√ Menghilangkan Sifat Kemagnetan : Pengertian dan Contohnya

Diposting pada

Pendahuluan

Sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana membuat magnet dengan menggunakan beberarapa cara. Sekarang, kita akan mempelajari bagaimana menghilangkan sifat kemagnetan sebuah benda. Magnet dapat rusak atau hilang sifat kemagnetannya. Penyebab hilangnya sifat kemagnetan antara lain dengan cara dipukul-pukul dengan palu, dipanaskan atau dibakar, dan dialiri arus listrik bolak-balik (AC).

  1. Dipukul dengan Palu Magnet yang dipukul dengan palu akan mengakibatkan magnet tidak beraturan. Ini mengakibatkan magnet kehilangan sifat magnetnya.
  2. Dipanaskan atau Dibakar Apabila kita membakar magnet, magnet akan cepat kehilangan sifat magnetnya. Hal ini disebabkan magnet kecil bertambah getarannya yang mengakibatkan magnet kecil tidak beraturan letaknya.
  3. Dialiri Arus Bolak-Balik (AC) Cara yang terbaik untuk menghilangkan sifat magnet suatu bahan adalah dengan menggunakan arus bolak-balik (AC). Dengan menempatkan magnet ke dalam solenoida yang dihubungkan dengan arus bolak-balik (AC), magnet secara perlahan akan berpindah mengikuti aliran listrik bolak-balik dalam solenoida.

demikianlah artikel dari dosenmipa.com mengenai Menghilangkan Sifat Kemagnetan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.