Yaumul Hasyr

Diposting pada
1.5/5 - (22 votes)

Definisi Hasyr

Hasyr atau Mahsyar adalah suatu tempat di akhirat yang sangat luas. Yaumul Hasyr merupakan saat terjadinya peristiwa di mana semua makhluk, terutama manusia dikumpulkan dan akan dihisab serta diberi keputusan oleh Allah tentang semua amalan yang dikerjakan ketika hidup di dunia.

Mahsyar terjadi setelah manusia dibangkitkan dari kematian. Di tempat itulah manusia akan merasa berat dan lama menanti pengadilan dari Allah yang Maha kuasa. Pada hari itu, semua manusia dikumpulkan dan diadili oleh Allah swt. dengan seadil-adilnya. Hari itu juga disebut hari pembalasan yang hakiki. Allah swt. Berfirman

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.” (QS. Al-Kahfi: 47).

Allah swt. Berfirman

يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا ۚ أَحْصَاهُ اللَّهُ وَنَسُوهُ ۚ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ

Artinya: “Pada hari itu mereka semua dibangkitkan Allah, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah menghitung (mencatat) semua amal perbuatan itu padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.” (QS. Al-Mujadilah : 6).

Allah swt. Berfirman

وَيَوْمَ نَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا ثُمَّ نَقُولُ لِلَّذِينَ أَشْرَكُوا أَيْنَ شُرَكَاؤُكُمُ الَّذِينَ كُنْتُمْ تَزْعُمُونَ

Artinya: “Dan (ingatlah) hari yang di waktu itu Kami menghimpun semuanya, kemudian Kami berkata kepada orang-orang musyrik, “Di manakah sembahan-sembahan kamu yang dulu kamu katakan (sekutu-sekutu Kami)?” (QS Al An’am: 22)

Pengertian Yaumul Hasyr

Pengertian Yaumul Hasyr ternyata masih banyak yang tidak mengetahuinya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang belum mengetahui atau belum paham mengenai Yaumul Hasyr, simak uraian berikut. Hasyr sendiri berasal dari kata hasyara atau yahsyiru atau Hasyran yang artinya mengumpulkan. Maksudnya yaitu Allah SWT akan mengumpulkan semua atau seluruh insan ciptaan-Nya. Mulai dari Nabi Adam as sampai insan yang tercipta terakhir, semuanya Akan dikumpulkan. Pengumpulan ini bertujuan untuk menunggu giliran adanya pemanggilan dari Allah SWT

Sebagai umat Muslim, kita diwajibkan percaya akan adanya hari selesai atau yang biasa disebut dengan kiamat. Hal ini sesuai dengan salah satu rukun iman, dimana setiap umat Muslim harus beriman kepada hari akhir. Ketika seluruh insan dikumpulkan, semuanya akan dipanggil satu per satu demi mempertanggungjawabkan amal perbuatannya di dunia. Baik amal baik ataupun amal buruk, insan akan diadili seadil-adilnya. Pada hari itu, seluruh umat insan akan dikumpulkan menjadi satu di satu tempat. Tempat yang sempurna berada di bawah terik matahari dengan terik yang sangat panas.
Pada hari itu semua insan yang dikumpulkan akan merasa kepanasan dan kemudian akan berkeringat. Bahkan sebab begitu panasnya, beberapa ada yang karam oleh keringatnya sendiri. Namun tidak termasuk orang-orang yang soleh, yaitu orang-orang yang taat kepada perintah Allah SWT.
Orang-orang soleh akan bernaung dari teriknya matahari oleh kuasa Allah SWT. Pada hari itu juga, insan akan melihat insan lain diadili oleh Allah SWT. Pengertian Yaumul Hasyr ini penting untuk diketahui oleh seluruh umat Muslim. Penjelasan ini merupakan citra dimana insan tidak hanya akan hidup di dunia saja.
Pada hari dikumpulkannya seluruh insan tersebut, seluruh insan akan menjadi saksi di mana insan lain akan diadili sesuai dengan amal perbuatannya. Bagi orang-orang yang mempunyai amal-amal baik, maka wajahnya akan tampak berseri. Namun bagi orang yang mempunyai amal-amal jelek maka wajahnya akan tampak kusam. Manusia dengan amal jelek akan menampakkan penyesalan atas perbuatannya di dunia. Berikut ini ada beberapa firman Allah SWT mengenai hari akhir:
“Dan ingatlah pada hari di mana Kami perjalankan gunung-gunung dan kau akan melihat bumi tampak rata dan Kami kumpulkan seluruh insan dan tidak Kami tinggalkan satu orang pun dari kalian.” (Q.S Al-Kahfi: 47)
“Sesungguhnya di hari yang demikian tersebut akan ada pelajaran bagi orang-orang yang takut pada azab akhirat, yaitu hari ketika seluruh insan dikumpulkan dan hari itu ialah hari yang disaksikan oleh semua makhluk.” (Q.S Hud: 103)
“Pada hari dimana seluruh insan dibangkitkan oleh Allah, kemudian diberitakan-Nya kepada seluruh insan wacana apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan, mencatat amal perbuatan mereka, padahal mereka (seluruh manusia) telah melupakannya dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.” (Q.S Al-Mujadalah: 6)
Secara garis besar, pengertian dari Yaumul Hasyr yaitu hari dimana seluruh insan dikumpulkan sehabis hari bangkit. Pengumpulan tersebut dilakukan di Padang Mahsyar yaitu daerah yang berada sempurna di bawah terik matahari yang sangat panas. Pada dikala itu juga seluruh insan akan mendapat buku catatan berisi amalan-amalannya selama hidup di dunia. Sekian ulasan mengenai pengertian Yaumul Hasyr, biar sanggup bermanfaat.