Soal Broadcasting

Diposting pada
Rate this post

Soal Broadcasting

Tahapan pra produksi disebut juga sebagai tahap…

A. Permulaan
B. Perkenalan
C. Perencanaan
D. Pengkondisian
E. Penyamaan persepsi
ANSWER: C

Shooting single dan editing liputan untuk ditayangkan dalam proses produksi multycamera lebih tepatnya masuk ke dalam tahapan…

A. Pra Produksi
B. Produksi
C. Pasca Produksi
D. Editing
E. Shooting
ANSWER: A

Alur dari aktivitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan ide menjadi sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada penonton adalah…

A. Production idea
B. Production proposal
C. Production script
D. Production model
E. Programme description
ANSWER: D

Pesan yang ingin disampaiakn pembuat program kepada penonton disebut…

A. Actual message
B. Defined message
C. Real Message
D. First message
E. Received message
ANSWER: B

Produser, penulis naskah, Sutradara, Art Director termasuk ke dalam…

A. Triangle team
B. Below the line
C. Above the line
D. Kru inti
E. Pimpinan kru
ANSWER: C

Seorang yang bertanggungjawab membantu Programme Director untuk mengeksekusi visual dalam produksi multi kamera disebut…

A. VTRman
B. Character generator
C. Switcher
D. Floor Director
E. Asistant Director
ANSWER: C

Seorang yang bertanggung jawab terhadap seluruh rancangan teknis dan instalasi adalah…

A. Audioman
B. Lightingman
C. Cameraman
D. Technical director
E. VTR person
ANSWER: D

Salah satu kriteria utama yang harus dimiliki kru produksi adalah…

A. Menguasai seluruh perangkat teknis
B. Mempu menguasai panggung
C. Mampu bekerja sama dengan siapapun
D. Mampu berbicara di depan umum
e. Mampu melatih pemain
ANSWER: C

Di bagian akhir surat perjanjian, sebaiknya dibubuhi…

A. Perangko
B. Materai
C. Foto pihak kesatu
D. Foto pihak kedua
E. Cap 3 jari
ANSWER: B

Berikut adalah hal yang tidak harus tercantum dalam surat perjanjian

A. Peran atau jabatan masing-masing pihak
B. Hak dan kewajiban masing-masing pihak
C. Keterangan pihak ke satu dan kedua
D. Konpensasi yang akan diterima jika terjadi pelanggaran
E. Lokasi-lokasi shooting
ANSWER: E

Berikut ini yang termasuk ke dalam pengisi acara, adalah…

A. Cameraman dan pengisi suara
B. Make up artist dan presenter
C. Nara sumber dan host
D. Dubber dan nara sumber
E. Presenter dan produser
ANSWER: C

Berikut termasuk tugas dari pengisi acara…

A. Mengarahkan cameraman
B. Mengetahui teknis operasional media televisi
C. Membuat cue card
D. Menata properti
E. Mengopersikan peralatan
ANSWER: B

Memilih dan menentukan pemian yang dilakukan oleh sutradara, setelah dilakukannya proses pemburuan…

A. Hunting
B. Audisi
C. Survey
D. Casting
E. Briefing
ANSWER: D

Hal yang bukan termasuk peran Produser dalam proses pemilihan pemain adalah…

A. Melatih pemain
B. Melakukan rapat untuk menentukan pemain
C. Menjelaskan latar belakang dan deskripsi program
D. Mengadakan kontrak kerja
E. Menyediakan berkas-berkas yang dibutuhkan pemain
ANSWER: A

Untuk menentukan pemaiin kriteria yang dimiliki adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Performance
B. Gender
C. Brain
D. Usia
E. Kostum
ANSWER: E

Salah satu metode pencarian ide dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya ide tanpa dibatasi disebut…

A. Metode acak
B. Metode brainstorming
C. Metode clustering
D. Metode abstrak
E. Metode riset
ANSWER: B

Frekuensi penayangan program dalam deskripsi program disebut juga…

A. Hari
B. Waktu penayangan
C. Durasi
D. Jam Tayang
E. Teknik Penyajian
ANSWER: B

Menguraikan elemen yang ada di dalam scenario disebut juga…

A. Breaking
B. Breakdown
C. Brainstorming
D. Hunting
E. Casting
ANSWER: B

Pengertian dari konsep program yang tepat adalah

A. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil dari pemikiran penulis naskah sebagai panduan dalam memproduksi program
B. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa lokasi sebagai panduan dalam memproduksi program
C. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa naskah yang dibuat oleh seluruh divisi sebagai panduan dalam memproduksi program
D. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa karakter pemain yang dibuat oleh seluruh divisi sebagai panduan dalam memproduksi program
E. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil dari pemikiran produser sebagai panduan dalam memproduksi program
ANSWER: C

Pengertian jadwal produksi yang tepat adalah…

A. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan biaya.
B. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kesiapan kru produksi
C. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kemungkinan periubahan dari berbagai sebab.
D. Jenis-jenis kegiatan pra produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa
E. Jenis-jenis kegiatan pasca produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kesiapan kru produksi
ANSWER: C

Jadwal produksi dikerjakan oleh …

A. Director
B. Floor director
C. Producer
D. Script writer
E. Talent
ANSWER: C

Berikut prosedur pembuatan jadwal yang tepat…

A. Ditentukan kapan awal kegiatannya terlebih dahulu.
B. Dibuat berdasarkan kesiapan kru
C. Dibuat berdasarkan kesiapan pemain
D. Ditentukan kapan produksi harus selesai baru kegiatan-kegiatan sebelumnya (menarik mundur)
E. Jumlah scene/segmen tidak perlu diperhitungkan.
ANSWER: D

Perencanaan biaya produksi terdiri dari 2, yakni…

A. Financial Oriended dan Cash Oriented
B. Financial Oriented dan Quantity Oriented
C. Financial Oriented dan Quality Oriented
D. Quality Oriented dan Talent Oriented
E. Quality Oriented dan Crew Oriented
ANSWER: C

Pusat pengendalian operasional produksi multycamera disebut juga…

A. Transmiter
B. Studio
C. Master Room
D. Controler
E. Control Room
ANSWER: E

Berikut adalah pembagian peralatan produksi yang tepat menurut fungsinya…

A. Unit perekam gambar, unit perekam suara, unit pencahayaan.
B. Unit camera, unit pencahayaan, VTR
C. Unit peralatan studio dan control room
D. Unit peralatan teknis dan non teknis
E. Camera, Microphone, Switcher
ANSWER: A

Hasil dari perencanaan dituangkan dalam bentuk tulisan yang disebut…

A. Script
B. Breakdown naskah
C. Deskripsi program
D. Proposal
E. Desain Produksi
ANSWER: E

Mengumpulkan data atau informasi melalui observasi mendalam mengenai subjek, peristiwa, lokasi sesuai tema yang akan diketengahkan disebut

A. Hunting
B. Survey
C. Riset
D. Briefing
E. Seeing
ANSWER: C

Sumber-sumber data tentang tema yang diketengahkan bisa didapatkan dari…

A. Manager Produksi
B. Penulis naskah
C. Nara sumber
D. Produser
E. Sutradara
ANSWER: C

Berikut adalah pasangan yang tepat untuk peran dan tugas kru saat pencarian lokasi…

A. Sutradara berperan untuk memperhitungka kemungkinan perangkat camera
B. Manager produksi berperan untuk memperhitungkan kelancaran operasional shooting.
C. Sutradara berperan untuk memperhitungkan biaya.
D. Art director berperan untuk menentukan lokasi
E. Unit manager berperan untuk memperhitungkan penempatan power supply.
ANSWER: B

Berikut yang termasuk prosedur pencarian lokasi yang tepat…

a. Menghafalkan naskah
b. Melakukan komunikasi dengan TD
c. Memahami alur cerita
d. Memahami karakter pemain
e. Mendata jumlah kru dan pemain
ANSWER: B

Penentuan lokasi dilakukan oleh, kecuali,…

A. Produser
B. Co produser
C. Director
D. Floor director
E. Script writer
ANSWER: D

Menerjemahkan tulisan ke dalam bentuk materi audio visual adalah tugas sutradara sebagai……

A. Koordinator
B. Kreator
C. Organisator
D. Diktator
E. Pimpinan
ANSWER: B

Istilah lain untuk sutradara televisi adalah :
A. Director
B. Producer
C. Assisten Producer
D. Pengarah lapangan
E. Pengarah acara
ANSWER: E

Sutradara adalah orang yang bertanggung jawab atas kualitas film yang muncul di layar.
Pernyataan tersebut adalah pendapat dari :

A. Virginia Oakey
B. Don Ricard
C. Don Livingston
D. Howard J. Blumenthal
E. Zettle
ANSWER: A

Untuk kelancaran kegiatan shooting di studio, sutradara bekerja sama dengan :

A. Security
B. Unit manager
C. Floor director
D. Field director
E. Technical director
ANSWER: C

Salah satu tugas sutradara dalam three angle adalah :

A. Meminta penulis naskah untuk merevisi naskah
B. Menyiapkan seluruh biaya produksi
C. Membuat jadwal shooting
D. Menentukan pemeran
E. Mencari sponsorship
ANSWER: D

Breakdown naskah yang dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Menentukan floor plan
B. Membuat shooting script
C. Menentukan kostum pemain
D. Membuat list kebutuhan peralatan shooting
E. Menentukan budget produksi
ANSWER: B

Proses dimana semua divisi produksi mengurai semua elemen yang ada di dalam skenario disebut ………

A. Production meeting
B. Breakdown script
c. General rehearsal
D. Reading
E. Blocking
ANSWER: B

Untuk dapat membuat program yang menarik, seorang sutradara harus memahami landasan utama acara televisi. Salah satu landasan utama acara televisi adalah :

A. Informasi yang akan disampaikan
B. Format acara
C. Durasi acara
D. Sasaran audience
E. Kategori acara
ANSWER: A

Dalam produksi perfileman di Indonesia, Dedi Mizwar dikategorikan sebagai pemain…

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe komedian
E. Tipe religius
ANSWER: C

Seorang sutradara harus melakukan pengarahan karakter sesuai naskah kepada pengisi acara……….

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe artis
E. Tipe entertainer
ANSWER: C

Teknik pendekatan kru yang perlu dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Hindari pemberian instruksi
B. Mengucapkan terimakasih atas partisipasi mereka
C. Memberikan kelonggaran kepada setiap kru dalam menentukan jam kerja.
D. Usahakan mengucapkan maaf sebanyak mungkin apabila terjadi masalah selama shooting.
E. Hindari simpati yang berlebihan.
ANSWER: B

Langkah pertama pada SOP (Standard Operational Procedure) produksi single camera system adalah ……..
A. Menentukan shot-shot yang akan diambil
B. Melakukan casting
C. Blocking pemain
D. Blocking kamera
E. Reading
ANSWER: A

Naskah operasional pada single camera system adalah…
A. Camera card
B. Cue card
C. Shooting script
D. Fully scripted
E. Director of shots
ANSWER: E

Konsep blocking pemain pada single camera system dibuat pada :

A. Floor plan
B. Sketsa lokasi
C. Denah tempat
D. Shooting script
E. Director of shots
ANSWER: B

Alasan yang tepat untuk melakukan switching gambar adalah …….

A. Mengarahkan perhatian pada sasaran baru
B. Menghindari long take
C. Mengumpulkan stock shot
D. Menghindari cameraman mengalami kelelahan
E. Menyesuaikan dengan director of shot yang telah dibuat.
ANSWER: A

Alat yang digunakan untuk melakukan pengalihan gambar disebut ……..

A. Character generator
B. VTR
C. Komputer
D. Switcher
E. Kamera
ANSWER: D

Menjelang pengambilan gambar pada multi camera system, yang dilakukan oleh asisten sutradara adalah ……

A. Menyiapkan talent di lokasi
B. Menjelaskan aba-aba kepada talent
C. Meneruskan aba-aba dari pengarah acara
D. Membantu penata kamera
E. Menyiapkan kru di control room.
ANSWER: E

Prinsip pengambilan gambar pada multi camera system adalah …

A. Cross shot
B. Reaction shot
C. Simple shot
D. Two shot
E. Groupy shot
ANSWER: A

Acuan cameraman dalam pengambilan gambar pada multi camera system adalah ………

A. Shooting script
B. Director of shots
C. Camera card
D. Skenario
E. Treatment
ANSWER: C

Kejelasan kalimat yang diucapkan pemain disebut….
A. Artikulasi
B. Phrasing
C. Intonasi
D. Tempo
E. Ritme
ANSWER: A

Blocking dilakukan setelah ……..
A. Casting
B. Reading
C. Hunting
D. Dry rehearsal
E. Dress rehearsal
ANSWER: B

23.Salah satu ketentuan non teknis blocking adalah…..
a. Bergerak tanpa mengucapkan kalimat
b. Bergerak sambil mengucapkan kalimat
c. Bergerak sesuai reaksi spontan
d. Bergerak sebelum mengucapkan kalimat
e. Bergerak sesudah mengucapkan kalimat.
ANSWER: C

24.Isyarat yang digunakan agar proses pengambilan gambar berjalan lancar disebut…..
a. Clue
b. Cue
c. Gerakan tangan
d. Suara tertentu
e. Aba-aba
ANSWER: B

25. Latihan awal yang biasa dilakukan di luar set disebut ….
a. Outdoor rehearsal
b. Dry rehearsal

Home » soal » soal smk broadcasting pengetahuan dan kunci jawabannya
soal
soal smk broadcasting pengetahuan dan kunci jawabannya
Tahapan pra produksi disebut juga sebagai tahap…

A. Permulaan
B. Perkenalan
C. Perencanaan
D. Pengkondisian
E. Penyamaan persepsi
ANSWER: C

Shooting single dan editing liputan untuk ditayangkan dalam proses produksi multycamera lebih tepatnya masuk ke dalam tahapan…

A. Pra Produksi
B. Produksi
C. Pasca Produksi
D. Editing
E. Shooting
ANSWER: A

Alur dari aktivitas yang dibutuhkan untuk mengembangkan ide menjadi sebuah pesan yang ingin disampaikan kepada penonton adalah…

A. Production idea
B. Production proposal
C. Production script
D. Production model
E. Programme description
ANSWER: D

Pesan yang ingin disampaiakn pembuat program kepada penonton disebut…

A. Actual message
B. Defined message
C. Real Message
D. First message
E. Received message
ANSWER: B

Produser, penulis naskah, Sutradara, Art Director termasuk ke dalam…

A. Triangle team
B. Below the line
C. Above the line
D. Kru inti
E. Pimpinan kru
ANSWER: C

Seorang yang bertanggungjawab membantu Programme Director untuk mengeksekusi visual dalam produksi multi kamera disebut…

A. VTRman
B. Character generator
C. Switcher
D. Floor Director
E. Asistant Director
ANSWER: C

Seorang yang bertanggung jawab terhadap seluruh rancangan teknis dan instalasi adalah…

A. Audioman
B. Lightingman
C. Cameraman
D. Technical director
E. VTR person
ANSWER: D

Salah satu kriteria utama yang harus dimiliki kru produksi adalah…

A. Menguasai seluruh perangkat teknis
B. Mempu menguasai panggung
C. Mampu bekerja sama dengan siapapun
D. Mampu berbicara di depan umum
e. Mampu melatih pemain
ANSWER: C

Di bagian akhir surat perjanjian, sebaiknya dibubuhi…

A. Perangko
B. Materai
C. Foto pihak kesatu
D. Foto pihak kedua
E. Cap 3 jari
ANSWER: B

Berikut adalah hal yang tidak harus tercantum dalam surat perjanjian

A. Peran atau jabatan masing-masing pihak
B. Hak dan kewajiban masing-masing pihak
C. Keterangan pihak ke satu dan kedua
D. Konpensasi yang akan diterima jika terjadi pelanggaran
E. Lokasi-lokasi shooting
ANSWER: E

Berikut ini yang termasuk ke dalam pengisi acara, adalah…

A. Cameraman dan pengisi suara
B. Make up artist dan presenter
C. Nara sumber dan host
D. Dubber dan nara sumber
E. Presenter dan produser
ANSWER: C

Berikut termasuk tugas dari pengisi acara…

A. Mengarahkan cameraman
B. Mengetahui teknis operasional media televisi
C. Membuat cue card
D. Menata properti
E. Mengopersikan peralatan
ANSWER: B

Memilih dan menentukan pemian yang dilakukan oleh sutradara, setelah dilakukannya proses pemburuan…

A. Hunting
B. Audisi
C. Survey
D. Casting
E. Briefing
ANSWER: D

Hal yang bukan termasuk peran Produser dalam proses pemilihan pemain adalah…

A. Melatih pemain
B. Melakukan rapat untuk menentukan pemain
C. Menjelaskan latar belakang dan deskripsi program
D. Mengadakan kontrak kerja
E. Menyediakan berkas-berkas yang dibutuhkan pemain
ANSWER: A

Untuk menentukan pemaiin kriteria yang dimiliki adalah sebagai berikut, kecuali…

A. Performance
B. Gender
C. Brain
D. Usia
E. Kostum
ANSWER: E

Salah satu metode pencarian ide dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya ide tanpa dibatasi disebut…

A. Metode acak
B. Metode brainstorming
C. Metode clustering
D. Metode abstrak
E. Metode riset
ANSWER: B

Frekuensi penayangan program dalam deskripsi program disebut juga…

A. Hari
B. Waktu penayangan
C. Durasi
D. Jam Tayang
E. Teknik Penyajian
ANSWER: B

Menguraikan elemen yang ada di dalam scenario disebut juga…

A. Breaking
B. Breakdown
C. Brainstorming
D. Hunting
E. Casting
ANSWER: B

Pengertian dari konsep program yang tepat adalah

A. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil dari pemikiran penulis naskah sebagai panduan dalam memproduksi program
B. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa lokasi sebagai panduan dalam memproduksi program

C. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa naskah yang dibuat oleh seluruh divisi sebagai panduan dalam memproduksi program
D. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil analisa karakter pemain yang dibuat oleh seluruh divisi sebagai panduan dalam memproduksi program
E. Rancangan/rencana tertulis yang merupakan hasil dari pemikiran produser sebagai panduan dalam memproduksi program
ANSWER: C

Pengertian jadwal produksi yang tepat adalah…

A. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan biaya.
B. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kesiapan kru produksi
C. Jenis-jenis kegiatan produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kemungkinan periubahan dari berbagai sebab.
D. Jenis-jenis kegiatan pra produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa
E. Jenis-jenis kegiatan pasca produksi yang tersusun menurut waktu yang tepat tanpa mengabaikan kesiapan kru produksi
ANSWER: C

Jadwal produksi dikerjakan oleh …

A. Director
B. Floor director
C. Producer
D. Script writer
E. Talent
ANSWER: C

Berikut prosedur pembuatan jadwal yang tepat…

A. Ditentukan kapan awal kegiatannya terlebih dahulu.
B. Dibuat berdasarkan kesiapan kru
C. Dibuat berdasarkan kesiapan pemain
D. Ditentukan kapan produksi harus selesai baru kegiatan-kegiatan sebelumnya (menarik mundur)
E. Jumlah scene/segmen tidak perlu diperhitungkan.
ANSWER: D

Perencanaan biaya produksi terdiri dari 2, yakni…

A. Financial Oriended dan Cash Oriented
B. Financial Oriented dan Quantity Oriented
C. Financial Oriented dan Quality Oriented
D. Quality Oriented dan Talent Oriented
E. Quality Oriented dan Crew Oriented
ANSWER: C

Pusat pengendalian operasional produksi multycamera disebut juga…

A. Transmiter
B. Studio
C. Master Room
D. Controler
E. Control Room
ANSWER: E

Berikut adalah pembagian peralatan produksi yang tepat menurut fungsinya…

A. Unit perekam gambar, unit perekam suara, unit pencahayaan.
B. Unit camera, unit pencahayaan, VTR
C. Unit peralatan studio dan control room
D. Unit peralatan teknis dan non teknis
E. Camera, Microphone, Switcher
ANSWER: A

Hasil dari perencanaan dituangkan dalam bentuk tulisan yang disebut…

A. Script
B. Breakdown naskah
C. Deskripsi program
D. Proposal
E. Desain Produksi
ANSWER: E

Mengumpulkan data atau informasi melalui observasi mendalam mengenai subjek, peristiwa, lokasi sesuai tema yang akan diketengahkan disebut

A. Hunting
B. Survey
C. Riset
D. Briefing
E. Seeing
ANSWER: C

Sumber-sumber data tentang tema yang diketengahkan bisa didapatkan dari…

A. Manager Produksi
B. Penulis naskah
C. Nara sumber
D. Produser
E. Sutradara
ANSWER: C

Berikut adalah pasangan yang tepat untuk peran dan tugas kru saat pencarian lokasi…

A. Sutradara berperan untuk memperhitungka kemungkinan perangkat camera
B. Manager produksi berperan untuk memperhitungkan kelancaran operasional shooting.
C. Sutradara berperan untuk memperhitungkan biaya.
D. Art director berperan untuk menentukan lokasi
E. Unit manager berperan untuk memperhitungkan penempatan power supply.
ANSWER: B

Berikut yang termasuk prosedur pencarian lokasi yang tepat…

a. Menghafalkan naskah
b. Melakukan komunikasi dengan TD
c. Memahami alur cerita
d. Memahami karakter pemain
e. Mendata jumlah kru dan pemain
ANSWER: B

Penentuan lokasi dilakukan oleh, kecuali,…

A. Produser
B. Co produser
C. Director
D. Floor director
E. Script writer
ANSWER: D

Menerjemahkan tulisan ke dalam bentuk materi audio visual adalah tugas sutradara sebagai……

A. Koordinator
B. Kreator
C. Organisator
D. Diktator
E. Pimpinan
ANSWER: B

Istilah lain untuk sutradara televisi adalah :
A. Director
B. Producer
C. Assisten Producer
D. Pengarah lapangan
E. Pengarah acara
ANSWER: E

Sutradara adalah orang yang bertanggung jawab atas kualitas film yang muncul di layar.
Pernyataan tersebut adalah pendapat dari :

A. Virginia Oakey
B. Don Ricard
C. Don Livingston
D. Howard J. Blumenthal
E. Zettle
ANSWER: A

Untuk kelancaran kegiatan shooting di studio, sutradara bekerja sama dengan :

A. Security
B. Unit manager
C. Floor director
D. Field director
E. Technical director
ANSWER: C

Salah satu tugas sutradara dalam three angle adalah :

A. Meminta penulis naskah untuk merevisi naskah
B. Menyiapkan seluruh biaya produksi
C. Membuat jadwal shooting
D. Menentukan pemeran
E. Mencari sponsorship
ANSWER: D

Breakdown naskah yang dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Menentukan floor plan
B. Membuat shooting script
C. Menentukan kostum pemain
D. Membuat list kebutuhan peralatan shooting
E. Menentukan budget produksi
ANSWER: B

Proses dimana semua divisi produksi mengurai semua elemen yang ada di dalam skenario disebut ………

A. Production meeting
B. Breakdown script
c. General rehearsal
D. Reading
E. Blocking
ANSWER: B

Untuk dapat membuat program yang menarik, seorang sutradara harus memahami landasan utama acara televisi. Salah satu landasan utama acara televisi adalah :

A. Informasi yang akan disampaikan
B. Format acara
C. Durasi acara
D. Sasaran audience
E. Kategori acara
ANSWER: A

Dalam produksi perfileman di Indonesia, Dedi Mizwar dikategorikan sebagai pemain…

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe komedian
E. Tipe religius
ANSWER: C

Seorang sutradara harus melakukan pengarahan karakter sesuai naskah kepada pengisi acara……….

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe artis
E. Tipe entertainer
ANSWER: C

Teknik pendekatan kru yang perlu dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Hindari pemberian instruksi
B. Mengucapkan terimakasih atas partisipasi mereka
C. Memberikan kelonggaran kepada setiap kru dalam menentukan jam kerja.
D. Usahakan mengucapkan maaf sebanyak mungkin apabila terjadi masalah selama shooting.
E. Hindari simpati yang berlebihan.
ANSWER: B

Langkah pertama pada SOP (Standard Operational Procedure) produksi single camera system adalah ……..
A. Menentukan shot-shot yang akan diambil
B. Melakukan casting
C. Blocking pemain
D. Blocking kamera
E. Reading
ANSWER: A

Naskah operasional pada single camera system adalah…
A. Camera card
B. Cue card
C. Shooting script
D. Fully scripted
E. Director of shots
ANSWER: E

Konsep blocking pemain pada single camera system dibuat pada :

A. Floor plan
B. Sketsa lokasi
C. Denah tempat
D. Shooting script
E. Director of shots
ANSWER: B

Alasan yang tepat untuk melakukan switching gambar adalah …….

A. Mengarahkan perhatian pada sasaran baru
B. Menghindari long take
C. Mengumpulkan stock shot
D. Menghindari cameraman mengalami kelelahan
E. Menyesuaikan dengan director of shot yang telah dibuat.
ANSWER: A

Alat yang digunakan untuk melakukan pengalihan gambar disebut ……..

A. Character generator
B. VTR
C. Komputer
D. Switcher
E. Kamera
ANSWER: D

Menjelang pengambilan gambar pada multi camera system, yang dilakukan oleh asisten sutradara adalah ……

A. Menyiapkan talent di lokasi
B. Menjelaskan aba-aba kepada talent
C. Meneruskan aba-aba dari pengarah acara
D. Membantu penata kamera
E. Menyiapkan kru di control room.
ANSWER: E

Prinsip pengambilan gambar pada multi camera system adalah …

A. Cross shot
B. Reaction shot
C. Simple shot
D. Two shot
E. Groupy shot
ANSWER: A

Acuan cameraman dalam pengambilan gambar pada multi camera system adalah ………

A. Shooting script
B. Director of shots
C. Camera card
D. Skenario
E. Treatment
ANSWER: C

Kejelasan kalimat yang diucapkan pemain disebut….
A. Artikulasi
B. Phrasing
C. Intonasi
D. Tempo
E. Ritme
ANSWER: A

Blocking dilakukan setelah ……..
A. Casting
B. Reading
C. Hunting
D. Dry rehearsal
E. Dress rehearsal
ANSWER: B

23.Salah satu ketentuan non teknis blocking adalah…..
a. Bergerak tanpa mengucapkan kalimat
b. Bergerak sambil mengucapkan kalimat
c. Bergerak sesuai reaksi spontan
d. Bergerak sebelum mengucapkan kalimat
e. Bergerak sesudah mengucapkan kalimat.
ANSWER: C

24.Isyarat yang digunakan agar proses pengambilan gambar berjalan lancar disebut…..
a. Clue
b. Cue
c. Gerakan tangan
d. Suara tertentu
e. Aba-aba
ANSWER: B

25. Latihan awal yang biasa dilakukan di luar set disebut ….
a. Outdoor rehearsal
b. Dry rehearsal
ANSWER: C

Salah satu tugas sutradara dalam three angle adalah :

A. Meminta penulis naskah untuk merevisi naskah
B. Menyiapkan seluruh biaya produksi
C. Membuat jadwal shooting
D. Menentukan pemeran
E. Mencari sponsorship
ANSWER: D

Breakdown naskah yang dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Menentukan floor plan
B. Membuat shooting script
C. Menentukan kostum pemain
D. Membuat list kebutuhan peralatan shooting
E. Menentukan budget produksi
ANSWER: B

Proses dimana semua divisi produksi mengurai semua elemen yang ada di dalam skenario disebut ………

A. Production meeting
B. Breakdown script
c. General rehearsal
D. Reading
E. Blocking
ANSWER: B

Untuk dapat membuat program yang menarik, seorang sutradara harus memahami landasan utama acara televisi. Salah satu landasan utama acara televisi adalah :

A. Informasi yang akan disampaikan
B. Format acara
C. Durasi acara
D. Sasaran audience
E. Kategori acara
ANSWER: A

Dalam produksi perfileman di Indonesia, Dedi Mizwar dikategorikan sebagai pemain…

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe komedian
E. Tipe religius
ANSWER: C

Seorang sutradara harus melakukan pengarahan karakter sesuai naskah kepada pengisi acara……….

A. Tipe awam
B. Tipe bintang
C. Tipe aktor
D. Tipe artis
E. Tipe entertainer
ANSWER: C

Teknik pendekatan kru yang perlu dilakukan oleh sutradara adalah :

A. Hindari pemberian instruksi
B. Mengucapkan terimakasih atas partisipasi mereka
C. Memberikan kelonggaran kepada setiap kru dalam menentukan jam kerja.
D. Usahakan mengucapkan maaf sebanyak mungkin apabila terjadi masalah selama shooting.
E. Hindari simpati yang berlebihan.
ANSWER: B

Langkah pertama pada SOP (Standard Operational Procedure) produksi single camera system adalah ……..
A. Menentukan shot-shot yang akan diambil
B. Melakukan casting
C. Blocking pemain
D. Blocking kamera
E. Reading
ANSWER: A

Naskah operasional pada single camera system adalah…
A. Camera card
B. Cue card
C. Shooting script
D. Fully scripted
E. Director of shots
ANSWER: E

Konsep blocking pemain pada single camera system dibuat pada :

A. Floor plan
B. Sketsa lokasi
C. Denah tempat
D. Shooting script
E. Director of shots
ANSWER: B

Alasan yang tepat untuk melakukan switching gambar adalah …….

A. Mengarahkan perhatian pada sasaran baru
B. Menghindari long take
C. Mengumpulkan stock shot
D. Menghindari cameraman mengalami kelelahan
E. Menyesuaikan dengan director of shot yang telah dibuat.
ANSWER: A

Alat yang digunakan untuk melakukan pengalihan gambar disebut ……..

A. Character generator
B. VTR
C. Komputer
D. Switcher
E. Kamera
ANSWER: D

Menjelang pengambilan gambar pada multi camera system, yang dilakukan oleh asisten sutradara adalah ……

A. Menyiapkan talent di lokasi
B. Menjelaskan aba-aba kepada talent
C. Meneruskan aba-aba dari pengarah acara
D. Membantu penata kamera
E. Menyiapkan kru di control room.
ANSWER: E

Prinsip pengambilan gambar pada multi camera system adalah …

A. Cross shot
B. Reaction shot
C. Simple shot
D. Two shot
E. Groupy shot
ANSWER: A

Acuan cameraman dalam pengambilan gambar pada multi camera system adalah ………

A. Shooting script
B. Director of shots
C. Camera card
D. Skenario
E. Treatment
ANSWER: C

Kejelasan kalimat yang diucapkan pemain disebut….
A. Artikulasi
B. Phrasing
C. Intonasi
D. Tempo
E. Ritme
ANSWER: A

Blocking dilakukan setelah ……..
A. Casting
B. Reading
C. Hunting
D. Dry rehearsal
E. Dress rehearsal
ANSWER: B

23.Salah satu ketentuan non teknis blocking adalah…..
a. Bergerak tanpa mengucapkan kalimat
b. Bergerak sambil mengucapkan kalimat
c. Bergerak sesuai reaksi spontan
d. Bergerak sebelum mengucapkan kalimat
e. Bergerak sesudah mengucapkan kalimat.
ANSWER: C

24.Isyarat yang digunakan agar proses pengambilan gambar berjalan lancar disebut…..
a. Clue
b. Cue
c. Gerakan tangan
d. Suara tertentu
e. Aba-aba
ANSWER: B

25. Latihan awal yang biasa dilakukan di luar set disebut ….
a. Outdoor rehearsal
b. Dry rehearsal
c. Dress rehearsal
d. Camera rehersal
e. General rehearsal
ANSWER: B

Baca Juga;