Sinopsis Novel Bumi

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel Bumi

Sinopsis Novel “Bumi” Karya Tere Liye

Novel Tere Liye yang berjudul “Bumi” ini merupakan novel dari salah satu penulis terkenal Indonesia yaitu Tere Liye yang pertama kali terbit di tahun 2014 dengan cover buku berwarna pastel dengan gambar tangan dan bumi, namun kemudian juga diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka atau PT. Gramedia Utama.

Kemudian, Novel yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Utama pada Januari, tahun 2014 ini memiliki ketebalan kurang lebih 2,7 cm yang terdiri dari 440 halaman.

Menggunakan cover baru yang cukup berberda jauh dari cover yang sebelumnya, berwarna hijau tua dengan ornament emas yang timbul dengan gambar gambar kartun yang terkesan lebih ke misterius dan dengan gambar yang lebih condong ke arah novel novel fantasi.

Novel karangan tere liye ini dibandrol dengan harga kurang lebih Rp 103.000 di toko buku seluruh Indonesia. Atau untuk Anda yang kesulitan mencarinya, Anda juga bisa pesan melalui website resmi gramedia dan dikirim menggunakan ekspedisi.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Dream Of The Red Chamber

Sinopsis Novel Bumi

Apapun yang mungkin bisa terlihat dengan kasat mata, boleh jadi tidak sesuai yang dengan yang kita lihat. Apapun yang hilang atau juga tidak terlihat, tidak selalu lenyap seperti yang kita duga. Ada banyak sekali jawaban yang bisa kita temukan dari tempat tempat yang hilang.

Novel ini adalah awal dari series novel bumi dan novel novel series yang diterbitkan oleh Tere Liye lainnya yang nantinya juga akn dilanjutkan dengan novel “Bulan” hingga ke buku “Aldebaran” garapan penulis Indonesia terkenal yaitu Tere Liye.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Little Prince

Bercerita soal remaja putri yang bernama Raib, seorang anak perempuan yang masih berumur 15 tahun namun sudah memiliki bakat yang sangat luar biasa dibandingkan dengan anak anak lain yang seumuran dengan Raib. Raib juga memiliki hewan peliharaan berupa dua ekor kucing yaitu si kucing putih dan si kucing hitam.

Si kucing putih ini, seperti hewan kucing pada umunya, yang bisa terlihat dengan mata telanjang, namun sedangkan si hitam malah sebaliknya. Kucing peliharaan Raib yang bernama si Hitam ini tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Raib ini mempunyai kemampuan special yang cukup berbeda dengan anak anak seumurannya kebanyakan. Raib mempunyai kekuatan yang bisa menghilang hanya dengan menutup wajahnya dengan kedua telapak tangannya.

Sebenarnya, dari awal Raib tidak tahu menahu soal kemamapuan spesialnya tersebut, hingga ketika ada seseorang bernama Tamus yang memberi tahu Raib soal sesuatu yang cukup membingungkan Raib sendiri.

Seseorang bernama Tamus tersebut memberi tahu Raib bahwa sebenarnya Raib itu bukan manusia yang berasal dari klan Bumi, tapi anak perempuan bernama Raib ini masih golongan keturunan dari Klan Bulan.

Seseorang yang bernama Tamus tersebut juga memberitahukan bahwa Raib ini, merupakan garis keturunan yang terbaik dari yang terbaik, dari Klan yang ada di Klan Bulan. Dan ternyata, tanpa diketahui oleh si Raib sendiri, kucingnya si Hitam,

yang tidak bisa terlihat dengan kasat mata merupakan mata mata dari Tamus. Jadi kesimpulannya, seseorang bernama Tamus ini sudah mengincar Raib sedari lama, mengetahui kebiasaannya, dan hal hal lain yang sebelumnya tidak diketahui oleh Raib sendiri.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Teman dekat Raib yaitu Seli dan Ali, kedua anak anak ini juga memiliki kekuatan yang luar biasa tidak kalah dengan Raib sendiri. Seli dengan kekuatan yang bisa mengendalikan petir, dan Ali yang mempunyai kecerdasan otak yang sangat luar biasa.

Bahkan diatas dari tingkat jenius manusia yang paling jenius di muka bumi ini. Tidak hanya itu, Ali juga bisa berubah menjadi seekor beruang dengan menggunakan bantuan sarung tangan.

Petualangan mereke bertiga dimulai ketika satu gardu listrik yang ada  di sekolah mereka ini rusal. Saat itu Seli dengan kekuatan petir yang dimilikinya bisa menahan kabel kabal yang akan jatuh ke arah mereka.

Hal hal yang aneh aneh pun berangsur angsur menghampiri Raib. Yaitu pada suatu saat, salah seorang guru matematika dari sekolah Raib, yang bernama Miss Selena memberikan sebuah buku tugas matematika milik Raib kerumahnya.

Lihat Juga : Sinopsis Novel The Hobbit

Seketika buku itu bisa menjelma menjadi buku yang memiliki gambar bulan sabit. Dan ketika buku itu istilahnya “diaktifkan” buku tersebut bisa memiliki akses untuk berpindah pindah Klan kemanapun sesuai dengan yang raib inginkan.

Tempat pertama yang tidak seja dituju Raib ketika pertama kali mengaktifkan buku itu adalah ke tempat rumah seseorang desainer ternama. Desainer kondang tersebut bernama Ilo yang berasal dari Klan Bulan. Ia tinggal bersama keluarga kecilnya yaitu dengan seorang istri dan kedua anaknya.

Istri dari Ilo ini bernama Vey, anak sulung mereka yang bernama Ily dan anak bungsu mereka berdua yang bernama Ou. Ketika digabungkan, nama mereka semua menjadi kata I LOVE YOU.

Ilo sendiri merupakan seorang perancang busana yang snagat terkenal di Klan Bulan. Dengan teknologi yang ada di Klan Bulan tersebut sangatlah maju seperti teknologi yang ada di masa depan, tentu saja dengan teknologi yang sangat ramah lingkungan.

Lihat Juga; Sinopsis novel Sang Pemimpi

Peradaban kLan bulan tersebut sebagia besar terdapat di dalam tanah, dan sebagian lainnya lagi terdapat di atas permukaan tanah dengan rumah berbentuk balon balon yang mengawang di udara. Katanya, agar lingkungan yang ada di permukaan tanah tetap terjaga dengan baik, maka mereka membuat rumah rumah yang melayang diatas udara.

Namun, orang orang yang mempunyai rumah berbentuk balon diatas udara hanya merupakan orang orang yang ternama saja. Di Klan bulan inilah mereka berpetualang menuju ke tempat tempat yang sebelumnya belum pernah mereka kunjungi dengan teknologi maju serta canggih yang membuat mereka semakin penasaran.

Tidak lupa mereka juga menuju ke pusat kota atau pusat peradaban yang ada di klan bulan itu. Pusat peradaban disini dijuluki sebagai Kota Tishri. Namun, ketika Raib, Seli, dan Ali berada di tengah peradaban kota tersebut, kota tersebut sedang hancur porak poranda.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Padang Bulan

Karena, sebenarnya Tamus memiliki rencana jahat untuk bisa menguasai Klan tersebut yang sudah dibangun ratusan bahkan hingga ribuan tahun yang lalu.

Banyak juga orang orang yang berkuasa yang ada di Klan bulan ini berusaha menghentikannya. Seperti orang orang yang memiliki jabatan jabatan penting misalnya penjaga perpustakaan dan arsip kota, seorang panglima pasukan bayangan dari timur.

Dan orang orang yang berkuasa lainnya mulai bisa bekerja sama satu dengan yang lain untuk bisa menghentikan Tamus yang selalu ingin mengusai Klan bulan tersebut. Namun, pada akhirnya perjuangan mereka menuai hasil yang baik.

Di akhir cerita pada buku ini, Ali berhasil memasukkan Tamus dan kawan kawannya memasuki penjara yang ada di Klan Tersebut yang bernama penjara bayangan yang ada di dalam bayangan.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Maryamah Karpov