Berkarier sebagai teknisi laboratorium mempunyai tugas seperti menyediakan semua kebutuhan teknis yang dibutuhkan laboratorium untuk bekerja. Selain itu, teknisi laboratorium juga bertugas menerapkan prosedur keamanan dan juga kesehatan. Profesi ini memegang peranan penting dalam tahapan riset dan pengembangan. Tahapan ini penting juga dalam analisa dan juga penelitian sains.

Pengetahuan yang perlu dikuasai antara lain biologi, kimia, rekayasa dan juga teknologi, bahasa Inggris, dan mekanis. Sedangkan untuk skills yang perlu dikuasai ialah mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, terampil merawat peralatan, mampu menganalisis kontrol kualitas, dan juga sains (menggunakan peraturan dan metode ilmiah).

9.Pembuat Peta Geografi

Job description apabila kamu kelak menjadi seorang ahli pembuat peta geografis antara lain mengumpulkan, menganalisa, dan juga menginterpretasikan informasi geografis yang didapatkan dari hasil survei geodetik, foto udara, dan juga data citra satelit. Selain itu, meneliti, mempelajari dan menyediakan peta spasial dalam format digital maupun grafik yang dipakai untuk perizinan, sosial, politis, edukasi, dan desain. Kamu juga harus mahir memakai sistem informasi Geografis (SIG).

10.Ahli Teknik Minyak Bumi

Karier sebagai ahli teknik minyak bumi mempunyai job description meliputi merancang metode untuk meningkatkan ekstraksi minyak dan gas, produksi, dan juga menentukan kebutuhan peralatan baru, atau memodifikasi desain peralatan. Selain itu, apabila kamu menjadi ahli teknik minyak bumi, Quipperian akan mengawasi pengeboran dan menawarkan saran teknis. Posisi jabatan pekerjaan untuk profesi ahli teknik minyak bumi antara lain ialah sebagai ahli pengeboran, manajer pengeboran, ahli operasi, ahli minyak tanah, ahli produksi minyak tanah, dan juga insinyur.

11.Akademisi dan Peneliti

Untuk terjun di bidang akademisi ini pada umumnya lulusan Teknik Pertambangan harus bisa mengambil studi lanjut di program pascasarjana. Sampai saat ini universitas yang membuka Jurusan Teknik Pertambangan masih relatif sedikit, padahal kebutuhan bahan tambang di Indonesia sangat lah meningkat. Hal tersebut menjadi peluang lulusan Teknik Tambang untuk menjadi dosen di universitas terbuka lebar. Quipperian, kamu juga bisa membuka peluang untuk menjadi seorang peneliti di bidang pertambangan lho. Contoh nya, kamu bisa bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, P3TM, Litbang Industri, dan yang lainnya.

12.Instansi Pemerintahan

Quipperian, apabila kamu lulus dari prodi Teknik Pertambangan UNSRI dan berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, peluangnya sangat  lebar. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan dan juga Perindustrian, dan yang lainnya.

13.Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Selain menjadi PNS, bekerja sebagai pegawai BUMN juga terbuka lulusan Teknik Pertambangan UNSRI. Kalian bisa bekerja di Perusahaan Minyak Negara (Pertamina), PT ANTAM, PT INCO, Perusahan Listrik Negara (PLN), dan yang lainnya. Banyak juga lulusan dari Teknik Pertambangan UNSRI berkerja di BUMN lho.

14.Perusahaan Pertambangan Swasta (Nasional atau Multinasional)

Beberapa perusahaan swasta baik nasional maupun multinasional yang bergerak dalam bidang pertambangan di Indonesia ialah pada tambang batubara seperti PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Kaltim Prima Coal, PT Adaro, PT Berau Coal, dan yang lainnya. Sedangkan untuk tambang tembaga atau emas di antaranya adalah PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Rio Tinto Indonesia, PT Newmont Minahasa, PT Newmont Nusa Tenggara, dan masih banyak lain yang lainnya. Perusahaan-perusahaan yang barusan disebut merupakan perusahaan yang keren guys! apabila kamu memilih prodi Teknik Pertambangan UNSRI, kamu mempunyai peluang untuk bekerja di perusahaan-perusaahaan tersebut.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 14 Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.