√ Prospek Kerja Teknik Biomedik

Pengertian

Teknik Biomedis terbilang baru di dunia pendidikan Indonesia. Akan tetapi prospek Jurusan Teknik Biomedis patut di perhitungkan, seperti apa peluang kerja lulusan Teknik Biomedis? Mari kita ulas.

Seperti yang kita ketahui, Teknik Biomedis adalah suatu bidang yang menerapkan berbagai metode rekayasa, sains, dan teknologi dalam menyelesaikan persoalan kedokteran dan juga meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Jangan salah bidang ini sangat berkembang pesat di negara-negara maju. Di mulai sejak 50 tahun yang lalu, bidang ini telah mampu menciptakan kebutuhan tenaga kerja dengan keahlian khusus dalam bidang instrumentasi dan peralatan kedokteran, pengolahan data dan citra medis, sampai pengembangan sistem informasi kesehatan

Taraf hidup sehat, kemajuan teknologi, dan juga perkembangan masyarakat yang hedonis menuntut kita sealu berkaitan dengan masalah kesehatan. Inilah yang sebenarnya peluang yang terlihat seacara global. Akan tetapi, bukan hanya di sisi itu saja, berikut ini Peluang Kerja Jurusan Teknik Biomedis:

 pelayanan kesehatan (clinical engineer).

Peran tenik biomedis berkaitan dengan pelayanan kesehatan. Keahlian Teknik Biomedis  sangat dibutuhkan sekali baik dalam membantu melakukan pemilihan alat kesehatan, uji performa alkes, dan juga menyusun prosedur pemeliharaan dari berbagai peralatan kesehatan. Banyaknya kelinik dan rumah sakit tentu, memberi peluang bagi mereka yang luusan jurusan ini.

 desainer di industri perangkat biomedika (biomedical design engineer)

Bukan hanya terampil dan ahli pada bidang klinis dalam kegiatan pelayanan kesehatan / yang berkaitan dengan hambatan di lapangan akan tetpai, Jurusan Teknik Biomedis bisa memberikan berbagai pilihan solusi yang tepat sebagai desainer atau pengembang di industri perangkat biomedika. Tidak sedikit, perusahan alat kesehatan (alkes) yang membutuhkan mereka para ahli dibidangnya,

 peneliti di dunia akademik (research scientist).

apabila mereka yang memiih jurusan ini konsisten, secara individu tentu merka akan lebih banyak berhadapan dengan tantangan untuk melakukan penelitian, peluang eksplorasi dan membuat konsep yang bisa dimanfaatkan. Tidak sedikit jurusan ini melahirkan para ilmuan yang mengembangkan  Peralatan dan juga metoda (biomedika) baru, pengebangan Teknologi nano dan molecular dan juga pengembangan Teknologi untuk deteksi dini dalam bidang kesehatan.

Berapakah Gaji Lulusan Teknik Biomedis?

Prospek Masa Depan dan juga Peluang Kerja Jurusan Teknik Biomedis Yang Menjanjikan prospek Jurusan Teknik Biomedis Berapakah Gaji Lulusan Teknik Biomedis?

Teknik Biomedis adalah suatu bidang yang memadukan teknologi dengan medis tentu salah satu sektor yang mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini saja, kisaran gaji dari lulusan teknik biomedis di negara maju seperti Amerika ialah sebesar US$62,700 atau  Rp. 846.450.000 sampai US$104,000 Atau sekitar Rp. 1.404.000.000.

Di Amerika sendiri 75% tenaga kerja di bidang ini menikmati bayaran di atas US$ 83,300 per tahun nya.  Lowongan kerja di bidang teknik biomedis diperkirakan akan terus meningkat lagi sebesar 72% sebelum tahun 2020. Tentu ini sangat menggiurkan bagi mereka yang akan memilih jurusan ini, bukan tidak mungkin di tahun 2023 nanti jurusan ini akan tampil sebagai jurusan keahian yang terdepan.

Rumah Sakit Pemerintah / Swasta

Rumah sakit sebagai pusat kesehatan masyarakat saat ini menjadi  salah satu tempat utama dimana teknologi-teknologi kesehatan digunakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sakit. Di butuhkan seorang ahli teknologi alat-alat kesehatan tersebut yang betul-betul akan mengetahui seluk beluknya sehingga rumah sakit tidak asal membeli alat-alat kesehatan yang tidak mempunyai manfaat dan kualitas yang baik.

Laboraturium Kesehatan

Laboraturium kesehatan juga adalah tempat dimana teknologi-teknologi yang berhubungan dengan kesehatan dipakai untuk melakukan penelitian-penelitian yang berguna untuk pasien dan juga masyarakat luas.

 Instansi Pemerintahan

Lulusan dari Teknik Biomedis juga dpat melamar kerja ke Instansi-instansi pemerintahan yang bersangkutan dengan kompetensi yang dimilikinya seperti Kementrian kesehatan, Dinas Kesehatan dan Kementrian Perindustrian.

 Perusahaan Obat / Farmasi

Lulusan Teknik Biomedis juga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan farmasi yang membuat dan mensuplai obat-obatan untuk digunakan oleh rumah sakit dan masyarakat pada umumnya. Di perusahaan farmasi ini, lulusan Teknik Biomedis dapat bekerja sebagai Maintenance, Operasional ataupun Quality Control.

 Lembaga Penelitian

Lembaga penelitian bisa menjadi salah satu pilihan berlabuh setelah lulus kuliah. Beberapa lembaga penelitian kesehatan misalnya seperti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Lembaga penelitian ini memiliki tugas untuk melakukan penelitian-penelitian yang nantinya akan berguna untuk ilmu pengetahuan kesehatan dalam negeri.

Tenaga Pengajar

apabila kamu ingin menjadi seorang Tenaga Pengajar seperti Dosen, kamu juga bisa. Setelah lulus kamu dapat kuliah s2 dulu dan melamar menjadi di beberapa Universitas di program-program studi kesehatan.

Baca Juga : 

Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ Prospek Kerja teknik Biomedik, semoga aritkel ini bermanfaat bagi anda semuanya.