Soal Pemasaran Online Kelas 12

Diposting pada
Rate this post

Soal Pemasaran Online Kelas 12

Contoh Soal Pilihan Ganda Pemasaran Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya
1. Inti dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan adalah …
a. bauran produksi
b. marketing mix
c. segmentting
d. targetting
e. positionning

2. Menurut falsafah market oriented kegiatan perusahaan diarahkan untuk memenuhi keinginan dan memuaskan kebutuhan …
a. pemasaran
b. manajer
c. konsumen
d. pemilik saham
e. pemerintah dan perundang-undangan

3. Siklus kehidupan barang yang dimulai dari tahap perkenalan sampai dengan tahap penurunan disebut dengan:
a. PVC
b. LPC
c. PLC
d. LC
e. MCK

4. Dalam penentuan logo dan moto perusahaan, hal yang harus dipertimbangkan adalah …
a. dibuat seacara sederhana
b. dibuat dengan kalimat padat
c. harus berwarna
d. harus mudah diingat
e. bersifat kompleks

5. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut …
a. pelanggan
b. bentuk
c. tempat
d. fungsi
e. waktu

6. Menetapkan harga rendah di awal penjualan, namun kemudian menaikkan harga jual, merupakan strategi dari …
a. pricing
b. skimming price policy
c. penetration pricing policy
d. introductory price dealing
e. dumping

7. Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi …
a. menghubungi & berkomunikasi dengan pelanggan
b. pengangkutan dan penyortiran
c. penelitian dan pembiayaan
d. penentuan lay out gedung
e. pelayanan dan garansi

8. Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah …
a. produsen distributor bisnis konsumen industri
b. produsen pengecer konsumen
c. produsen konsumen
d. produsen konsumen industri
e. produsen grosir pengecer konsumen

9. Untuk meningkatkan penjualan atau untuk meningkatkan jumlah pelanggan dalam waktu singkat, kegiatan strategi promosi yang dapat dilakukan adalah ….
a. iklan
b. promosi penjualan
c. publisitas
d. penjualan pribadi
e. pemasaran langsung

10. Pada media interaktif internet merupakan komponen utama sehingga media interaktif biasa disebut sebagai pemasaran …
a. langsung
b. tidak langsung
c. face to face
d. off line
e. on line

11. Ihktsar dari seluruh rencana pemasaran yang dibuat beserta rekomendasinya, sehingga memberikan gambaran mengenai hal pokok isis rencana pemasaran disebut …
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. ringkasan eksekutif
e. anggaran

12. Inti dari rencana pemasaran adalah …
a. tujuan pemasaran
b. manfaat pemasaran
c. program kegiatan
d. anggaran
e. strategi pemasaran

13. Perkiraan mengenai perincian biaya yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran dimasukkan dalam
a. action program
b. gambaran situai saat ini
c. tujuan pemasaran
d. anggaran
e. ringkasan eksekutif

14. Perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek memiliki karakteristik …
a. waktu tak tentu dan objektif
b. waktu tertentu dan objektif
c. waktu tak tentu dan subyektif
d. waktu tertentu dan subyektif
e. waktu tertentu dan tentatif

15. Kegiatan meramalkan atau merencakan permintaan produk untuk suatu periode tertentu disebut ….
a. evaluation
b. suportting dokumen
c. forecasting
d. planning
e. actuating

16. Contoh perencanaan yang mempunyai karakteristik waktu periode tertentu adalah perencanaan ….
a. jangka pendek
b. jangka menengah
c. tahunan
d. operasional
e. strategis

17. Rencana jangka pendek yang secara sistematis dikembangkan dan diturunkan dari perencanaan yang lebih luas disebut perencanaan …
a. operasional
b. reaksi
c. tahunan
d. dekade
e. forecasting

18. Pada perusahan consumers good strategi produk dibuat untuk …
a. memenuhi forecasting
b. pesanan
c. disalurkan langsung kepada pembeli
d. disimpan
e. diekspor

19. Proses memperkenalkan produk baru kepada para penyalur dan pembeli mengenai kemasan, merk, harga, promosi, distribusi dan sebagainya merupakan tahap …
a. persiapan
b. penyaringan gagasan
c. uji coba
d. komesialisasi
e. evaluasi

20. Pada langkah_langkah perencanaan pemasaran kegiatan : pengawasan dan penilaian serta diagnosis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap …
a. perencanaan
b. pengorganisasian
c. pelaksanaan
d. action
e. pengendalian

Baca Juga : 40 Soal Pemasaran Online Kelas 10 Lengkap Beserta Jawabannya

21. Jika ada pertanyaan dalam penentuan misi perusahaan What is value to the customer? Maka hal ini berhubungan dengan …
a. jenis usaha
b. konsumen
c. pendapatn konsumen
d. nilai yang dipakai konsumen
e. konsumen dimasa mendatang

22. Dalam penentuan misi perusahaan perlu diketahui : Kualitas produk, Teknologi proses produksi, Kelompok konsumen yang dituju untuk produk tersebut, Kebutuhan pasar, dan Kombinasi semua komponen tersebut. Lima hal ini disebut …
a. business domain
b. business oriented
c. market oriented
d. market domain
e. vision oriented

23. Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan …
a. survey pasar
b. segmentasi pasar
c. pemosisian pasar
d. menetapkan business domain
e. melakukan market oriented

24. Kelompok konsumen yang mempunyai ciri-ciri/sifat yang hampir sama yang dipilih perusahaan dan akan dicapai dengan strategi marketing mix yang berbeda untuk produk yang dipasarkan disebut …
a. market oriented
b. segemnatasi pasar
c. target pasar
d. positioning pasar
e. strategi pasar

25. Untuk evaluasi target pasar diperlukan informasi dan analisis tentang … kecuali
a. produk yang dipasarkan
b. strategi marketing mix
c. kepuasan konsumen
d. laba perusahaan
e. kepribadian pemilik perusahaan

26. Meninjau pasar secara keseluruhan dan memusatkan perhatian pada kesamaan kebutuhan konsumen merupakan ciri dari strategi target pasar …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

27. Untuk produk yang homogen, maka strategi yang tepat untuk target pasarnya adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

28. Bila sumber daya yang dimiliki sangat terbatas maka strategi target pasar yang tepat adalah …
a. market oriented
b. undifferentiated marketing
c. concentrated marketing
d. differentiated marketing
e. market tergetting

29. Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut memiliki fungsi, pelanggan, dijual pada gerai dan memiliki kisaran harga yang sama disebut …
a. siklus produk
b. lini produk
c. item produk
d. jenis produk
e. industri produk

30. Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah …
a. memutuskan membeli
b. menetapkan tujuan
c. menilai sumber
d. analisis kebutuhan dan keinginan
e. identifikasi alternatif pembelian

31. Mengenali basis untuk membuat segmentasi dan mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan merupakan kegiatan … dalam pemasaran terarah.
a. pemosisian
b. reposisi
c. pentargetan
d. segmentas
e. marketing mix

32 Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan ….
a. gambaran penduduknya
b. gambaran wilayah / tempatnya
c. gambaran sifat konsumen
d. gambaran psikologis
e. gambaran kebiasaan konsumen

33. Yang termasuk faktor demografi adalah:
a. kepribadian
b. wilayah
c. sikap
d. daerah pedesaan
e. penghasilan

34. Yang termasuk faktor psikografik adalah:
a. kepribadian
b. agama
c. lokasi daerah
d. jenis kelamin
e. kesempatan

35. Jika kita melakukan segmentasi tingkah laku konsumen menggunakan variabel status pengguna maka kegiatan pemasaran akan difokuskan kepada kelompok:
a. bukan pengguna
b. pengguna reguler
c. pengguna potensial
d. mantan pengguna
e. pengguna fanatik

36. Membuat segmentasi kepada konsumen atau perusahaan lain yang membutuhkan barang untuk bahan baku maupun bahan tambahan produksi disebut dengan segmentasi pasar ….
a. primer
b. skunder
c. industri
d. konsumen
e. internasional

37. Salah satu alasan dilakukannya segmentasi pasar karena pasar bersifat…
a. komplek
b. homogen
c. membingungkan
d. dinamis
e. statis

38. Salah satu syarat segmentasi pasar adalah dapat dijangkau dan dilayani secara efektif atau …
a. measurebility
b. accessibility
c. substantiality
d. faesibility
e. capability

39. Pada waktu melaksanakan tahap analisa untuk segmentasi pasar yang paling sering digunakan adalah analisis ….
a. faktor
b. korelasi
c. regresi
d. korelasi dan regresi
e. chi square

40. Suatu bidang / kuadran yang berisi titik-titik yang menghubungkan hubungan dalam variabel tingkat kecenderungan pembelian disebut dengan …
a. produk space
b. produk preferensi
c. preferensi
d. atribut produk
e. targeting

1. B
2. C
3. C
4. D
5. E
6. D
7. B
8. C
9. B
10. D
11. D
12. E
13. D
14. C
15. B
16. A
17. A
18. D
19. D
20. E
21. D
22. A
23. B
24. C
25. E
26. B
27. B
28. C
29. B
30. D
31. D
32. B
33. E
34. A
35. C
36. C
37. D
38. B
39. A
40. A

Contoh Soal Bisnis Daring dan Pemasaran :

Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Soal Bisnis Online Kelas 12 yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

Strategi pemasaran adalah..
a. Merupakan serangkaian keputusan dan tindakan yang mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi pencapaian tujuan organisasi tersebut
b. Suatu rencana yang fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang dan bertujuan untuk memuaskan dan betujuan untuk memuaskan konsumen yang menggunakan produk perusahaan *
c. Sebuah rencana disatukan, luas, terintegerasi, dan mengubungkan keunggulan startegi perusahaan dengan tantangan lingkungan serta yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi
d. Kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar
e. Hal penting yang harus idrumuskan sebeleum melakukan kegiatan

Jawaban: B

Berikut ini tujuan dari riset pasar, kecuali..
a. Control *
b. Menganilisis pasar
c. Menyusun strategi
d. Mengalisis efektivitas iklan atau promosi dan perusahaan
e. Menganalisis tanggapan pasar terhadap suatu produk atau jasa

Jawaban: A

Sebua riset yang yang dilakukan dengan adanya kuesioner yang bersifat statistic adalah riset..
a. Primer
b. Sekunder
c. Gabungan
d. Kuantitatif *
e. Kualitatif

Jawaban: D

Ada berapa jumlah metode pengumpulan data kualitatif?
a. 1
b. 2
c. 3 *
d. 4
e. 5

Jawaban: C

Riset pemasaran yang diadakan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran disebut..
a. Problem solving research
b. Evaluating
c. Controlling research
d. Predicting
e. Planning research *

Jawaban: E

Pengetian strategi menurut William F. Gglueck dan Lewrence Jauch adalah..
a. Merupakan serangkaian keputusan dan tindakan yang mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi pencapaian tujuan organisasi tersebut
b. Suatu rencana yang fundamental untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang dan bertujuan untuk memuaskan dan betujuan untuk memuaskan konsumen yang menggunakan produk perusahaan
c. Sebuah rencana disatukan, luas, terintegerasi, dan mengubungkan keunggulan startegi perusahaan dengan tantangan lingkungan serta yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi *
d. Kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar
e. Hal penting yang harus idrumuskan sebelum melakukan kegiatan

Jawaban: C

Salah satu keterbatasan riset pemasaran adalah..
a. Memfasilitasi ekspansi bisnis *
b. Kelangkaan staff yang berkualitas
c. Menawarkan saran dan buka keputusan
d. Keterbatasan data yang digunakan
e. Kegunaan praktis yang terbatas

Jawaban: A

Berikut ini yang merupakan langkah-langkah meraih pendapatan dan keuntungan adalah..
a. Gunakan strategi SEO
b. Menulis surat penawaran penjualan yang menarik
c. Menemukan pasar ceruk
d. Jalankan program afiliasi
e. Benar semua *

Jawaban: E

Planning research adalah..
a. Riset pemasaran yang akan diadakan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran *
b. Riset yang dilakukan dengan grup diskusi, observasi, dan interview
c. Riset pemasaran yang diadakan untuk mengidentifikasi serta memecahkan permasalahan yang sering terjadi dalam pemasaran
d. Riset yang dilakukan dengan mengambil data langsung ke target riset, konsumen, ataupun responden
e. Riset yang diadakan untuk pengawasan atau pengendalian proses bisnis serta pemasaran yang sering terjadi

Jawaban: A

Riset segmentasi dan riset produk baru membantu mengidentifikasi peluang yang paling menguntungkan bagi manajer pemasaran adalah pemaparan menurut..
a. Jhon Hendri *
b. John Wick
c. John Logie Baird
d. Michael Faraday
e. Nikola Tesla

Jawaban: A

Berikut ini yang tidak termasuk daritujuan riset pasar menurut Doman adalah..
a. Menganlisis pasar
b. Menyusun strategi
c. Menganalisis tanggapam pasar terhadap suatu produk atau jasa
d. Planning *
e. Menganalisis efektivitas iklan atau promosi dan perusahaan

Jawaban: D

CRM adalah..
a. Customer Relation Management *
b. Customer Relationship Management
c. Customer Relation Manager
d. Custom Relation Management
e. Custom Relationship Manager

Jawaban: A

Sebuah strategi perusahaan yang menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memerhatikan kebutuhan konsumen secara umum adalah startegi pemasaran dengan cara..
a. Concentrated marketing
b. Hyper competition
c. Differentiated marketing
d. Competitive advantage
e. Undifferentiated marketing *

Jawaban: E

Ada berapa elemen startegi pemasaran menurut Corey?
a. 5 *
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1

Jawaban: A

Berikut ini beberapa strategi penetapan harga yang diterapkan oleh para pemasar, kecuali..
a. Diskon
b. Mempercantik harga
c. Menambahkan hadiah
d. Memberikan produk secara cuma-cuma *
e. Menegaskan harga

Jawaban: D

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!
a) Riset kuantitatif
b) Riset sekunder
c) Riset kualitatif
d) Riset primer

Penyataan-pernyataan tersebut merupakan..
a. Fungsi riset pasar
b. Tipe riset pasar *
c. Jenis riset pasar
d. Peran riset pasar
e. Kriteria riset pasar

Jawaban: B

Ada berapa criteria yang dimiliki oleh riset pemasaran?
a. 5
b. 4 *
c. 3
d. 2
e. 1

Jawaban: B

Strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan. Berdasarkan penjelasan tersebut adalh pengertian strategi pemsaran menurut..
a. Cravens dan Piercy
b. Philip Kotler
c. Oraey
d. Guiltinan dan Paul *
e. Stanton

Jawaban: D

Proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia, disebut dengan..
a. Pemasaran *
b. Startegi pemasaran
c. Strategi
d. Konsep pemasaran
e. Fungsi pemasaran

Jawaban: A

Pricing strategy adalah kata lain dari..
a. Toko online
b. Penawaran harga
c. Strategi pemasaran
d. Strategi harga *
e. Penegasan harga

Jawaban: D

Yang termasuk dalam poin penting strategi pemasaran dalam memikat para konsumen adalah..
a. Penawaran produk unik
b. Pemeliharaan hubungan yang baik
c. Penawaran harga yang bersaing
d. Promosi melalui berbagai media
e. Benar semua *

Jawaban: E

Riset pemasaran yang paling penting adalah sudut pandang social, karena berfungsi sebagai sarana konsumen akhir menjadi raja pasar. Berdasarkan uraian tersebut adalah bagian dari keuntungan riset pemasaran dalam..
a. Mengusulkan peluang pasar
b. Panduan untuk eksekutif pemasaran
c. Signifikansi social *
d. Memfasilitasi ekspansi bisnis
e. Mengusulkan saluran distribusi

Jawaban: C

Langkah penting yang harus diperhatikan bagi pengusaha ataupun pelaku bisnis, kecuali..
a. Proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid
b. Sarana manajemen yang efektif dan efisien
c. Dilakukan secara professional dan hati-hati hasil riset pemasaran masih teap mengandung resiko *
d. Cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan yang layak dijual
e. Sarana yang baik secara metodologi dan statistic

Jawaban: C

Agar riset mampu menghasilkan kualitas informasi yang baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat diminimalisasi atau bahkan dihindari adalah pengertian dari..
a. Tepoat wkatu
b. Objektif *
c. Efisien
d. Tepat waktu
e. Produktif

Jawaban: B

Controlling research adalah..
a. Riset pemasaran yang diadakan untuk mengidentifikasi serta memcahkan permasalahan yang sering terjadi dalam pemasaran
b. Riset pemasaran yang menekankan pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai salah satu insight atau masukan yang sangat penting bagi perusahaan
c. Riset pemasaran yang diadakan untuk pengawasan atau pengendalian proses bisnis serta pemasaran yang sedang terjadi *
d. Riset pemasaran ini berfungsi untuk memprediksi seperti apa kemauan pasar selanjutnya
e. Riset pemasaran yang diadakan untuk mendapatkan informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran

Jawaban: C

Fungsi riset pemasaran pada urutan kedua adalah..
a. Predicting
b. Planning
c. Evaluating
d. Problem solving
e. Understanding *

Jawaban: E

Berdasarkan jenis strategi yang dijelaskan, ada berapa jenis pengusaha yang dapat dibedakan?
a. 1
b. 2 *
c. 3
d. 4
e. 5

Jawaban: B

Suatu aspek yang paling penting dalam melaksanakan segmentasi pasar adalah aspek..
a. Aspek operasional *
b. Aspek augmentatif
c. Aspek diminutive
d. Aspek frekuentatif
e. Aspek habitutif

Jawaban: A

Berikut ini yang harus dipahami oleh pelaku bisnis dalam membuat konten yang menarik adalah..
a. Tetap konsisten
b. Singkat itu lebih baik
c. Uji coba berulang
d. Pahami calon pelanggan
e. Benar semua *

Jawaban: E

Eye catchy adalah istilah dari..
a. Layout
b. Tampilan menarik *
c. Promo
d. Diskon
e. Pelanggan

Jawaban: B

Lihat Juga;