Sinopsis Novel Ayah dan Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata

Diposting pada
Rate this post

Nama Andrea Hirata masih menjadi salah satu penulis kondang yang dikenal luas oleh berbagai kalangan. Karya Laskar Pelangi membawa namanya ke kancah internasional dan membuat berbagai karyanya cukup diperhitungkan. Salah satu karya yang cukup banyak disorot adalah novel ayah dan sirkus pohon. Sinopsis novel ayah dan sirkus pohon juga banyak dicari sejak peluncurannya.

Novel yang dirilis pada tahun 2020 ini menarik banyak perhatian karena dibuat oleh penulis ternama Indonesia. Tentu banyak kalangan pembaca yang penasaran dengan alur dari novel yang satu ini.

Setiap karya yang dirilis oleh Andrea Hirata memang selalu sukses dipasaran karena setiap novel memiliki alur cerita yang menarik dengan pesan yang sangat bermakna. Setiap pesan dan makna dari novel-novel yang dirilis selalu memberikan tambahan ilmu dan pelajaran hidup yang berarti.

Lihat Juga; Resensi Novel Negeri 5 Menara

Resensi dan Sinopsis Novel Ayah dan Sirkus Pohon

Karena berbagai pesan kehidupan yang sering terkandung dalam setiap novel yang dirilis Andrea Hirata, novel ayah dan sirkus pohon langsung mendapat banyak peminat sejak perilisannya. Berikut sinopsis novel ayah dan sirkus pohon yang bisa membantu meredakan sedikit rasa penasaran Anda.

Sinopsis Novel Ayah dan Sirkus Pohon Chapter 1

Andrea Hirata selalu berhasil menyuguhkan berbagai kisah kehidupan yang membuat hati para pembacanya terenyuh. Mengangkat judul Ayah dan Sirkus Pohon, banyak yang mengira bahwa novel ini hanya bercerita tentang kehidupan seorang ayah saja.

Lihat Juga; Resensi Novel Anak Semua Bangsa

Namun ternyata novel ini memiliki alur cerita yang lebih dari itu, bukan hanya sekedar bercerita mengenai seorang ayah saja. Novel ini tidak hanya menceritakan satu tokoh dengan 1 alur cerita saja namun juga menceritakan beberapa tokoh sekaligus dengan alur kehidupan yang berbeda.

Novel ini mengangkat kisah kondisi sosial masyarakat dalam keseluruhan ceritanya, namun tidak menyajikan cerita dengan gaya yang serius dan membosankan. Disajikan dengan gaya yang kocak dan menghibur, novel ini berhasil memesona setiap pembacanya dengan pesan yang diangkatnya.

Lihat Juga; Resensi Novel 5 Cm

Sinopsis Chapter 2

Pertemuan Sabari dengan sosok Zorro yang bukan anak kandungnya setelah bertahun lamanya menjadi salah satu akhir kisah yang disajikan dalam novel ini. Novel yang fokus menceritakan kondisi sosial di Indonesia ini memang sangat mirip dengan kenyataan yang ada meski disajikan dalam sebuah novel fiksi.

Sabari adalah salah satu karakter yang diceritakan dalam novel yang memiliki kehidupan ala kadarnya dan belum sesuai dengan harapannya sendiri. Meski menjalani kehidupan yang belum sesuai dengan keinginannya, Sabari diceritakan sebagai seorang pria pemuja kesetiaan.

Bukan hanya pada wanita idamannya Lena, Zorro yang merupakan anak angkat Sabari juga menjadi karakter yang menunjukkan betapa setianya sosok Sabari kepada orang-orang terkasihnya. Kisah seseorang yang teguh dengan kesetiaan dan kebaikan ditengah kondisi kehidupan yang menekannya tentu selalu berhasil menghadirkan kisah sedih yang menyayat hati meksi telah dibungkus dengan percakapan-percakapan kocak dalam ceritanya.

Bukan hanya sosok Sabari, Hobirin sahabat setia Sabari juga memiliki kisah hidup yang tidak mudah. Memiliki nama asli Sobirin, pria yang akrab disapa Hob ini merupakan tokoh sentral yang memiliki alur kehidupan dengan segala kejutan yang mencengangkan.

Lihat Juga; Resensi Novel Anak Semua Bangsa

Bergabung dengan kelompok terlarang yang membuatnya diciduk polisi, terusir dari rumah tempatnya tinggal, hingga harus menjadi seorang badut sirkus membuat kehidupan Hob terlalu berwarna. Warna dalam kehidupan Hob juga terasa sangat meneduhkan hati para pembaca saat Hob diceritakan menjadi sosok suami yang tetap setia mendampingi sang istri meski sang istri mengalami depresi berat.

Kisah dua sekawan yang memiliki kehidupan menyedihkan ini dikemas secara apik melalui berbagai percakapan jenaka dari setiap tokohnya. Beberapa tokoh viguran yang berkaitan dengan kehidupan keduanya juga diceritakan secara apik dengan pengaruhnya masing-masing pada kehidupan keduanya.

Lihat Juga; Resensi Novel Perahu Kertas

Resensi Novel Ayah dan Sirkus Pohon

Berbagai alur cerita yang disuguhkan akan membuat para pembaca terhanyut dalam cerita sedih nan jenaka ini. Andrea Hirata menggabungkan cerita sedih dari kehidupan para karakter hingga berhasil menyuguhkan berbagai makna dan pesan kehidupan bagi para pembacanya.

Meski menyuguhkan pesan dan makna kehidupan yang sangat dalam, namun novel ini tidak akan membuat para pembacanya berpikir keras saat membacanya. Novel ini tetap disajikan melalui cerita yang ringan sehingga para pembaca bisa tetap membacanya dengan santai.

Penyampaian cerita yang mengalir sangat lembut ini membuat para pembaca lebih memahami berbagai pesan dari cerita yang ada dengan lebih detail. Novel ini juga dibuat dengan happy ending yang tidak terlalu kentara namun dapat dirasakan oleh para pembacanya.

Lihat Juga; Resensi Novel Serena

Meski diceritakan dengan happy ending, namun akhir dari novel ini cenderung tidak benar-benar berakhir karena tidak diceritakan dengan jelas mengenai nasib beberapa tokoh dan cerita yang ada. Apakah istri dari karakter Hob bisa sembuh dari depresi yang dirasakannya, serta bagaimana kelanjutan kisah ayah dan anak setelah pertemuan Sabirin dan Zorro tidak diceritakan dengan telalu detail pada novel ini.

Happy ending yang diharapkan pembaca juga mengarah pada open ending yang dibuat Andrea Hirata untuk membebaskan para pembacanya berspekulasi mengenai kelanjutan ending dari setiap tokoh yang ada. Meski begitu, novel ini dinilai sangat memuaskan para pembaca karena memberikan cerita yang sangat bermakna.

Novel Ayah dan Sirkus Pohon ini juga sering dikaitkan dengan novel karya Andrea Hirata terdahulu berjudul “Ayah” yang dirilis tahun 2015. Dalam novel Ayah, kisah kesetiaan Sabirin pada Lena diceritakan dengan lebih detail.

Lihat Juga ; Resensi Novel Laskar Pelangi

Siapa sangka, kisah cinta Sabirin dan Lena juga masih diceritakan dengan ending yang menyedihkan karena keduanya tidak bersatu hingga ajal memisahkan. Kisah yang ada dalam novel “Ayah” dan “Ayah dan Sirkus Pohon” ini telah berhasil membuat pembaca lebih memahami berbagai situasi sosial yang ada di masyarakat Indonesia.

Novel karya Andrea Hirata ini menjadi salah satu novel best seller yang dimilikinya. Meski telah dirilis sejak tahun 2020, novel ini masih diburu oleh para penggemar novel Andrea Hirata. Bukan hanya mengangkat kisah sosial masyarakat, novel ini juga mengangkat tema pendidikan yang selalu menjaid topik hangat di Indonesia.

Hingga saat ini, berbagai informasi mengenai novel ternama ini masih banyak dicari oleh berbagai kalangan. Mulai dari resensi, sinopsis, hingga buku fisiknya juga masih banyak diburu karena dinilai sebagai salah satu karya novel terbaik.

Meski beberapa kisah dalam novel ini tidak bersambung antara satu dan lainnya, namun para pembaca masih mampu menangkap setiap pesan dengan sempurna. Setiap makna kehidupan yang coba disampaikan melalui novel ini juga resapi dengan maksimal oleh para pembaca demi mendapatkan nilai yang tepat untuk diadaptasikan pada kehidupannya.

Membaca sinopsis novel ayah dan sirkus pohon memberikan berbagai manfaat bukan hanya mendapat gambaran mengenai alur cerita dalam novel. Berbagai pesan kehidupan yang ada dalam novel juga langsung tergambar sempurna melalui sinopsis ini.