Sinopsis Novel ‘SagaraS’

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel ‘SagaraS’

Meta Deskripsi: sinopsis novel sagaras merupakan novel  karya Tere Liye ke 13 dari series bumi.

Sinopsis Novel SagaraS merupakan karya penulis lokal, yaitu Darwis atau dikenal dengan nama Tere Liye. Buku ini berkisah tentang perjalanan hidup pada setiap tokoh novel. Lebih spesifik lagi dalam buku ini menceritakan tentang tokoh Ali.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bibi Gill

Novel sagaras diterbitkan oleh Sabak Grip, mulai launching pada tanggal 21 Februari 2022 bersamaan dengan novel yang berjudul Bibi Gill.

Tere Liye dalam menelurkan novel pastinya mengalami rating yang luar biasa. Dimana para pembacanya adalah kaum generasi milenial. Dimana menyukai novel yang bergenre romantis.

Terbukti karya dari Tere Liye selalu best seller. Ia selalu mampu merilis novel setiap tahunnya.

Salah satu novel  dari Tere Liye yang sangat menarik adalah tokoh Bumi. Kisah petualangan dunia paralel.

Selain itu, banyak karya Tere Liye pada tahun 2017 telah mencapai 130 ribu eksemplar pada setiap judulnya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Lumpu

Sungguh luar biasa bukan? Apalagi novel sagaras terdapat 13 cerita berurutan dari tokoh Bumi, Raib dan Ali.

Kisah yang masih misterius adalah kedua orangtuanya dari Ali, kemanakah ia? Apakah sudah mati atau masih hidup? Inilah yang membuat pembaca menjadi penasaran.

Jika Anda mengikuti novel dari cerita sagaras Anda akan mengetahui, dimana keberadaan orang tua Ali pada buku halaman 384.

Penasaran pembaca akan terjawab dan mampu memecahkan sebuah misteri, siapa sebenarnya orang tuanya. Yuk simak ulasan singkat Novel SagaraS:

Lihat Juga; Sinopsis Novel Si Putih

Sinopsis Novel SagaraS

Mengisahkan tentang persahabatan Ali kepada Raib dan Seli. Dimana keduanya membantu memecahkan sebuah misteri. Misteri hilangnya kedua orangtuanya Ali tenggelam bersama kapal di lautan luas.

Misteri mulai terkuak setelah ia menemukan sebuah kotak berisi black box. Kotak Hitam yang berisi percakapan para Nahkoda  kapal dengan Kru.

Kru tersebut dihadang oleh badai secara tiba-tiba ketika melakukan perjalanan laut. Ia tidak mengerti awan yang membawa badai tersebut berusaha meluluh lantahkan kapal.

Hingga akhirnya, percakapan kru dan nakhoda disela oleh pasangan suami istri. Pasangan yang akan menghandle kemudi kapal tersebut.

Namun, ketika keduanya menghandle kemudi. Terdapat percakapan aneh yang  tidak dimengerti oleh Ali. Ia mencoba menerjemahkan bahasa tersebut. Tak sekalipun data base bahasa  tersebut mampu mengartikannya. Namun, tetap tidak terdeteksi pada mesin rekamannya. Ia hanya  mendengar bahasa yang cukup aneh  Rabaragas… Masaragabaras…”

Lihat Juga; Sinopsis Novel Nebula

“Harafayaras… Bagahararagas…”

Dengan keahliannya ia  berusaha menerjemahkan bahasa tersebut. Ia aktifkan data base bahasa yang dimiliki. Dari kalangan bintang, klan bulan bahkan klan Aldebaran. Tetap mesin tersebut tidak berkutik.

Cara satu-satunya, akhirnya Ali mencoba memakai logaritma manual untuk mendeteksi percakapan tersebut. Namun, tetap Ali tak menemukan arti dari percakapan tersebut.

Hingga akhirnya, Ali merasa frustasi dan tertidur. Ketika ia sedang tertidur, sebuah percakapan aneh pun dapat diterjemahkan

“Silahkan kau tinggalkan tempat ini segera.”

“Kami mohon”, terdengar suara permohonan dari percakapan tersebut.

“Kalian sudah tidak diinginkan lagi berada disini. Cepat kalian tinggalkan segera tempat ini.”

“Saya mohon, berilah saya kesempatan, saya  sedang hamil putra…”

“Penghancuran segera di aktifkan permanen. Jangan sampai  siapapun dapat  melewati  pintu SagaraS.”

Lihat Juga; Sinopsis Novel Selena

Dan percakapan pun terputus pada kata SagaraS. Namun, sayangnya Ali tidak mendengar karena tertidur.

Ali mulai berusaha mencari kedua orangtuanya dengan mengikuti bukti yang ia dengan dari black box. Walaupun semuanya belum terungkap. Ali sedikit mendapatkan pencerahan.

Ali dan kedua sahabatnya  yang selalu  setia membantu  dalam pencarian kedua orangtuanya. Selain  itu, Ia  juga dibantu oleh seorang petarung, bernama master B.

Ia berjuang menembus berbagai macam rintangan demi dapat mengupas tuntas sebuah misteri yang terselubung. Misteri SagaraS yang sangat tersembunyi, apakah sebenarnya SagaraS?

Tempat yang tak mampu ditembus oleh klan manapun, karena dihalangi dinding yang sangat kokoh. Pembaca akan semakin penasaran dengan tokoh kedua orang tua Ali, yang mana tidak dijelaskan secara gamblang.

Lihat Juga; Sinopsis Novel KOMET MINOR

Tokoh orang tua Ali yang dijelaskan secara bertahap. Inilah yang membuat pembaca menjadi dapat mengikuti alur. Oleh penulis pembaca diajak untuk berpikir dan ikut dalam andil untuk mencari sosok orang tua Ali.

Dalam buku ini pula pembaca dapat merasa emosi yang diaduk, kesedihan, kesenangan. Alur yang sangat mengejutkan di tampilkan dalam novel ini.

Tokoh yang tiba-tiba berubah sifat dan mengapa master Batozoar berwajah seram. Lalu tiba-tiba kedua sahabat Ali memiliki kedekatan dengan master B

Kelebihan dari Novel Tere Liye

Karyanya yang mengandung fiksi, terdapat juga edukasi dalam cerita yang ditulis. Tidak hanya mistis, namun mampu memunculkan fakta ilmiah.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Komet

Penulis juga menghadirkan adanya isu yang sangat relevan. Seperti halnya masyarakat sekitar.

Dalam novel menampilkan pula politik, masalah pekerjaan yang tidak adil. Adanya nepotisme yang dijalani oleh tokoh, walaupun sudah giat dalam pekerjaan.

Buku yang sangat dimengerti oleh pembaca karena bahasa yang digunakan adalah kalimat sehari-hari. Penulis menceritakan dengan sangat detail dan pembaca pun terbawa suasana.

Kisahnya yang fiksi terasa nyata ketika Anda pembacanya. Penulis banyak menghadirkan kisah yang benar-benar diluar dugaan.

Sungguh cerita yang sangat menarik untuk disimak. Anda akan dibuat  semakin penasaran setiap bab  yang dihadirkan.

Kekurangan dari novel Tere Liye

Lihat Juga; Sinopsis Novel Ceros dan Batozoar

Merupakan satu kesatuan dari novel series

Dan adanya saling berkesinambungan dengan novel sebelumnya. Pembaca akan memahami cerita jika mengikuti alur cerita dari awal.

Seri yang dimaksud penulis adalah series bumi. Terdapat kisah yang diceritakan kembali dan ada beberapa kesalahan dalam penulisan.

Terdapat sejumlah kata-kata yang terkadang tidak dimengerti oleh pembaca. Pembaca mengalami kebingungan.

Pesan Yang Disampaikan

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bintang

Perjuangan yang pantang menyerah, demi menuntaskan sebuah teka-teki. Ia rela bertaruh nyawa demi keluarga yang disayangi.

Anda harus menghargai apa yang dimiliki, seperti sahabat yang sangat setia. Demi misteri agar dapat terkuak.

Ali yang memiliki dua  teman sejati yang sangat setia menemani. Pembaca dibuat memiliki rasa penasaran terhadap kedua sahabat yang sangat baik.

Kesimpulan

Sinopsis Novel SagaraS yang sangat keren, pembaca dibuat penasaran dengan orangtuanya Ali. Orang tua yang hilang ketika terjadinya kapal tenggelam di lautan luas.

Kemudian terdapat gerbang SagaraS yang membuat pembaca bingung. Apakah SagaraS? Hingga tidak ada satupun yang bisa masuk menuju SagaraS?

Lantas apa hubungannya dengan orangtua Ali? Mengapa ia dapat ke SagaraS?

Tere Liye seorang penulis lokal yang mampu membuat novelnya selalu best seller. Anda tidak akan kecewa membaca novel tersebut. Penuh dengan misteri yang harus diungkapkan oleh sang tokoh.

Anda tidak akan menyesal dengan membaca kisah dari Darwis atau biasa disebut dengan Tere Liye. Karyanya sangat disukai oleh semua kalangan.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Matahari

Penulis hebat yang mampu mengeluarkan buku setiap tahunnya. Walaupun ia memiliki kesibukan dengan pekerjaan sebagai akuntan. Nyatanya tidak menyurutkan ia sebagai penulis.

Ia tetap berkarya demi misinya kepada para penggemar yang menyukai gaya penulisan dan temanya yang selalu nyentrik.