Sinopsis Novel Bulan

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel Bulan

Sinopsis Novel Bulan yang Menjadi Best Seller di Indonesia

Novel Bulan merupakan sebuah karya dari salah satu penulis bernama Tere Liye. Novel ini merupakan sekuel dari novel sebelumnya yang berjudul novel Bumi. Novel ini sempat menjadi Best Seller di Indonesia, sehingga melakukan cetak beberapa kali.

Novel Bulan ini memiliki cerita yang sangat menegangkan dan mengesankan bagi para pembaca. Ide ceritanya pun rapi dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bumi

Sinopsis

Bercerita tentang petualangan Raib dan teman-temannya yang berkunjung ke Klan Matahari. Tokoh yang ada pada novel bulan ini yaitu Ali, Seli, Raib, Ily, Miss Selena dan Av.

Raib sendiri merupakan remaja berusia 15 tahun. Ia memiliki kekuatan yang bisa menyerap cahaya, berbicara dengan alam, mengeluarkan salju dan bahkan dapat menghilang. Sedangkan Ali adalah seorang anak yang jenius. Ia memiliki kekuatan yang bisa merubah dirinya menjadi seekor burung.

Seli memiliki kekuatan yang bisa mengeluarkan petir dari tangannya. Selain itu ia juga dapat menghasilkan cahaya dan melakukan telekinesis.

Kemudian Miss Selena adalah seorang guru matematika. Ia merupakan anggota dari klan Bulan yang masih hidup. Miss Selena inilah yang telah menyatukan Raib dan teman-temannya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Dream Of The Red Chamber

Dan yang terakhir yaitu Av seorang pustakawan di sekolah.  Ia dapat mengobati berbagai macam penyakit dan memberikan rasa aman pada sekitarnya.

Perjalanan kali ini, mereka ditemani oleh Ily seorang Pemuda dari Klan bulan. Ily merupakan Putra sulung dari Ilo. Ia seorang lulusan Akademi Clan bulan.

Memiliki postur tubuh yang gagah, wajah yang tampan dan memiliki sikap disiplin. Ily juga sangat ramah dan murah senyum. Ia juga memiliki lesung pipi yang menjadikan wajahnya terlihat sangat manis.

Ily memiliki strategi berperang yang baik dan juga ia mahir dalam menggunakan senjata. Keikutsertaannya pada perjalanan kali ini pun sangat membantu. Karena pengetahuan yang ia miliki sangat berguna dalam perjalanan kali ini.

Pada cerita kali ini akhirnya Miss Selena muncul juga di sekolah. Miss Selena memberikan kabar bahagia kepada Raib dan teman-temannya. Kabar tersebut adalah bahwa kali ini mereka akan melakukan perjalanan dan berpetualang ke Klan Matahari.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Little Prince

Perjalanan kali ini tidak hanya untuk liburan tetapi memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan diplomasi di klan Matahari. Agar klan Matahari dan klan Bulan dapat bersekutu seperti sebelumnya.

Rencananya Miss Selena berniat mengajak mereka berkunjung selama 2 pekan atau lebih. Mereka pergi menggunakan portal yang dimiliki oleh Raib yang berbentuk “buku matematika”. Melalui portal tersebut mereka dapat langsung berpindah dan seketika berada di Klan Matahari.

Sebelum melakukan perjalanan ke klan Matahari,  Mereka sempat khawatir dan ragu jika kedatangan mereka tidak disambut oleh klan Matahari. Namun keraguan merekapun tidak terjadi karena realitanya mereka disambut hangat dan dijamu layaknya seorang tamu kehormatan.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Maryamah Karpov

Kedatangan mereka juga bertepatan pada festival bunga matahari. Festival bunga matahari merupakan salah satu ajang kompetisi yang telah dilaksanakan pada tiap tahunnya.  Festival ini pun sudah menjadi tradisi turun-temurun dari leluhur terdahulu.

Festival bunga matahari merupakan sebuah ajang kompetisi untuk mencari bunga matahari yang mekar pertama kali. Kompetisi ini biasanya akan diikuti oleh 9 kelompok. Dan di setiap kelompoknya terdiri dari 4 orang pemuda yang berani. Pemuda-pemuda tersebut sudah terlatih dan menguasai kemampuan untuk bertahan hidup dengan baik di alam liar.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Kompetisi ini juga dapat dikatakan berbahaya. Karena selama perjalanan, mereka akan menemukan berbagai macam rintangan ketika mencari petunjuk yang diberikan.

Menurut kepercayaan klan Matahari, barang siapa yang akan memetik bunga matahari akan mendapatkan imbalan yang luar biasa. Jika yang memetik adalah seseorang yang penuh dengan keingintahuan maka bunga tersebut akan memberikan sebuah pengetahuan, teknologi dan ilmu baru.

Sebaliknya jika yang memetik merupakan orang yang penuh ambisi maka bunga matahari tersebut akan memberikan kekuasaan dan senjata.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Sebelas Patriot

Berhubung karena kedatangan rombongan Raib dan teman-temannya, maka mereka diikutsertakan pada kompetisi tersebut. Mereka menjadi kelompok ke-10 atau menjadi kelompok terakhir.

Tugas utama dari kelompok yang ikut serta yaitu mencari bunga matahari yang mekar pertama kali. Kelompok yang menemukan bunga matahari tersebut menjadi pemenang pada festival ini.

Berbekal dengan pemukul dan panah akhirnya Raib dan teman-temannya memulai perjalanan mencari petunjuk. Mereka juga sudah bertekad untuk menyelesaikan kompetisi ini. Meskipun mereka tahu bahwa perjalanan ini tidak akan mudah. Karena akan melewati berbagai rintangan yang berbahaya.

Beberapa saat kemudian, mereka menemukan petunjuk untuk mendapatkan bunyi suling yang tak terhenti. Setelah mendengar suara air terjun mereka pun berhasil mendapatkan petunjuk tersebut. Kemudian, mereka pun melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan petunjuk selanjutnya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Hobbit

Selama perjalanan, mereka mendapatkan banyak rintangan seperti serangan gorilla, serangan dari burung-burung liar, dan masih banyak lagi. Karena tergenang banjir yang meluap, tunggangan mereka yaitu harimau putih pun menghilang.  Sehingga mereka terpaksa berjalan kaki untuk memperoleh petunjuk selanjutnya.

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan panjang mereka memutuskan untuk singgah di salah satu perkampungan. Mereka ingin beristirahat dan makan siang di perkampungan tersebut. Namun dikarenakan mereka merupakan peserta kompetisi festival, mereka justru diusir oleh warga setempat.

Karena mendapatkan perlakuan yang tidak enak dari warga setempat maka mereka memutuskan untuk pergi dan melanjutkan perjalanan. Tak lama kemudian mereka menemukan seorang anak perempuan yang merasa kesakitan karena digigit ular. Kemudian mereka pun menolong anak tersebut dan membawanya ke salah satu rumah seorang Habib di daerah setempat.

Lihat Juga; Sinopis Novel Orang Orang Biasa

Tak lama setelah istirahat selesai, mereka meneruskan perjalanan ke sebuah danau. Ditemani oleh pemburu dan mereka pun bertemu dengan rombongan peserta lainnya. Mereka mencari petunjuk selanjutnya yaitu lembah jamur. Area tersebut cukup berbahaya karena jamur-jamurnya dapat mengeluarkan tinta beracun.

Setelah mendapatkan petunjuk tersebut, mereka melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan petunjuk terakhir. Petunjuk terakhir yaitu halaman rumah ibu Hana. Di rumah tersebut terdapat bunga matahari.  Namun bunga matahari tersebut dijaga oleh ribuan lebah yang mempunyai cahaya.

Lihat Juga; Sinopsis novel Sang Pemimpi

Disamping itu, kelompok dari salamander yang sudah sampai lebih dulu. Namun ketika kelompok salamander ingin mencabut bunga tersebut dilarang oleh ketua konsil dari klan Matahari. Sebab mereka telah melakukan kecurangan terhadap peserta lain.

Karena hal tersebut, maka ketua konsil dari klan Matahari menyatakan bahwa pemenangnya adalah Raib dan teman-temannya. Kemudian mereka dipersilakan untuk mencabut bunga matahari tersebut.

Tetapi Ibu Hana justru melarang Rait untuk mencabutnya. Hal ini dikarenakan akan membahayakan kehidupan klan Bulan dan klan Matahari.

Meskipun sudah dilarang oleh ibu Hana, ketua konsil dari klan Matahari tetap ingin mencabut bunga matahari tersebut. Karena Hal inilah akhirnya terjadi sebuah peperangan antar klan. Lantas Bagaimanakah akhir perjalanan mereka di klan Matahari? baca selengkapnya di novel yang berjudul Bulan.

Itulah sinopsis novel Bulan karya dari Tere Liye. Ikuti keseruan dari petualangan Raib dan teman-temannya. Karena di cerita selanjutnya akan mengandung keseruan-keseruan lainnya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Padang Bulan