Sinopsis Novel Si Anak Pelangi

Diposting pada
Rate this post

Sinopsis Novel Si Anak Pelangi

Hal Menarik dan Sinopsis Novel Si Anak Pelangi

Penulis terkenal Tere Liye kembali membuat karya novel serial yaitu Serial Anak Nusantara. Buku ke-7 dari kumpulan kisah anak-anak ini berjudul Si Anak Pelangi. Dilihat dari sinopsis novel Si Anak Pelangi, buku setebal 365 halaman ini cocok untuk dibaca oleh segala usia.

Cerita novel Si Anak Pelangi tidak kalah seru dengan dengan Serial Anak Nusantara lainnya. Kisahnya dibuat berbeda tentunya dengan alur cerita yang menarik.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Si Anak Pemberani

Sinopsis Novel Si Anak Pelangi

Novel yang diterbitkan pada tahun 2021 ini menceritakan tentang seorang anak yang bernama Rasuna. Tokoh utamanya seorang gadis cilik nan cantik yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Dalam kesehariannya Rasuna sering dipanggil Ras oleh orang sekitarnya.

Ras dikenal dengan karakter dengan hati yang baik, rajin bekerja dan begitu menyukai aktivitas pencak silat.  Ia tinggal di lingkungan yang beragam seperti di rumah, sekolah, hingga pasar. Kisah perjalanan keberagaman itu nyatanya membuat hidup lebih bermakna dan indah.

Suatu hari Rasuna dan teman-temannya disekolah kedatangan siswa baru berasal dari Papua. Anak berkulit gelap itu bernama Yose. Dan dia pun memperkenalkan dirinya dengan sebutan Yose Hitam.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Pukat

Tapi kebaikan hati Rasuna membuatnya menolak sebutan tersebut. Ras beranggapan bahwa seseorang tidak boleh dipanggil karena perbedaan, suku, keturunan, warna kulit atau ciri fisik lainnya. Kisah lain juga terjadi dengan seorang pemilik Hotel Bintang Seribu yang berbeda karena agama dan warna kulitnya.

Suatu waktu diceritakan tentang kisah atlet lomba lari. Bahwa Rasuna sejak masih kecil sudah memiliki sifat saling menolong. Lomba lari tersebut mendapatkan banyak apresiasi berupa tepukan tangan.

Tapi bukan tentang siapa yang menang atau kalah tapi tentang sikap saling menolong antar satu dengan yang lainnya. Bahwa membantu sesama teman lebih penting daripada sekedar mengejar kemenangan di batas finish.

Berhenti berlari dan merangkul pesaing yang terjatuh. Kemudian berlari bersama untuk menuju garis fisnish. Menjadi pemandangan indah yang sarat akan pesan yang begitu indah.

Pemenang sejati tidak pernah datang terlambat walau pelari yang lain sudah menyusul lebih dulu. Penonton nyatanya lebih mengapresiasi sikap terpuji tersebut.

Lihat Juga; Sinopsis Novel “Negeri Para Bedebah”

Sifat terpuji yang tercermin dari kisah pelari ini adalah ketulusan dalam memberi sebuah pertolongan. Ketulusan dan keikhlasan dalam menolong tidak mengharap balasan dari manusia. Dan Rasuna begitu cerdas mengemasnya dalam kisah pelari ini.

Kisah berlanjut dengan munculnya konflik ketika suatu berita atau informasi datang dalam kehidupan tokoh dalam novel ini. Dimana datangnya suatu berita bohong tersebut malah membuat adanya permusuhan dan pertikaian.

Dalam hal ini Rasuna dan teman-teman diajarkan oleh sang guru ngaji Buya Syafi’i. Untuk lebih teliti lagi dalam menerima suatu informasi. Mereka diajarkan untuk selalu memeriksa kebenaran suatu informasi agar tidak berdampak pada hal-hal yang merugikan banyak orang.

Kisah berlanjut dengan keceriaan Rasuna dan teman-temannya yang tidak saling membedakan, selalu gotong royong dan saling membantu, mengaji dan belajar bersama.  Termasuk kebersamaan mereka dalam membuat sebuah gerakan “Sekolah Untuk Semua” yang menyuarakan persatuan dalam perbedaan.

Lihat Juga; Sinopsis Novel ‘SagaraS’

Salah satunya pada sosok Yose yang mengalami rasisme. Mereka bersama-sama memberi dukungan bahkan perlindungan. Mengingatkan bahwa perbedaan itu bisa tetap indah, asal bisa memaknainya dengan cara yang tepat.

Seperti warna pelangi yang terdiri dari beraneka warna yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Perbedaan itu menampakkan adanya keindahan jika dimaknai sebagai wujud dari kuasa dan keagungan Tuhan.

Pendidikan karakter sudah ditanamkan sejak dini. Rasuna dan teman-temannya menjadi bukti bahwa sifat yang baik akan bermanfaat untuk kehidupan mereka ketika dewasa. Juga akan berdampak positif bagi kehidupan orang-orang disekitarnya.

Novel ini tidak hanya mengisahkan tentang tokoh anak-anak saja. Tapi ada peran orang tua yang turut andil. Bagaimana orang tua ikut berperan dalam membentuk karakter anak dengan segala didikannya.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Bibi Gill

Kisah lain juga ada tentang keromantisan antara suami dan istri. Hubungan romantis antara Mamak dan Bapak pasti akan berdampak positif pada kehidupan Rasuna dan Damay.

Keluarga yang bahagia dan harmonis akan memberikan energi yang positif bagi setiap anggota keluarga. Emosi anak menjadi lebih baik dan siap untuk bersosialiasi dengan lingkungan di luar rumah.

Hal Menarik Novel Si Anak Pelangi

Setiap karya memiliki keunikannya sendiri. Tidak terkecuali novel Si Anak Pelangi ini. Ada beberapa hal menarik yang bisa kita dapatkan setelah membaca kisah Rasuna ini.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Lumpu

  1. Tema cerita

Tema cerita novel ini mengusung tentang perbedaan dari segala aspek. Walaupun berbeda layaknya warna pelangi, tapi tetap memiliki keindahannya tersendiri.

Perbedaan dalam novel ini tergambar lewat perbedaan ras keturunan, warna kulit yang mencolok, mata dan bentuk rambut yang berlainan. Konfliknya sangat relevan dengan keberagaman di kehidupan masyarakat Indonesia.

  1. Banyak kejutan

Setiap karya Tere Liye memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitupun novel Si Anak Pelangi ini, alur cerita mengalir dengan seru. Bumbu kelucuan di beberapa bagian justru membuat pembaca merasa terhibur.

Oleh karena itu, cerita fiksi ini akan sangat cocok dibaca oleh semua orang tanpa batasan usia. Menyenangkan untuk dibaca anak-anak, seru untuk dibaca para remaja, hingga orang dewasa.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Si Putih

  1. Gaya bahasa

Cerita dalam novel ini dikemas dengan gaya bahasa yang sederhana tapi begitu mudah dipahami oleh pembaca. Ini tentunya merupakan kelebihan tersendiri yang bermanfaat untuk pembaca. Kisah dalam buku ini begitu terasa nyata layaknya kehidupan sehari-hari. Pilihan kata dan bahasanya membawa pembaca untuk ikut larut dan merasakan alur cerita yang dibawakan.

Dalam novel ini pula, orang dewasa menyampaikan pesan lewat kisah yang dikemas dalam bentuk cerita atau dongeng. Pilihan yang sangat tepat mengingat tokoh utamanya adalah seorang anak.

Karakter tokoh dalam novel Si Anak Pelangi sangat kuat. Peran yang dimainkan begitu nyata sehingga membawa imajinasi pembaca larut dalam alur cerita.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Nebula

  1. Pesan moral

Membaca novel ini, kita akan menangkap pesan moral agar lebih selektif untuk mempercayai suatu informasi. Cari tahu kebenaran dengan pasti dan jangan hanya mengandalkan ‘katanya’. Mudah percaya dengan banyak orang membuat pikiran terombang ambing dan akhirnya mudah terhasut.

Waktu yang tepat untuk mengajarkan karakter baik pada anak adalah sedari kecil. Peran orang tua tentunya sangat berpengaruh. Bangun hubungan baik dan harmonis antara suami dan istri agar anak mendapat energi positif ketika beraktivitas di luar rumah.

Sikapilah suatu permasalahan itu dengan bijak. Hargai setiap perbedaan antar manusia karena sejatinya perbedaan itu indah jika dipahami dan dimaknai dengan tepat.

Itulah ringkasan singkat tentang sinopsis novel Si Anak Pelangi dan hal-hal menarik yang ada di dalam novel tersebut. Yang penasaran dengan alur ceritanya, kamu bisa melakukan pemesanan di berbagai toko online atau membeli langsung di toko buku terdekat di kotamu.

Lihat Juga; Sinopsis Novel Selena