Sinopsis Novel Ceros dan Batozar

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel Ceros dan Batozoar

Siapa yang tidak kenal dengan penulis terkenal Tere Liye? Seperti kita tahu Tere Liye memang merupakan salah satu penulis paling produktif yang pernah ada. Tiap-tiap tahun ia selalu mengeluarkan novel baru tidak terkecuali sinopsis novel Ceros dan Batozar.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bintang

Buku ini terbit pertama kali pada tahun 2018 oleh penerbit besar Gramedia Pustaka Utama dengan 376 halaman. Jika Anda adalah pengikut Tere Liye dari dahulu barangkali sudah tidak terhitung berapa novel yang diterbitkan oleh penulis satu ini.

Ada banyak ragam genre yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dari kumpulan buku-buku Tere Liye. Hampir semua genre piawai ia rangkai menjadi suatu karya yang menggugan perasaan pembacanya dan melekat terus menerus.

Barangkali Anda penasaran bagaimana cara penulis prodktif mengatur jadwal bekerja dan menjalani kehidupan sehari-hari ya? Apalagi yang kita tahu Tere Liye pernah mengungkapkan bahwa kegiatannya menulis adalah hobi. Karena pekerjaannya yang sesungguhnya adalah di bidang akuntasi.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Matahari

Apakah Anda semakin penasaran dengan profil dan sepak terjang Tere Liye dalam dunia kepenulisan? Tenang, kita akan membahasnya satu persatu termasuk tips apa saja yang bisa Anda lakukan jika berniat untuk mulai mengeluarkan suatu karya dalam bentuk tulisan.

Profil Tere Liye

Darwis atau yang lebih dikenal sebagai Tere Liye adalah salah satu dari sekian banyak penulis terkenal di Indonesia. Ia lahir pada 21 Mei 1979. Pada awalnya ia menulis beberapa novel seperti Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-Bidadari Surga, Moga Bunda Disayang Allah, dan Rembulan Tenggelam di Wajahmu.

Jika Anda penasaran mengapa Darwis memilih nama tema Tere Liye, barangkali banyak yang mengira ia adalah seorang perempuan.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bulan

Rupanya bukan, ia memulai kiprahnya dengan nama pena Tere Liye karena terinspirasi dari film India. Sejak saat itu ia mulai aktif di media sosial Facebook dan terus menggunakan naman tersebut sebagai identitas dirinya.

Kiprahnya pertama kali dalam dunia kepenulisan dimulai pada tahun 2005. Di mana novel-novel tersebut diadaptasi ke layar lebar. Tidak berhenti sampai di situ saja ia terus menerus beberapa karya lainnya yang tidak kalah mendapat perhatian dari banyak pembaca.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Padang Bulan

Meksipun sudah sangat tekenal dengan puluhan karyanya, namun tidak ada informasi secara jelas mengenai kehidupan pribadi serta keluarga dari penulis ini. Bahkan di setiap halaman belakang novel, profil hanya diulas sangat singkat.

Berbeda dengan penulis-penulis lainnya yang biasanya menyertakan berbagai pencapaian dan awal mulai berkarir dalam dunia kepenulisan. Namun, sepertinya Tere Liye memang ingin mempublikasikan kehidupan pribadinya dan biarkan saja karyanya yang dikenal oleh masyarakat.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bumi

Cara ini yang mungkin juga berusaha ia tempuh untuk memberika karya terbaik bagi pembaca setianya dengan tulus dan sederhana. Sehingga tanpa mengumbar hal yang berlebihan ia tetap dikenal sebagai salah satu penulis Indonesia.

Jika kita melihat profil Tere Liye di mesin telusur, Anda akan menemukan sedikit sekali informasi. Dilansir dari beberapa media, Tere Liye dengan nama asli Darwis tumbuh besar di pedalaman Sumatera Selatan.

Yang kemudian menikah dengan dengan Riski Amelia dan dikarunia seorang putra bernama Abdullah Pasai dan seorang puteri bernama Faizah Azkia. Ia berasal dari keluarga sederhana di mana kedua orang tuanya bekerja sebagai petani biasa.

Tere Liye meyelesaikan masa pendidikan dasar sampai SMP di SDN 2 dan SMN 2 Kikim Timur, Sumatera Selatan. Kemudian melanjutkan ke SMUN 9 Bandar Lampung. Setelah selesai di Bandar lampung, ia meneruskan ke Universitas Indonesia dengan mengambil fakultas Ekonomi.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Dream Of The Red Chamber

Sinopsis Novel Ceros dan Batozoar

Ceros

Jika Anda belum tahu buku atau sinposis Novel Ceros dan Batozoar yang akan kita bahas kali ini merupakan merupakkan buku spin-off sebelum memasuki konflik utama. Bercerita tentang kisah petualangan tiga orang sahabat.

Ketiganya memiliki kekuatan di luar batas normal manusia. Raib dapat menghilang dari klan bulan, Seli dapat mengeluarkan petir dari klan matahari, Ali dapat berubah menjadi beruang dari klan bumi/klan aldebaran. Kisah tentang persahabatan Yang mengharukan, pengorbanan yang tulus, keberanian dan perbuatan baik.

Karena sejatinya, itulah kekuatan terbesar di dunia paralel. Pada mulanya mereka sedang mengikuti karyawisata di salah satu bangunan kuno. Sampai Ali dengan kecerdasannya dan rasa penasaran yang tinggi ILY versi 5 mendeteksi bahwa ada situs kuno yang sama di bawah tanah.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Little Prince

Kemudian ILY menyelam tanpa ada hambatan ke bawah lautan di mana cahaya sudah tidak tampak lagi. Mereka menemukan dinding tinggi dengan gerbang besar di tengahnya serta di samping kiri dan kanannya terdapat patung seperti manusia dengan kepala badak memegang tongkat perak.

ILY meluncur turun menembus atap sebuah ruang raksasa berbentuk kubus bernama Bor-O-Bdur dengan siklus 1 jam siang dan 1 jam malam. Di situlah awal mulai petualangan mereka dengan bertarung menghadapi dua monster berkepala badak itu terus mengamuk dan menghajar mereka.

Batozoar

Kisah petualang mereka diawal dengan Raib yang melihat video UFO terbang di atas situs kuno terkenal menjadi viral. Akan tetapi, Miss Selena mengatakan jika kapsul itu merupakan prototipe kaln Bulan yang dicuri oleh Batozar yang merupakan kriminal paling berbahaya di klan, yang berhasil lolos dari penjara klan Bulan

Lihat Juga; Sinopsis Novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

Dengan demikian mereka mengincar Batozar yang tiba-tiba hilang begitu saja. Mereka mulai Menyusun rencana dengan menempelkan alat pelacak untuk menangkap Batozar. Namun, karena sulit, Batozar sering kali lolos dan akhirnya membawa Raib, seli, dan Ali menuju kutub utara lewat cermin.

Sekilas sinopsis di atas bisa menggambarkan bagaimana keseruan dari petualangan tokoh-tokohnya, bukan. Nah, di kali ini kita tidak hanya akan membahas profil dan sinopsis dari buku saja melainkan tips untuk membuat novel sebagai pemula juga!

Cari Ide Yang Dekat Dengan Anda

Memulai untuk menulis pada dasarnya tidak harus muluk-muluk. Anda bisa memulainya dari hal-hal disekitar Anda terlebih dahulu. Baru setelah mendapatkan beberapa ide Anda bisa memilih mana sekiranya yang terbaik untuk digarap lebih serius.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Hobbit

Pilih Sudut Pandang Anda

Perspektif dari mana Anda menulis novel Anda bisa rumit karena mencakup begitu banyak. Point of View (POV) lebih dari sekadar memutuskan suara apa yang akan digunakan: Orang Pertama ( saya, saya ), Orang Kedua ( Anda, Anda ), atau Orang Ketiga ( dia, dia, atau itu ).

Ini juga melibatkan penentuan siapa yang akan menjadi karakter POV Anda, yang berfungsi sebagai kamera cerita Anda. Pembaca mengalami segala sesuatu dalam cerita Anda dari sudut pandang karakter ini.

Libatkan Pikiran Pembaca

Tugas Anda sebagai penulis bukanlah membuat pembaca membayangkan hal-hal seperti yang Anda lihat, tetapi memicu teater pikiran mereka. Beri mereka cukup untuk melibatkan proyektor mental mereka. Di situlah keajaiban terjadi.

Itulah sekilas profil Tere Liye dan sinopsis novel Ceros dan Batozar yang merupakan salah satu karyanya. Semoga membantu!

Lihat Juga; Sinopsis novel Sang Pemimpi