Contoh kerjasama di dalam suatu bidang kehidupan sosial serta politik dilingkungan sekolah yakni?
Jawaban : Pemilihan ketua osis
Pendahuluan
Daftar Isi Artikel
Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya sadar dan terus menerus dalam rangka memahami nilai-nilai luhur agar kelak menghasilkan manusia Indonesia yang bermutu dan berkualitas,
kualitas manusia yang dimaksud adalah manusia yang cerdas, sehat, berdisiplin, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Hingga mampu berperan meningkatkan budaya, harkat, derajat dan
martabat bangsa dalam memperkuat diri sesuai dengan kepribadian bangsa melakukan upaya peningkatan sumber daya manusia ( SDM )
Memasuki abad ke-21, isu tentang perbaikan dalam sektor pendidikan di Indonesia mencuat kepermukaan, tidak hanya dalam jalur pendidikan umum, tapi semua jalur dan jenjang pendidikan,
bahkan upaya advokasi untuk jalur pendidikan yang dikelola oleh beberapa departemen teknis, dengan tuntutan sosial equity sangat kuat tidak hanya disuarakan oleh departemen terkait sebagai otoritas pengelola jalur pendidikan tersebut,
tapi juga untuk para praktisi dan pengambil kebijakan dalam pembangunan sektor pembinaan sumber daya manusia, karena semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan, merupakan unsur-unsur yang memberikan terhadap rata-rata hasil pendidikan secara nasional.
Lemahnya SDM hasil pendidikan mengakibatkan lambannya Indonesia bangkit dari keterpurukan sektor ekonomi yang merosot secara signifikan di tahun 1998, Namun saat-saat negara ASEAN lainnya sudah pulih,
Indonesia masih belum mampu melakukan Recovery dengan baik, Dody Heryawan Priatmoko, dengan mengutip pernyataan Schutz dan Solow, menegaskan bahwa pendidikan merupakan faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kualitas SDM.
Masalah lain yang sebagaimana dikemukakan Dody Heriawan Priatmoko adalah rendahnya mutu pendidikan, indikator rendahnya mutu pendidikan nasional dapat dilihat pada prestasi siswa.1
Dalam mengikuti derap langkah pembangunan nasional, pembangunan manusia bersumber dari kehidupan keluarga di rumah maupun pengalaman belajar di sekolah, membangkitkan motivasi, minat,
bakat para peserta didik dalam mengembangkan sumber daya manusia, ini merupakan tantangan yang berat bagi para pendidik.
Mengingat betapa pentingnya peranan motivasi bagi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya kegiatan belajar mengajar ( pendidikan ) karena motivasi merupakan pendorong bagi perbuatan seseorang.
Untuk mengembangkan motivasi yang baik pada anak-anak didik, yang lebih penting adalah membina pribadi anak didik agar dalam diri anak didik terbentuk adanya motif-motif yang mulia, luhur dan dapat diterima masyarakat,
yaitu dengan dapat mengatur dan menyediakan situasi-situasi baik dalam lingkungan keluarga maupun di sekolah, yang memungkinkan timbulnya kompetensi atau persaingan yang sehat antara anak didik dalam kegiatan belajar mengajar,
dan membangkitkan semangat yang menimbulkan perasaan puas terhadap hasil-hasil dan prestasi yang telah mereka capai.
Dalam dunia pendidikan guru mempunyai peranan yang sangat dominan dalam kegiatan belajar mengajar, sebagai penanggung jawab keefektifan seluruh usaha pendidikan agar kelak siswa tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab dan mandiri.
Tugas guru di antaranya adalah mempersiapkan pengajaran, mengorganisir pembelajaran, mempergunakan alat Bantu dan melaksanakan evaluasi, di dalam kegiatan mengelola interaksi belajar mengajar,
guru harus memilik kemampuan dan kompetensi dalam proses belajar mengajar, untuk itu kepala sekolah harus selalu memberikan motivasi untuk guru akan tujuan pendidikan dapat tercapai secara maksimal.
Guru membutuhkan bantuan orang lain dalam menjalankan tugasnya, mereka membutuhkan seorang kepala sekolah dalam memahami tujuan-tujuan pendidikan, tujuan-tujuan kurikulum,
tujuan-tujuan instruksional secara operasional, mereka mengharapkan apa dan bagaimana cara memberikan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak yang sedang berkembang.2
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka muncul berbagai pertanyaan mendasar yang memerlukan jawaban, adapun pertanyaan adalah sebagai berikut:
bagaimanakah kerja sama kepala sekolah dengan guru dalam proses belajar mengajar? Bagaimanakah motivasi belajar siswa “SDIT Luqmanul Hakim” dalam proses belajar mengajar?
Baca Juga;
- Definisi dari suatu kerjasama ialah?
- Kedatang suatu bangsa asing kedalam wilayah Indonesia yang berguna untuk menguasai kekayaan alam kemudian menyebarkan agama. Salah satu Negara yang dimana masuk ke wilayah Indonesia yakni Bangsa India. India yakni menyebarkan agama?
- Indonesia yang mempunyai keragaman budaya, suku, ras diantara golongan apabila diolah dengan baik dapat?