Al Aliy Artinya

Diposting pada
4.2/5 - (5 votes)

Al Aliy Artinya

Pengertian Kata Al Aly

Berasal dari akar kata ع, ل, ي yang artinya ketinggian, sombong, menaklukkan, mengalahkan.
Di dalam Al Quran ditemukan 11x kata asma ini. Salah satunya ada pada QS. An Nisa’: 34 sebagai berikut:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا
Baca Juga : As Syakur Artinya
“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Makna Al ‘Aliy bagi Allah:

  1. Allah Maha Tinggi dan Ketinggian Allah tidak bersifat material/ tidak ada pada suatu tempat
  2. Allah Maha Tinggi Zat-Nya dan juga Kedudukan-Nya. Pengetahuan tentang siapa Dia tidak terjangkau kecuali oleh diri-Nya
  3. Allah itu wujud (ada). Allah sudah ada sebelum apa yang diciptakannya ada

Meneladani asma ini:

  1.  Manusia hendaknya menghiasi dirinya dengan ambisi positif guna meraih kemuliaan, ketinggian, terus menerus melakukan hal-hal yang mulia lagi tinggi, menjauhi persoalan-persoalan remeh. Melakukan pekerjaan yang manfaatnya diakhirat lebih besar.
  2. Hendaknya manusia menyadari bahwa jalan menuju ketinggian (Allah) adalah jalan yang mendaki, setiap langkahnya menuntut ketegaran tekad. Sepanjang perjalanan menuju puncak akan mendapat rayuan agar membatalkannya.

Baca Juga : Al Ghafur Artinya

Definisi Al ‘Aliy

Ini adalah ungkapan yang paling sempurna dalam menunjukkan ketinggian tingkat tanpa ujung. Tidak ada sesuatu pun kecuali dia berada dalam liputan Allah SWT. Ungkapan ini dapat pula diartikan sebagai Dzat Yang Mahatinggi dari sekutu dan lawan. Dengan kata lain, tidak ada tingkatan lain di atas tingkatan-Nya, dan semua tingkatan diliputi oleh-Nya.

Keberuntungan seorang hamba dari ism ini mengharuskan ia membayangkan bahwa Allah mempunyai ketinggian yang mutlak. Karena, dalam kenyataan, tidaklah ia mencapai suatu derajat kecuali ada pula derajat lain yang lebih tinggi darinya, yaitu derajat para nabi dan malaikat. Jadi, tidak ada yang lebih tinggi kecuali ada pula yang lebih tinggi lagi darinya.

Contohnya, ketika Nabi Musa as. bertanya kepada Allah, “Adakah orang yang lebih alim dariku?” Maka dijawab oleh Allah: “Ada, yaitu wali kami, Khidhir.” Itulah yang disebutkan dalam kisah yang masyhur di dalam Alquran tersebut.

Berakhlak dengan ism ini mengharuskan Anda condong kepada semua perkara yang luhur dan menjauhkan diri dari semua perkara yang rendah (buruk, hina). Dikatakan bahwa sesungguhnya Allah itu menyukai semua perkara yang luhur dan membenci semua perkara yang buruk. Dan disebutkan dari Imam Ali karramalahu wajhah: “Ketinggian kemauan itu termasuk sebagian dari iman.”

Baca Juga : Al Azim Artinya

Khasiat Al Aly

Barangsiapa menuliskan ism ini atas seorang anak kecil, maka Allah SWT akan menyampaikannya kepada tingkat dewasanya, jika dituliskan pada seorang bujang, maka ia akan dikumpulkan dengan keinginannya, dan kalau dituliskan pada seorang yang miskin, maka ia akan mendapatkan kekayaan berkat karunia Allah SWT

Baca Juga : Al Halim Artinya