Sinopsis Novel Komet

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel Komet

Novel karya Tere Liye yang berjudul Komet merupakan novel kelima dari serial “Bumi”. Novel ini diterbitkan pada tahun 2018 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama. Sebelum novel ini, ada juga novel yang berjudul Batozar dan Ceros yang merupakan spin off petualangan Raib, Ali dan Seli.

Di novel Komet ini masih menceritakan tentang perjalanan dan petualangan tiga sekawan tersebut. Karena memiliki keberanian, ketulusan dan penuh pengorbanan dari ketiga sekawan tersebut menjadikan sumber kekuatan dalam dunia paralel.

Dalam novel ini Ali, Raib dan Seli akan dihadapkan oleh berbagai macam ujian ketika hendak menuju ke klan Komet. Selain itu mereka juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh baru antara lain Kay, Nay dan Max dalam perjalanan menuju klan Komet tersebut.

Lihat Juga ; Sinopsis Novel Ceros dan Batozoar

Keunikan dari novel ini akan yaitu menyajikan berbagai macam nama pulau yang akan disinggahi oleh Raib dan teman-temannya. Pulau-pulau tersebut memiliki nama macam-macam hari dan juga di sekitar pulau Hari Minggu terdapat tumbuhan-tumbuhan yang yang berbentuk aneh. Contohnya tumbuhan cermin yang akan digunakan sebagai media oleh Raib dan teman-temannya menuju klan Komet.

Berbeda dari novel sebelumnya, pada novel ini tidak memperlihatkan berbagai macam kecanggihan teknologi. Contohnya seperti pesawat ILY yang mempunyai kekuatan superaib. Namun cerita yang disuguhkan tetap menegangkan sehingga menarik perhatian para pembaca. Pada novel ini pun akan terjadi sebuah penghianatan.

Sinopsis novel Komet yang berisikan petualangan Raib dan teman-temannya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bintang

Sinopsis

Menceritakan tentang kelanjutan petualangan Raib, Ali dan Seli di dunia paralel. Kali ini mereka akan mengunjungi Klan Komet dan mencari benda pusaka terhebat di dunia tersebut.

Ali sibuk mencari informasi terkait klan Komet melalui berbagai macam buku yang ditinggalkan oleh Zaad di ruangan Padang Sampah klan Bintang. Ternyata gerbang atau portal menuju klan Komet berada di klan Matahari.

Ali pun akhirnya bergegas untuk memberi tahu Miss Selena mengenai keberadaan si Tanpa Mahkota dan letak portal menuju klan Komet.

Mereka harus menemukan klan Komet tersebut sebelum si Tanpa Mahkota. Namun portal menuju klan Komet hanya bisa dibuka oleh bunga matahari pertama mekar pada festival bunga matahari yang diadakan di klan Matahari setiap tahunnya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Matahari

Disamping itu si Tanpa Mahkota telah berhasil membukanya dan kemudian ia telah masuk menuju klan Komet. Tak lama setelah itu Seli, Ali dan Raib mengikuti masuk portal ketika mereka sedang bertarung melawan si Tanpa Mahkota di stadion kota Ilios.

Setelah itu mereka berempat pun akhirnya sampai di klan Komet dan melanjutkan mencari pulau kecil di sentral lautan biru. Di klan Komet inilah petualangan Ali, Raib dan Seli dimulai.

Karena mereka mengikuti si Tanpa Mahkota menuju portal, sehingga mereka pun akhirnya tersesat di dunia antah-berantah. Portal tersebut mengarah pada suatu pulau dengan berbagai tumbuhan yang aneh.

Namun tak disangka ternyata tempat itu adalah klan Komet yang terdiri dari kumpulan pulau-pulau. Diantara pulau-pulau tersebut memiliki nama masing-masing seperti pulau hari Senin, pulau hari Selasa,  pulau hari Rabu,  pulau hari Kamis,  pulau hari Jumat,  pulau hari Sabtu dan yang terakhir pulau hari Minggu.

Untuk melintasi kumpulan pulau-pulau tersebut tidaklah mudah, mereka harus melalui berbagai macam tes dan rintangan yang berbahaya.

Lihat Juga : Sinopsis Novel Bulan

Di pulau hari Senin mereka melakukan tes kejujuran dengan menolak untuk mencuri makanan di perahu. Mereka juga diharuskan untuk sabar dan menahan rasa lapar di udara yang dingin.

Tak lama kemudian mereka pun bertemu dengan paman Kay, dan dibawa ke kediamannya yang berada di desa bawah tanah. Sesampainya di kediaman tersebut, mereka pun disambut oleh bibi Nay yaitu istri dari paman Kay.

Setelah istirahat di kediaman paman Kay, Mereka memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dan menuju ke pulau hari Selasa. Sesampainya di pulau hari Selasa, mereka pun mengalami ujian kepedulian. Mereka harus membantu Cindanita untuk mencari dan menemukan boneka kesayangannya.

Karena mereka menyadari bahwa ini adalah ujian yang diberikan, mereka pun bersabar untuk membantu mencari boneka tersebut. Dalam misi pencarian boneka, mereka bahkan harus bertempur melawan binatang laut raksasa.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bumi

Kemudian di pulau hari Rabu mereka juga menghadapi ujian sebab mereka harus sabar mendengarkan ocehan petani Kay sepanjang hari. Mereka tetap mendengarkan ocehan- ocehan tersebut hingga petani Kay pun tertidur akibat kelelahan berbicara. Selain itu mereka juga melawan komplotan burung hitam.

Di pulau hari Kamis mereka harus menjalani tes ketulusan dengan cara memberikan pengobatan kepada para perompak yang sedang kesakitan. Para perompak tersebut mengalami kesakitan diakibatkan terlalu lama memakai alat berkekuatan.

Selanjutnya ketika menuju ke pulau hari Sabtu, mereka pun harus menghadapi tes ketangguhan dengan terus menerus mengayuh belahan papan bambu untuk melewati rintangan. Rintangan tersebut berupa gurita raksasa yang telah memusnahkan kapal mereka.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Dream Of The Red Chamber

Dan ketika mereka sampai di pulau hari Sabtu, mereka harus menghadapi tes terakhir. Ujian yang diberikan yaitu melepaskan. Mereka diperintahkan untuk menghabisi paman Kay dan istrinya agar dapat melewati cermin untuk menuju klan Komet.

Lihat Juga; Sinopsis novel Sang Pemimpi

Karena dirasa misi tersebut sangat mustahil dilakukan, mereka mengurungkan niatnya untuk pergi ke klan Komet. Mereka juga mengetahui bahwa paman dan istrinya merupakan pemegang kunci lautan.

Karena bibi Nay memiliki kekuatan untuk membaca pikiran orang, sehingga ia pun dapat mengetahui apa yang sedang dipikirkan oleh Ali, Raib dan Seli. Mereka sama sekali tidak ada niatan untuk menyakiti paman Kay dan bibi Nay.

Karena kebaikan hati mereka, sehingga mereka pun lolos dalam ujian kali ini. Mereka berhasil menuju ke pulau hari Minggu. Dan akhirnya mereka melewati cermin dengan mudah. Cermin yang dimaksud adalah cermin yang menempel pada tumbuhan-tumbuhan di sekeliling pulau hari Minggu.

Lihat Juga; Sinopsis Novel The Little Prince

Kelebihan dari Novel Komet

Berbeda dengan kebanyakan karya yang telah dibuat oleh Tere Liye. Kali ini ia mengambil tema tentang petualangan yang dibalut dengan persahabatan. Pengambilan tema petualangan ini dimaksudkan agar para pembaca tidak bosan dengan tema percintaan.

Pasalnya, tema yang menceritakan tentang petualangan akan cocok dan disenangi oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan atau usia.

Selain itu, alur dalam novel ini terbilang jelas dan tidak rumit sehingga dapat dipahami oleh anak-anak sekalipun. Untuk visualisasi dari tokoh-tokoh yang ada pada novel pun sangat ditonjolkan. Setiap tokoh memiliki karakter yang kuat dan berpengaruh dalam setiap ceritanya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Harry Potter and the Sorcerer’s Stone

Selain menceritakan tentang petualangan, Tere Liye juga ingin mengilustrasikan tentang persahabatan yang tulus dan juga saling melindungi. Tak lupa juga ia menyelipkan sedikit candaan yang dilakukan oleh Raib dan teman-temannya.

Itulah sinopsis novel Komet karya Tere Liye yang populer dan menjadi best seller di Indonesia. Meskipun novel ini ber-genre kan fantasi, tetapi di dalamnya pun ada beberapa hal yang sesuai dengan kehidupan nyata. Seperti ilmu pengetahuan, karena ilmu pengetahuan tersebut juga dapat menambah wawasan para pembacanya

Lihat Juga : Sinopsis Novel The Hobbit