√ Difraksi Cahaya : Fungsi Beserta Contohnya

Diposting pada

Apabila seberkas cahaya monokromatis dilewatkan pada kisi maka pola difraksi yangdihasilkan pada layar berupa garis terang dan gerais gelap yang silih berganti. Pola difraksi yang dihasilkan oleh kisi jauh lebih tajam dibandingkan pola interferensi celah tunggal ganda yang ditunjukkan oleh Young. Makin banyak celah pada sebuah kisi yang memiliki lebar sama, makin tajam pola difraksi yang dihasilkan pada layar


  1. Difraksi Maksimum

Pada layar akan tampak garis-garis teang atau interferensi maksimum apabila beda lintasan yang dilewati oleh cahaya yang datang dari dua celah yang berdekatan 0, , 2, 3, … atau bilangan cacah kali panjang gelombang.

√ Bunyi Hukum Coulomb : Beserta Contohnya

Beda lintasannya

Dengan demikian pola difraksi maksimum utama pada kisi menjadi dengan m = orde dari difraksi dan d adalah jarak antarcelah atau tetapan kisi.

  1. Difraksi Minimum

Minimum pertama sesudah maksimum utama terjadi apabila

dengan N = banyaknya celah kisi yang digunakan. Berikutnya

Misalnya, untuk N = 3 celah diperoleh

Titik A diartikan minimum. Pada minimum ini terdapat maksimumkecil yangdisebut maksimum sekunder. Contoh berikut, untuk N banyak celah diperoleh

√ Hukum Kekekalan Momentum : Pengertian Beserta Contohnya

Perlu Anda ketahui maksimum sekunder yang sangat banyak di antara maksimum utama, intensitasnya sangat kecil dan tidak teramati. Apabila difraksi digunakan cahaya putih atau cahaya monokromatik maka pada layar akan tampak spektrum warna dengan terang pusat berupa warna putih.


Cahaya merah dengan panjang gelombang terbesar mengalami lenturan atau pembelokan paling besar, cahaya ungu mengalami lenturan terkecil karena panjang gelombang cahaya ungu kecil. Setiap orde difraksi menunjukkan spektrum warna.


Daya Urai Optik

Apa yang dimaksud dengan daya urai optik? Anda mungkin pernah melihat alat-alat oprik seperti teropong, lup, dan mikroskop memiliki kemampuan untuk memperbesar bayangan benda. Akan tetapi, perbesaran yang dihasilkannya sangat terbatas.

Rumus Gerak Melingkar Posisi Sudut


Apa yang membuat perbesarannya terbatas? Karena kemapuan perbesaran alat-alat optik itu selain selalu dibatasi oleh daya urai lensa juga oleh pola defraksi yang terbentang pada bayangn benda itu. Pola defraksi yang terbentuk oleh sebuah celah atau


lubang yang bulat terdiri dari bintik-bintik terang pusat yang dikelilingi terang dan gelap. Betrikut adalah gambar dari uraian pola tersebut.

Keterangan Gambar:

Jari-jari lingkaran terang ( r ) yang terbentuk dapat diartikan sebagai daya pisah pola difraksi yang terbatas. Daya urai dari celah lingkaran dapat ditentukan dengan persamaan sebagai berikut.

adalah panjang gelombang cahaya yang dipergunakan. Untuk sudut kecil tangen suatu sudut sama dengan sinus sudutnya. Dari gambar di atas diperoleh

Kedua bayangan jelas terlihat terpisah karena maksimum utama pola difraksinya terpisah. Suut terkecil agar kedua bayangan benda masih dapat terlihat terpisah disebut sudut resolusi atau sudut pisah. Perhatikan gambar berikut.

√ Arus Bolak Balik : Resistor, Induktor, dan Kapasitor dalam Rangkaian AC

Menurut kriteria Reighley jarak antara kedua maskimum tersebut paling kecil sama dengan jejari lingkaran terang. Jadi, maksimum yang kedua jatuh pada minimum yang pertama atau Jarak sudut antara kedua pusat. Perhatikan gambar berikut.

√ Hukum Fluida : Archimedes, Pascal, Hidrostatis