Apatride Adalah

Diposting pada

Apatride Adalah

Apatride berasal dari kata a yang artinya tidak dan patride yang artinya kewarganegaraan. Jadi menurut istilah, Apatride ialah orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan. Apatride ini dapat dialami oleh orang yang dilahirkan dari orang tua yang negaranya menganut asas ius soli di negara atau dalam wilayah negara yang menganut asas ius sanguinis. Orang tersebut tidak mendapat kewarganegaraan orang tuanya karena tidak lahir di dalam wilayah negara orang tuanya, dan juga tidak mendapatkan kewarganegaraan dari negara tempat ia dilahirkan karena ia lahir dari orang tua yang bukan warga negara tempat ia dilahirkan itu.

Apatride terjadi jika seorang anak yang negara orang tuanya menganut ius soli lahir di negara yang menganut ius sanguinis. Untuk mencegah apatride, UU No. 62 Tahun 1958 pasal (10) huruf (f) menyatakan bahwa anak yang lahir di wilayah Indonesia selama orang tuanya tidak ketahui adalah warga negara Indonesia.

Misalnya ialah : Seorang keturunan bangsa A (Ius Soli) lahir di negara B (Ius Sanguinis) Maka orang tersebut bukan warga negara A maupun warga negara B.

Contoh kasus :

  1. Agus dan Ira merupakan status suami dan istri dari Negara B Ius Soli. Mereka tinggal di Negara A yang berasas Ius Sanguinis. lalu Budi anak mereka lahir, menurut Negara A, Budi ini tidak diakui sebagai warga negara A, sebab orang tua bukan warga negara. Demikian juga menurut Negara B, Budi tidak diakui sebagai warga negara, karena budi lahir di wilayah lain. Dengan demikian Budi tidak mempunyai kewarganegaraan atau Apatride .
  2. Jennifer Lopez mempunyai darah keturunan bangsa Latin ( Brazil ) , akan tetapi ia lahir di Belanda . Jadi Jennifer tidak mempunyai status kewarganegaraan dari kedua Brazil dan warga Belanda . Brasil juga tidak mengakui Jennifer Lopez sebagai warga negara karena ia lahir di luar negara Brazil . Dan dia bukan warga negara Belanda , karena ia tidak mempunyai darah atau keturunan bangsa Belanda .

Bipatride

Bipatride berasal dari kata bi yang artinya dua dan patride artinya kewarganegaraan. Jadi, Bipatride ialah orang-orang yang mempunyai kewarganegaraan rangkap (ganda). Bipatride ini dapat dialami oleh orang yang dilahirkan oleh orang tua yang negaranya menganut asas ius sanguinis di dalam wilayah negara yang menganut asas ius soli.

Oleh negara asal orang tuanya orang itu dianggap sebagai warga negara karena ia merupakan keturunan dari warga negaranya. Sedang oleh negara tempat dimana orang itu lahir, ia juga dianggap warga negara karena ia lahir dalam wilayah negara yang bersangkutan. Jadi, orang itu berkewarganegaraan rangkap, yaitu kewarganegaraan negara asal orang tuanya dan juga kewarganegaraan negara tempat ia dilahirkan.

Bipatride terjadi jika seorang anak yang negara orang tuanya menganut ius sanguinis lahir di negara lain yang menganut asas ius soli maka kedua negara tersebut menganggap bahwa anak tersebut ialah sebagai warga negaranya. Setelah usia 18 tahun atau telah menikah apabila punya lebih dari satu kewarganegaraan (bipatride) maka harus memilih salah satu.

Kasus kewarganegaraan ganda ini dalam realitas empiriknya adalah kelompok status hukum yang tidak baik karena ini bisa mengacaukan keadaan kependudukan kedua negara ini. Untuk mencegah bipatride maka UU No. 62 Tahun 1958 pasal 7 menyatakan bahwa seorang perempuan asing kawin dengan laki-laki WNI bisa mendapat kewarganegaraan Indonesia dengan catatan dan syarat dia harus meninggalkan kewarganegaraan asalnya.

Misalnya : Seorang keturunan bangsa C (Ius Sanguinis) dan lahir di negara D (Ius Soli). Sehingga karena ia keturunan negara C, maka dianggap warga negara C, akan tetapi negara D juga menganggapnya sebagai warga negara, karena ia ter lahir di negara D.

            Contoh :

  1. Adi dan Ani merupakan suami dan istri dengan status warga Negara A Ius Sanguinis, akan tetapi mereka berdomisili di Negara B yang menganut prinsip Ius Soli. Lalu mereka melahirkan anak yang bernama Dani. Menurut Negara A, Dani merupakan warga negara, karena mengikuti kewarganegaraan orang tua mereka. Menurut Negara B, Dani juga warga negara, karena tempat kelahirannya ialah di Negara B. Sehingga Dani mempunyai status kewarganegaraan ganda atau Bipatride.
  2. Ayah Bao Cun Lai merupakan seorang Cina, Tapi Bao Cun Lai lahir di negara Inggris. Jadi dia mempunyai kewarganegaraan ganda, yang merupakan adalah warga negara Inggris yang menerapkan prinsip kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran, serta warga China yang menganut prinsip bahawa kewarganegaraan berdasarkan hubungan darah .

APATRIDE, BIPATRIDE DAN MULTIPATRIDE

Contoh  Apatride   : Seorang anak dari orang tua warga Negara X yang menganut  ius   soli   yang dilahirkan di Negara Y yang menganut   ius  sanguinis   tidak memperolehkewarganegaraan baik Negara X (KArena tidak lahir  negarannya sana) maupunkewarganegaraan Y (karena bukan merupakan keturunan warga Negara tersebut).AKibatnya anak tersebut tidak mempunyai  kewargangeraan (Aptride)

Contoh  Bipatride   : seorang keturunanbangsa Y ( ius   sanguinis ) telah lahir diNegara X ( ius   soli ). Oleh karena ia keturunan bangsa Y maka dianggapsebgai warga Negara Y. namun, Negara X juga menganggap warga negaranyakarena berdasarkan tempat lahirnya. Sehingga anak tersebut memiliki kewarganegaraan ganda.

Bipatride merupakan istilah untuk seseorang yang mempunyai 2 kewarganegaraan.

Hal ini bisa terjadi karena anak tersebut lahir dari orang tua yang negaranya menganut paham Ius Sanguinis, tetapi dia lahir di negara yang menganut pahamIus Soli(Kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran).

Apatride merupakan istilah untuk seseorang yang tidak mempunyai kewarganegaraan.

Hal ini terjadi karena orang atau anak tersebut lahir dari orang tua yangberasal dari negara penganut paham Ius Soli, akan tetapi dia dilahirkan di negarayang menganut paham Ius Sanguinis.

Multipatride merupakan istilah untuk orang yang memiliki lebih dari 1 atau banyak kewarganegaraan.

Misalnya ada seorang anak yang orangtuanya berasal dari negara yang menganut paham Ius Soli dan juga Ius sanguinis, akan teapi dia dilahirkan di negara netral atau yang tidak menganut kedua pahamtersebut.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Apatride Adalah : Bipatried, Multipatride, Pengertian, Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.