Contoh dari norma kesopanan didalam kehidupan sehari-hari yakni?
Jawaban : Tak membuang ludah sembarangan
Norma Kesopanan Dalam Masyarakat
Apa itu norma kesopanan? Pengertian Norma Kesopanan atau sopan santun adalah serangkaian aturan tentang tingkat laku yang bersumber dari budaya,
adat istiadat, atau tradisi di suatu wilayah yang berkembang dalam pergaulan anggota masyarakat dan dianggap sebagai tuntunan dalam berinteraksi antar sesama.
Norma kesopanan bersifat relatif karena setiap tempat, lingkungan, dan waktu memiliki kategori norma kesopanannya sendiri.
Sesuai dengan pengertian norma kesopanan di atas, maka norma ini wajib diimplementasikan untuk mendapatkan keteraturan di dalam masyarakat.
Sopan santun sangat perlu dan penting menjadi budaya wajib yang harus dimiliki, baik di tengah masyarakat maupun organisasi.
Tanpa sopan santun atau lebih sering disebut etika kerja, maka dapat menyebabkan terjadinya perselisihan antar anggota organisasi.
Norma kesopanan adalah peraturan hidup atau nilai-nilai yang diatur oleh agama maupun adat-istiadat masyarakat.
Norma kesopanan merupakan pedoman yang mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia yang ada di sekitarnya.
Norma kesopanan merupakan norma yang bersumber pada budaya masyarakat. Pelanggaran terhadap norma ini tidak menimbulkan efek sosial yang besar.
Misalnya, perlakuan seorang anak terhadap orang tua dan tata cara berpakaian seseorang perempuan dewasa saat keluar rumah.
Pelanggaran terhadap norma ini akan kembali kepada diri si pelakunya sendiri, yaitu berupa perasaan malu dan menjadi sungkan terhadap orang di sekitarnya.
Contoh Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari-hari, yaitu:
- Mengucapkan salam ketika bertamu ke rumah orang lain.
- Mencium tangan orang tua ketika ingin berangkat ke sekolah.
- Sopan santun saat bertamu ke rumah orang.
- Tidak membuang sampah di sembarang tempat.
Norma Kesopanan Dalam Lingkungan Kerja
Sesuai dengan pengertian kesopanan diatas, maka norma kesopanan ini dapat diimplementasikan secara sederhana di lingkungan kerja diantaranya seperti:
-
Tidak bicara atau tertawa terlalu keras
Kantor adalah tempat untuk bekerja dan membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan.
Oleh karena itu, sebaiknya seorang manajer memberikan aturan kepada pekerja agar tidak berbicara atau tertawa terlalu keras, karena dapat mengganggu sesama rekan kerja.
Apalagi jika hal ini dilakukan oleh pekerja yang masih muda kepada pekerja yang lebih tua, maka akan terlihat adanya ketidaksopanan.
Meskipun sepele, namun jika hal ini dibiarkan justru akan membuat image buruk bagi perusahaan jika sewaktu-waktu mendapatkan kunjungan client atau konsumen.
-
Tidak saling membicarakan kejelekan orang lain di tempat kerja
Seorang manajer berhak membuat aturan untuk melarang karyawan membahas hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan apalagi “menggosip”.
Hal ini bertujuan untuk menghindari pekerjaan-pekerjaan yang tidak terselesaikan akibat karyawan terlalu sering membicarakan orang lain.
Manajer bisa mengatasi hal ini dengan meminta karyawan untuk terbuka jika terjadi permasalahan dengan karyawan lain.
-
Menghormati yang lebih tua
Jika Anda seorang manajer yang masih muda dan memiliki bawahan dengan kategori usia yang lebih tua dari Anda, sebaiknya Anda tetap menjaga sikap sopan santun ketika berinteraksi dengan orang tersebut.
Misalnya ketika tidak sengaja bertemu, maka sedikit membungkuklah sebagai bentuk penghormatan meskipun jabatan Anda lebih tinggi dari mereka. Karena norma sopan santun lebih mengenal usia daripada jabatan.
-
Sopan santun dalam bersikap
Sopan santun dalam bersikap memiliki cakupan yang luas. Sopan santun seperti ini sebenarnya sulit untuk diberikan peraturan tertulis di kertas sehingga memerlukan kesadaran secara pribadi dari pihak yang bersangkutan.
Misalnya ketika sedang rapat kerja, biasakan untuk tidak saling memotong pembicaraan orang lain jika orang tersebut belum selesai berbicara.
Selain itu bisa juga ditunjukkan dengan sikap tidak mengambil apapun dari meja rekan kerja tanpa sepengetahuan dan seijin dari yang rekan Anda.
-
Menjaga kebersihan lingkungan kerja
Walaupun di perusahaan biasanya tersedia pegawai khusus untuk membersihkan kantor, namun sebaiknya memiliki kesadaran untuk bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan kerja.
Paling tidak dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
Baca Juga;
- Soal Tema 7 Kelas 2
- Norma kesusilaan yakni salah satu jenis norma didalam lingkungan masyarakat yang asalnya dari?
- Seseorang yang bisa melakukan pelanggaran kepada norma kesusilaan bisa mendapatkan?
- Norma kemudian sanksi yang bisa diberikan pada pelanggar yang didapatkan dari Allah SWT bisa memperoleh dosa ialah pengertian dari?