Aksara Murda

Aksara Murda

Aksara Murda

Aksara Murda, dikenal juga sebagai Aksara Jawa Murda merupakan huruf khusus yang ada dalam huruf jawa, untuk aksara murda hanya ada 7 buah diantaranya yaitu Na, Ka, Ta, Sa, Pa, Ga dan Ba. Fungsi aksara murda layaknya seperti huruf kapital, hanya dipakai untuk menulis nama orang penting atau terkenal dan juga tempat ataupun daerah yang terkenal atau besar.

Aksara Murda

penulisan aksara murda dapat hanya di depan saja, atau juga dapat di keseluruhan kata yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan juga sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya (Huruf Kapital). Aksara ini hanya mempunyai 8 huruf saja, dan jika ingin menulis huruf selain huruf demikian maka gantinya adalah Aksara Jawa. Tulisan ini juga berkerabat dekat sekali dengan aksara Bali.


Aksara Murda Kanggo Nulis

Dalam sehari-hari, penggunaan aksara Jawa dan juga Murda umum digantikan dengan huruf Latin yang pertama kali dikenalkan Belanda abad ke-19. Aksara Jawa resmi dimasukkan dalam Unicode versi 5.2 sejak 2009. Walupun demikian, kompleksitas aksara Jawa hanya bisa ditampilkan dalam program dengan teknologi Graphite SIL, seperti browser Firefox dan juga beberapa prosesor kata open source, sehingga penggunaannya tidak semudah huruf Latin. Kesulitan penggunaan aksara Jawa dan juga Murda dalam media digital adalah salah satu faktor yang menyebabkan kurang populernya aksara tersebut selain di kalangan preservasionis.


Aksara Murda Yaiku

Aksara Murda iku salah siji saka jinise aksara kang ana ing jagading tata tulis Aksara Jawa. Aksara Murda tegese aksara sirah utawa aksara sesirah, ing basa Indonesia diarani huruf kapital. Aksara Murda gunane kanggo pakurmatan, tegese kanggo ngurmati. Sing lumrah aksara murda kanggo nulis jenenge wong lan jeneng apa wae, kalebu pangkat utawa kalungguhan. Tata carane nganggo aksara murda yaiku:

Aksara Murda

  1. Aksara Murda ora kena dadi sesigeging wanda, dadi ora kena dipangku lan ora kena dipasangi.
  2. Aksara Murda cukup ditulis saaksara saben satembung, kapilih kang manggon ing ngarep, yen ora ana ya aksara burine, lan sateruse
  3. Aksara Murda bisa diwenehi sandhangan
  4. Aksara Murda dijangkepi pasangan saengga bisa dadi pasangan.

Aksara Murda Cacahe

*Cacahe Aksara Murda ana 8(wolu). nanging, Aksara Murda Nya wis ora lumrah panggonane ing jaman saiki. mula ora salah yen ana sing ngarani aksara murda iku cacahe ana 7(pitu).


Contoh Tulisan Aksar Murda

Jadi misalkan kita di sini akan menuliskan nama negara yaitu Indonesia. Penulisan normal dalam aksara jawa bisa ditulis :

Aksara Murda

Untuk penggunaan aksara murda sendiri tidak harus selalu ditempatkan di awal huruf, karena bisa jadi kata yang akan kita tulis huruf awalnya tidak termasuk dalam aksara murda. Nah, jika kita mendapati hal demikian maka kita bisa menempatkannya di huruf selanjutnya. Seperti kata=Indonesia, baru memiliki murda di huruf=Ne. Sedangkan kata=Eropa baru memiliki murda di  huruf=Pa.


Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai Aksara Murda : Yaiku, Kanggo Nulis, Jawa, Cacahe, Translite, Pengertian, Ciri, Pertanyaan, Sing nduweni, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.