Idgham Syafawi

Diposting pada
2.5/5 - (80 votes)

Pendahuluan

Melihat fenomena pada masyarakat saat ini, dimana masih banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, terkhusus pada ilmu Tajwid yang mengajarkan tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Selain itu masyarakat hanya sekedar  membaca tapi tidak mengetahui makna dan mengetahui hukum bacaan dalam Al-Qur’an tersebut.

Baca Juga ; Idzhar Halqi

Maka dari itu kami sebagai penyusun makalah ini akan membahas tentang ilmu tajwid khususnya “idgham dan isim” karena materi ini masih banyak yang belum memahaminya. Dalam materi Idgham ini juga mengandung nilai yang sangat penting dalam tata cara pembacaan Al-Qur’an karena dalam membaca Al-Qur’an Tajwid Mutlak digunakan karena didalam membaca Al-Qur’an salah penyebutan maka akan salah arti dan makna.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Idgham Bilaghunnah

Pengertian Idgham Syafawi

Bagi sebagian masyarakat, nama Idgham Syafawi mungkin tidak sepopuler nama Idgham Mimi atau Idgham Mitsli. Namun, penulis sengaja menggunakan nama Idgham Syafawi karena untuk menyelaraskan nama Syafawi di setiap hukum yang ada di bab Mim Sukun.
Secara bahasa, Idgham Syafawi terdiri dari dua kata yaitu Idgham dan Syafawi. Idgham artinya memasukkan, sedangkan Syafawi artinya bibir. Secara Istilah, Idgham Syafawi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf mim.

Baca Juga ; Ikhfa Artinya

Cara membaca hukum Idgham Syafawi adalah dengan memasukkan mim sukun ke dalam huruf mim berikutnya dan juga disertai dengan suara dengung. Atau seolah-olah mim sukun yang hilang dan mim yang berikutnya bertasydid.


Contoh-Contoh Idgham Syafawi

Contoh-contoh hukum bacaan Idgham Syafawi bisa ditemukan di banyak tempat di dalam al-Quran. Contoh hukum bacaan Idgham Syafawi hanya ada dalam bentuk dua kata atau tidak ada yang bentuk satu kata.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Idgham Bighunnah

Berikut beberapa contoh hukum bacaan Idgham Syafawi lengkap surat dan ayatnya. Kata yang terdapat hukum bacaan Idgham Syafawi diberi tanda warna merah
Contoh hukum bacaan Idgham Syafawi dalam QS Al-Baqarah ayat 10 :

فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ فَزَادَهُمُ اللَّهُ مَرَضًا ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْذِبُونَ

Contoh hukum bacaan Idgham Syafawi dalam QS Al-Baqarah ayat 19 :

Baca Juga ; Idgham Mimi

أَوْ كَصَيِّبٍ مِنَ السَّمَاءِ فِيهِ ظُلُمَاتٌ وَرَعْدٌ وَبَرْقٌ يَجْعَلُونَ أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِمْ مِنَ الصَّوَاعِقِ حَذَرَ الْمَوْتِ ۚ وَاللَّهُ مُحِيطٌ بِالْكَافِرِينَ

Contoh hukum bacaan Idgham Syafawi dalam QS Al-Baqarah ayat 20 :

يَكَادُ الْبَرْقُ يَخْطَفُ أَبْصَارَهُمْ ۖ كُلَّمَا أَضَاءَ لَهُمْ مَشَوْا فِيهِ وَإِذَا أَظْلَمَ عَلَيْهِمْ قَامُوا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَذَهَبَ بِسَمْعِهِمْ وَأَبْصَارِهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ