Ar Rahim Artinya

Diposting pada
4.1/5 - (7 votes)

Ar Rahim Artinya

Pengertian Asmaul Husna

Asmaul husna ada dua kata singkat tetapi memoliki makna yang dalam dan luas , Asmaul Husna adalah nama nama baik dan indah bagi Allah Swt, didalamnya mengandung sifat sifat kesempurnaan , kemuliaan dan keagungan Allah  Swt , para ulama telah banyak menulis buku yang membahas dan menggali makna yang terkandung dalam Asmaul Husna, hal ini menunjukkan betapa Asmaul Husna mengandung samudra nilai yang penting.

Ketika kita meminta sesuatu hajat kepada Allah , kita panggil Allah dengan Asmaul Husna yang menunjukan bahwa Allah bisa mengabulkan permintaan kita karena memang Allah Swt memiliki hal tersebut, misalnya :

Ketika meminta rezeki dalam doa kita , kita panggil allah swt dengan asmaul husna Ya Rozzzaq (wahai dzat yang maha pemberi rezeki) Ya Ghoni ( wahai dzat maha kaya) Ya Mughni (wahai yang maha memakmurkan )

Di samping itu dalam masyarakat islam  ketika memberi nama anak yang baru lahir, sangat baik dan sangat di anjurkan jika memberi nama anak tersebut dengan asmaul husna  yang memiliki arti dan makna yang bisa di teladani manusia , tentu dengan syarat di depan asmaul husna tersebut diawali dengan kata ‘abdun , yang artinya hamba Allah , misalnya abdur Rahim (hamba dzat yang maha pengasih ). dan lain sebagainya .


Pengertian Ar-Rahim (Maha Penyayang)

Ar-Rahim artinya pelaku rahmat yang sangat penyayang kepada orang yang beriman, yang memberikan rahmat secara khusus kepada orang beriman di akhirat, (khusus bagi orang muslim).

Didalam surat Al-Fatihah: 3

Didalam surat Al-Baqoroh: 143

Didalam surat Asy-Syuaraa’: 191

وَإِنَّ رَبَّكَ لَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ

Artinya: “Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.”

Khasiat Ar-Rohim: Membacanya sebanyak 100 kali setelah sholat shubuh maka dia akan mendapatkan kasih sayang dari semua makhluq.

Lafazd ar-rahim diulang dalam al-qur’an lebih dari 90 kali.


Wujud Ar-Rahim-Nya:

  • Allah adalah Dzat yang paling mengasihi, didalam surat Al-A’raaf: 151
  • Allah adalah sebaik-baiknya penjaga dan penyayang, didalam surat Yusuf: 64
  • Allah adalah sebaik-baik Dzat yang merahmati, didalam surat al-Mu’minun: 109 dan Al-Mu’minun: 118
  • Allah adalah pemilik rahmat yang sebenarnya dan sangat luas, didalam surat Al-An’am: 133, surat Al-An’am:  147, dan surat Al-Kahfi:58

 Khasiatnya :


  • Membangkitkan daya tarik yang luar biasa

Jika anda rutin mewiridkan kalimat ” Yaa Rahim ” setiap hari minal 100x setelah sholat wajib maka tubuh anda akan memancarkan aura positip yang menimbulkan daya tarik bagi setiap orang yang dekat dengan anda. Aura positip itu akan melunturkan dan meluluhkan hati orang yang semula berniat buruk pada anda. Orang disekitar anda merasa tertarik dan sayang pada anda , mereka selalu berusaha menyenangkan hati anda.

Sebaiknya wirid kalimat ar-Rahim selalu digandengkan dengan ” ya Rahman” karena kedua asma’ulhusna ini memiliki karakter yang sama, sehingga pengaruhnya akan saling memperkuat. Insya Allah anda akan mendapat banyak kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang disekitar anda, yang selanjutnya akan memperlancar urusan bisnis dan usaha anda.


  • Menarik hati seseorang

Jika anda hendak memikat dan menarik hati seseorang dengan tujuan yang positip, misalnya melobi rekan bisnis, atasan atau pejabat yang mengambil keputusan terhadap proposal atau barang dagangan yang anda tawarkan, bacalah kalimat “Ar –rahim tersebut sebanyak banyaknya setiap selesai sholat, 300x, 500x atau 700x.

Lakukan tehnik penahanan napas ketika membaca kalimat “Ar Rahiim”, dan baca do’a agar apa yang anda inginkan disetujui ketika menghembuskan napas. Lakukan sampai hajat dan apa yang anda inginkan terkabul. Jika anda belum juga mendapatkan apa yang anda inginkan tetaplah bersabar dan istiqomah, serahkan keputusannya pada Allah, Dia pasti memilihkan yang paling baik bagi anda.


  • Memikat pria/wanita idaman

Amalan wirid seperti diatas (b) juga bisa digunakan untuk memikat hati wanita/pria idaman. Lakukan sholat istikharah 2 rakaat selama beberapa malam berturut-turut hingga anda mendapat ketetapan hati. Selesai sholat baca wirid yaa rahman sebanyak 300, 500 atau 700x, lakukan tehnik penahanan napas ketika membaca asma’ulhusna, dan ketika menghembuskan napas baca do’a:” Ya Allah jika dia (sebut nama wanita/pria yang anda idamkan) cocok untuk agama, kehidupan dunia dan akhirat hamba jadikanlah hati kami saling tertarik dan mengasihi.

Mudahkan urusan perjodohan kami dengan semudah-mudahnya, jadikan semua pihak ridho dengan hubungan kami” . Lakukan wirid ini dengan sabar, serahkan putusannya pada Allah. Jika kenyataan yang terjadi ternyata berlawanan dengan do’a yang anda ucapkan berarti dia tidak cocok untuk anda , dan yakinlah Allah akan mengganti dengan yang lebih baik. Wirid Ar-Rahiim ini juga akan membebaskan anda dari rasa cinta yang berlebihan dan bayangan kekasih anda yang terus membayang sehingga menimbulkan kerinduan yang membabi buta yang dapat berakibat buruk bagi anda.


  • Dicintai dan disayang Allah didunia dan akhirat

Mewiridkan kalimat “Ar-Rahim ” ini setiap hari secara rutin akan menimbulkan sifat rahim didalam diri pelaku. Sama seperti Ar-Rahman wirid Ar Rahim juga akan menghilangkan watak buruk seperti pemarah, pendendam, dengki, curang, khianat dan lain sebagainya. Sebaiknya wirid kalimat Ar-Rahim selalu digandengkan dengan Ar-Rahim karena kedua Asma’ ini akan saling bantu menanamkan sifat kasih sayang pada diri anda, yang pada akhirnya juga akan menambah kecintaan Allah pada anda didunia maupun diakhirat.


Definisi dan Penjelasan Ar Rahim

Asma Allah Ar Rahim artinya Yang Maha Penyayang. Yakni kasih sayang Alah khusus untuk orang-orang yang khusus. Kasih sayang Allah (Ar Rahman) Untuk orang-orang khusus jauh lebih banyak jumlahnya baik di dunia dan di akhirat terkhusus untuk orang yang beriman dan beramal shaleh. Sebagaimana termakhtub dalam kalamNya, Allah SWT berfirman yang artinya :
Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman”. (QS. Al ahzab :43)
Ibnu Qayim Al Jauziyah dalam perspektif lain memaknai Ar-Rahman merujuk pada sifat dzakiyah yakni sifat permanen yg melekat pada Allah. Dengan kata lain, Arahman sifat kasih sayang yang sempurna dan mutlak yang hanya dimiliki oleh Allah Swt.  Sehingga seringkali dalam Al Quran nama Allah diganti dengan nama Arrahman dan atau Ar rahman dan Arrahim bersanding secara sejajar. Sebagaimana  firman Allah dalam QS. Al isra: 110, yang artinya:
Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.”
Sifat Ar Rahim merupakan sifat fi’liyah menunjukkan aktivitas yang menunjukkan kasih sayang, sehingga dapat dimiliki manusia dengan kadar tingkatan yang berbeda.  bisa dimiliki oleh makhluknya. Karena manusia memiliki potensi dan kemampuan untuk merepresentasikan kasih sayangnya lewat perkataan, perbuatan, dan amal-amal nyata. Rasulullah SAW adalah Salah satu makhluk yang diberi rahmat reprentasi dari sifat Ar Rahim. Allah berfirman yang artinya:
“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin”. (QS. At Taubah : 128).