Tulisan Alhamdulillah Arab

Diposting pada
Rate this post

Arti Alhamdulillah

Tahmid (Arab: تَحْمِيد Taḥmudu) adalah istilah untuk frasa Arab alhamdulillah (bahasa Arab: ٱلْحَمْدُ لِلَّٰهِ, translit. al-ḥamd lillāh‎) yang berarti “segala puji bagi Allah”, merupakan ungkapan atas rasa syukur seorang muslim atas karunia Allah.

Baca Juga; Tulisan Bismillahirrahmanirrahim Copy Paste Tanpa Terbalik

Tahmid berasal dari kata ٱلْحَمْدُ (al-hamd) yang berarti pujianPada waktu malam hari yang lumayan dingin cuacanya ini saya mau bertanya bagaimana tulisan arab alhamdulillah hirobbil alamin yang benar dan artinya ?

Hal ini sangat perlu saya tanyakan sebab begitu seringnya saya mendengarnya. Saat ada teman yang mendapatkan nikmat kebahagiaan spontan ia langsung mengucapkan lafazh itu. Tidak hanya itu saja.

Ketika dalam acara-acara formal dan non formal sering pula orang yang bertugas sebagai MC dan yang mengisi ceramah mengucapkan lafazh tersebut.

Bahkan tidak hanya mendengar saja. Kala membaca buku atau artikel pun kerap kali saya menemui tulisan tersebut. Misal saja ketika membaca di bagian kata pengantar sebuah buku, sering penulis menuliskan kalimat tersebut. Terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

Jawab :

Memang kita sering menjumpai lafazh alhamdulillah hirobbil alamin. Baik dengan langsung mendengarnya maupun juga melihatnya.

Banyak orang sering melafazhkannya. Baik itu di dalam pembicaraan santai sehari-hari maupun dalam pidato atau ceramah.

Perbincangan antar anggota keluarga, saudara, tetangga dan bahkan orang yang baru dikenal pun tidak jarang mengucapkan lafazh ini.

Di dalam pidato para tokoh masyarakat pun juga begitu. Dalam pidato mereka sering kali di awali dengan lafazh itu.

Bahkan di dalam isi pidatonya pun kadang berkali kali lafazh itu diucapkan. Apalagi di dalam ceramah pengajian. Sang nara sumber atau ustadz biasanya amat lebih sering mengucapkan lafazh itu.

Di dalam berbagai tulisan pun tidak kalah banyak dijumpai. Sebagaimana yang anda sebutkan tadi. Memang sering kali di bagian kata pengantar sebuah buku, penulis menuliskan kalimat tersebut. Di dalam artikel pun juga sering ditemui tulisan itu.

Bahkan tulisan ini juga kadang terdapat di banner, spanduk, undangan, brosur, dan sebagainya. Isinya tentang ucapan syukur atas sebuah keberhasilan atau kesuksesan yang diraih oleh suatu perusahaan, lembaga, yayasan, atau perseorangan. Pada intinya, tulisan alhamdulillah hirobbil alamin sering kita membacanya.

Nah, berkaitan tentang pertanyaan anda yaitu bagaimana tulisan arab alhamdulillah hirobbil alamin yang benar dan artinya ? Langsung saja kita simak tulisan arabnya di bawah ini.

download tulisan arab alhamdulillah hirobbil ‘alamin

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Untuk lebih tepatnya, kita tulis latinnya menjadi alhamdulillahirabbil ‘aalamiin. Kemudian untuk artinya adalah segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Dengan telah mengetahui tulisan arab dan artinya semoga bertambahlah kebaikan untuk kita.