Soal Administrasi Perkantoran Kelas 10

Diposting pada
Rate this post

Soal Administrasi Perkantoran Kelas 10 SMK

Berikut contoh Soal Administrasi Perkantoran Kelas 10 – OTKP :

Berikut ini yang termasuk prinsip-prinsip manejemen/administrasi perkantoran menurut Henry Fayol diantaranya adalah…
a. Pembagian kerja, disiplin dan kesatuan perintah
b. Tujuan, perencanaan dan pengawasan
c. Perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan
d. Motivasi, delegasi, promosi
e. Sentralisasi dan desentralisasi

Jawaban: e. Sentralisasi dan desentralisasi

Salah satu fungsi pekerjaan kantor dalam organisasi adalah…
a. Mejual barang/jasa
b. Memberikan pelayanan kepada pelanggan
c. Menyediakan informasi kepada masyarakat
d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan
e. Meningkatkan kinerja karyawan

Jawaban: d. Membantu kelancaran perkembangan organisasi secara keseluruhan

Saat Anda menerima telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan, sementara beliau sedang sibuk dan tak ingin diganggu. Apa yang harus anda sampaikan agar si penelepon tidak kecewa…
a. Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
b. Maaf bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi?
c. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan?
d. Tinggalkan pesan saja Bapak sedang sibuk
e. Lain kali saja Bapak telepon lagi

Jawaban: c. Maaf bapak sedang sibuk, ada pesan yang ingin disampaikan?

Suatu rangkaian kegiatan yang menyampaikan warta dari seseorang kepada orang lain dalam rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan disebut ….
a. Komunikasi
b. Tata kerja kantor
c. Tata hubungan
d. Komunikasi kantor
e. Tata hubungan komunikasi

Jawaban: a. Komunikasi

Radio, tape recorder dan telepon merupakan jenis media komunikasi…
a. Audio Visual
b. Cetak
c. Visual
d. Gambar
e. Audio

Jawaban: e. Audio

Langkah yang tepat untuk memberikan kepuasan terhadap kebutuhan yang di sampaikan oleh pelanggan adalah ….
a. Melaporkan kepada atasan
b. Menelepon bagain costumer services
c. Mendengarkan dan mencatat solusi
d. Memberikan pada bagian lain
e. Mencatat keluhannya

Jawaban: c. Mendengarkan dan mencatat solusi

Agar karyawan/pekerja merasa selamat dalam melakukan aktifitas kerja, harus memperhatikan unsur-unsur penunjang keselamatan kerja berikut ini, yaitu ….
a. adanya kesadaran dalam menjaga keamanan dan kesehatan kerja
b. teliti dalam bekerja
c. melaksanakan prosedur kerja dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan kerja
d. menggunakan alat pelindung diri pada saat bekerja
e. semua jawaban benar

Jawaban: e. semua jawaban benar

Lingkungan tempat di mana seorang tenaga kerja, seorang karyawan melakukan suatu pekerjaan disebut ….
a. lingkungan hidup
b. lingkungan alami
c. lingkungan kerja
d. lingkungan sosial
e. lingkungan buatan

Jawaban: c. lingkungan kerja

Aplikasi software komputer yang digunakan untuk membuat laporan keuangan kas kecil dan dokumen lainnya yang berupa angka dan tabel adalah ….
a. MS Acces
b. MS Excel
c. MS Word
d. MS Power Point
e. MS Publisher

Jawaban: b. MS Excel

Untuk menambahkan slide baru dapat dilakukan melalui menu bar …
a. Insert – Group Slides – New Slides
b. Button – Insert – New Slides
c. Home – Group Sides – New Slides
d. Home – Styles – New Slides
e. Start – Insert – New Slides

Jawaban: e. Start – Insert – New Slides

Alat yang digunakan untuk mengirim data dokumen yang sama dengan aslinya,baik tulisan dan gambar dalam waktun yang singkat…
a. MesinBinding
b. Telepon genggam
c. Mesin fotocopi
d. Risograf
e. Mesin Faximili

Jawaban: e. Mesin Faximili

Dokumen bersejarah yang mencakup materi cetak, tidak tercetak, prasasti, disebut dokumen…
a. Korporil
b. Literer
c. Pribadi
d. Tekstual
e. Non Tekstual

Jawaban: a. Korporil

Untuk mengetahui jumlah surat yang telah dikeluarkan atau surat yang diterima pada periode tertentu, adalah kegunaan … surat
a. Kepala
b. Tanggal
c. Alamat Dalam
d. Hal
e. Nomor

Jawaban: e. Nomor

Bentuk surat yang ciri kususnya terletak pada penulisan alamat dalam, yaitu alamat dalamnya berlekuk, disebut surat…
a. Block Style
b. Indented Style
c. Full Block Style
d. Semi Block Style
e. Hanging Paragraph Style

Jawaban: b. Indented Style

Semua mesin yang dirancang dengan menggabungkan tiga teknologi yaitu scanning, fotocopi serta sistem offset adalah..
a. Mesin fotocopi
b. Mesin Faximili
c. Risograf
d. Mesin stensil otomatis
e. Mesin stensil manual

Jawaban: c. Risograf

Suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk atau sifat benda, dokumen, foto,gelombang dan suhu adalah..
a. Mesin stensil
b. Mesin fotocopi
c. Risograf
d. Mesin binding
e. Mesin scanner

Jawaban: e. Mesin scanner

Keuntungan menggunakan Risograf adalah…
a. Sebagai alat penggandaaan
b. Biaya operasional tinggi
c. Mencetak kertas 150lembar/menit
d. Perawatan mahal
e. Waktu mencetak terlalu lama

Jawaban: c. Mencetak kertas 150lembar/menit

Sistem penyimpan dan penemuan kembali arsip berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun, disebut sistem ….
a. Kronologis
b. Alfabetic
c. Geografis
d. Numeric
e. Subyek

Jawaban: a. Kronologis

Map yang menggunakan jepitan, digunakan untuk menyimpan arsip dan biasanya disusun secara vertical di atas rak, disebut ….
a. Stop map
b. Snelhecter
c. Map gantung
d. Ordner
e. Tab

Jawaban : d. Ordner

Sekumpulan informasi yang ditata secara sistematis, terdiri dari informasi tertulis, terketik, tercetak atau telah terekam dengan mesin disebut ….
a. Warkat
b. Record
c. File
d. Surat
e. Arsip

Jawaban: c. File

Informasi yang berisikan tentang e-mail lain masuk ke e-mail anda dalam bentuk informasi yang tidak dikenal adalah ….
a. Inbox
b. Drafts
c. Sent
d. Trash
e. Spam

Jawaban: e. Spam

Pada penangananan surat masuk, setelah diterima dicatat ke buku agenda, langkah berikutnya adalah …
a. Dikirim kebagian lain
b. Dicatat kedalam buku ekspedisi
c. Diberi lembar disposisi
d. Diperiksa kelengkapan isinya
e. Disimpan

Jawaban: c. Diberi lembar disposisi

Surat keluar merupakan kebutuhan, misalnya kantor ingin mengundang rapat, maka dibuat suratundangan rapat, cara pendistribusian surat undangan dalam organisasi menggunakan buku ….
a. Agenda
b. Ekspedisi intern
c. Ekspedisi ekstern
d. Agenda tunggal
e. Agenda berpasangan

Jawaban: b. Ekspedisi intern

Hal yang pertama kali dilakukan oleh seorang sekretaris dalam menangani perjalanan bisnis adalah.. .
a. menyiapkan akomodasi
b. menyiapkan transportasi
c. menyiapkan dokumen
d. menyiapkan keuangan
e. menyiapkan penginapan

Jawaban: c. menyiapkan dokume

Suatu bukti izin yang berupa cap pada lembar halaman paspor yang berlaku pada waktu tertentu yaitu tidak lebih dari dua minggu disebut . . . .
a. fiskal
b. Visa
c. paspor
d. yellow card
e. SPPD

Jawaban: b. Visa

Agar rapat berjalan sesuai dengan keinginan dan tujuan rapat, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah persiapan administrasi. Hal-hal yang berkaitan dengan persiapan administrasi adalah..
a. Membuat surat undangan rapat
b. Persiapan akomodasi
c. Pengaturan tempat duduk
d. Menentukan tujuan rapat
e. Penyusunan notula

Jawaban: d. Menentukan tujuan rapat

Segala bentuk peralatan dan perlengkapan yang menjadi fasilitas penunjang bagi pertemuan/rapat agar berjalan lancar disebut…
a. Dokumen rapat
b. Lay out
c. Media rapat
d. Distribusi
e. Akomodasi

Jawaban: c. Media rapat

Transaksi-transaksi berikut yang dibiayai dengan dana kas kecil, yaitu….
a. biaya produksi
b. biaya promosi
c. pengadaan barang
d. pembelian mesin dan kendaraan kantor
e. biaya rekening telepon

Jawaban: d. pembelian mesin dan kendaraan kantor

Setiap transaksi yang terjadi yang berkaitan dengan dana kas kecil, tidak dicatat dalam jurnal. Ini merupakan ciri metode….
a. fluctuation fund system
b. lifo
c. moving average
d. fifo
e. imprest fund system.

Jawaban: e. imprest fund system.

Pelanggan eksternal bisa individu atau perorangan dan perusahaan atau lembaga, oleh sebab itu kebutuhan pelanggan ekternal diantaranya …
a. kerjsama/teamwork
b. struktur dan sistem yang jelas
c. kualitas kerja
d. harga yang kompetitif
e. tepat waktu

Jawaban: d. harga yang kompetitif

Data tentang karyawan, seperti data absensi, dan data jam kerja lembur termasuk data….
a. data keuangan
b. data administrasi
c. data kepegawaian
d. data pembelian
e. data produksi

Jawaban: c. data kepegawaian

Data yang dikelola adalah yang bersifat bahan jadi bagi pengambilan keputusan pemimpin organisasi yaitu pengolahan data/informasi pada tingkat….
a. tingkat manajemen
b. tingkat produksi
c. tingkat operasional
d. tingkat bawahan
e. tingkat atasan

Jawaban: a. tingkat manajemen

Proses penarikan sejumlah calon pegawai yang memiliki potensi untuk ditarik menjadi pegawai, yang dilakukan melalui berbagai kegiatan disebut….
a. Rekrutmen
b. formasi
c. promosi
d. mutasi
e. PHK

Jawaban: a. Rekrutmen

Melakukan tindakan pencatatan dan penyusunan daftar inventaris secara sistematis, tertib, dan teratur berdasarkan ketentuan dan pedoman yang berlaku dinamakan….
a. maintenance
b. rehabilitasi
c. akumulasi penyusutan
d. inventarisasi
e. administrasi

Jawaban: d. inventarisasi

Komunikasi non verbal disampaikan dengan cara ….
a. Membaca
b. Menulis
c. Mendengarkan
d. Bahasa tubuh
e. Lambang atau gambar

Jawaban: d. Bahasa tubuh

Instruksi number of copies pada menu print berguna untuk ….
a. Mencetak seluruh halaman
b. Mencetak halaman tertentu
c. Mengatur penggunaan tinta printer yang diinginkan
d. Mencetak halaman yang aktif
e. Menentukan jumlah cetakan

Jawaban: c. Mengatur penggunaan tinta printer yang diinginkan

Seseorang yang menyampaikan informasi penting yang digunakan sebagai dasar atau petunjuk kerja disebut kolega yang berarti …
a. Tamu kantor
b. Pelanggan kantor
c. Rekan kantor
d. Teman atasan
e. Dinas pemerintah

Jawaban: c. Rekan kantor

Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah …
a. Disposisi
b. Buku jurnal surat keluar
c. Buku jurnal surat masuk
d. Buku ekspedisi
e. Buku direktori

Jawaban: d. Buku ekspedisi

Soal Produktif Administrasi Perkantoran

Berikut admin bagikan 30 soal produktif administrasi perkantoran kelas X :

1. Kata ‘’Organon” berasal dari bahasa…
a. Anglo-Saxon Greek
b. Bahasa latin
c. Bahasa inggris
d. Bahasa perancis
e. Bahasa Indonesia

2. Organisasi berarti mengalokasikan seluruh pekerjaan yang harus dilakukan antar kelompok kerja. Pernyataan tersebut, dikemukakan oleh..
a. Littlefed
b. GR Terry
c. Liang Gie
d. Udin Supraja
e. Quible

3. Mengapa struktur organisasi memiliki banyak bentuk…
a. Banyak pilihan
b. Agar tidak jenuh
c. Cara pandang seseorang
d. Lebih berfariasi
e. Agar tidak tertukar

4. Otoritas mengalir dari puncak, dilimpahkan kepada unit-unit organisasi di bawahnya. Cirri dari bentuk organisasi….
a. Lini dan staf
b. fungsional
c. lini fungsional
d. lini atau garis
e. lini-staf-fungsional

5. organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan adalah…
a. organisasi sosial
b. organisasi regional
c. organisasi internasional
d. organisasi lokal
e. organisasi niaga

6. Yang bukan termasuk organisasi Internasional adalah…
a. FA
b. UN
c. UNICEF
d. UNESCO
e. WHO

7. Salah satu kelebihan dari bentuk organisasi lini adalah….
a. Dapat dicapai disiplin yang baik
b. Disiplin mudah dipertahankan
c. Asas spesialisasi
d. Terdapat fleksibilitas
e. Koordinasi dapat diperbaiki

8. Yang bukan termasuk elemen dari struktur organisasi di SMK adalah…
a. Kepala sekolah
b. Guru
c. Satpam
d. Wali kelas
e. Pustakawan sekolah

9. Yang bukan termasuk organisasi niaga adalah..
a. PT
b. CV
c. FA
d. Kepartaian
e. Koperasi

10. Organisasi internasional yang dibentuk pada tanggal 7 April 1948 adalah…
a. PBB
b. UNICEF
c. UNESCO
d. IMF
e. WHO

11. Yang termasuk dalam tujuan manajemen jangka pendek adalah…
a. Tujuan tugas
b. Tujuan pemasaran
c. Mencari tenaga kerja
d. Tujuan produksi
e. Penyediaan lapangan kerja

12. Yang termasuk tujuan manajemen jangka menengah adalah….
a. Tujuan pekerjaan
b. Tujuan produksi
c. Tujuan tugas
d. Mencari tenaga kerja
e. Tujuan gerak

13. Yang termasuk tujuan manajemen jangka penjang adalah…
a. Tujuan keuangan
b. Tujuan gerak
c. Penyediaan lapangan kerja
d. Tujuan pemasaran
e. Tujuan pekerjaan

14. Dalam ruang lingkup manajemen di lingkungan luar, yang mencakup peraturan pemerintah adalah dimensi…
a. Ekonomi
b. Teknologi
c. Internasional
d. Hokum-politik
e. Social kultural

15. Orang yang menentukan nasib perusahaan adalah…
a. Pelanggan
b. Pemasok
c. Pesaing
d. Lembaga keuangan
e. Pemilik

16. Yang memberikan masukan modal adalah…
a. Lembaga keuangan
b. Pelanggan
c. Pemasok
d. Serikat kerja
e. Pesaing

17. Di bawah ini yang merupakan sumber daya organisasi adalah…
a. Financial
b. Pekerja
c. Teknologi
d. System nilai
e. Fasilitas fisik

18. Kata “Menegio” berasal dari bahasa…
a. Italia
b. Inggris
c. Latin
d. Perancis
e. Jawa

19. Perhitungan bagaimana kiranya keadaan dimasa depan disebut…
a. Sasaran
b. Kebijaksanaan
c. Program
d. Ramalan
e. Daftar waktu

20. Menggerakan pegawai untuk mau bekerja dengan penuh kesadaran disebut….
a. Planning
b. Organizing
c. Controlling
d. Evaluating
e. Actuating

ESSAY

1. Tuliskan definisi organisasi menurut GR Terry !

2. Apa perbedaan organisasi niaga dan organisasi social ?

3. Tuliskan dua cirri bentuk organisasi lini!

4. Apa yang kamu ketahui tentang bentuk organisasi fungsional ?

5. Salah satu elemen dalam struktur organisasi di sekolah adalah kepala sekolah. Tuliskan lima tugas kepala sekolah selaku manajer !

6. Apa yang kamu ketahui tentang manajemen ?

7. Salah satu fungsi manajemen adalah pengawasan. Tuliskan langkah-langkah yang diperlukan dalam menjalankan pengawasan !

8. Tuliskan tiga kegiatan yang berhubungan dengan pengarahan !

9. Mengapa penyusunan anggaran belanja memegang peranan penting dalam kegiatan ? tuliskan alasanmu !

10. Tuliskan beberapa fungsi manajemen yang kamu ketahui !