Pidato Persuasif Singkat

Diposting pada
3.5/5 - (1346 votes)

Pidato Persuasif Singkat

Pidato Persuasif Singkat 01

Assalamualaikum wr.wb
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Surakarta, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri  5 Surakarta,  dan teman – teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan.
Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.
Oleh karena itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman.
Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk.  Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.
Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr.wb

Pidato Persuasif Singkat 02

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.
Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.
Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.
Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.
Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga
Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.
Wassalamu’alaikum WrWb

Pidato Persuasif Singkat 03

Bismilllahirahmanirahim,
assalamu alaikum wr,wb
Puji dan Syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang berkat rahmat dan berkatnya kita bisa berkumpul di tempat yang mulia ini, shalawat dan salam semoga terlimpah curah kepada junjunan besar kita habibana wanabiyana Muhammad saw. kepada Keluarganya, sahabatnya dan para tabiin tabiatnya serta kepada kita sebagai ummatnya diakhir jaman.
Ibu Bapak dewan juri lomba pidato tingkat Provinsi yang kami hormati, ijinkan kali ini saya Muhammad Fadli Syakir untuk menyampaikan sebuah pidato persuasif tentang tentang kenakalan remaja.
Remaja adalah penerus bangsa, maju remaja nya atau pemudanya maju juga bangsanya, rusak pemudanya maka rusak juga bangsanya.remaja adalah generasi penerus yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa ini. Jika remajanya sudah dirusak dengan berbagai macam hal maka remaja akan terjerembab ke lembah dunia hitam.
Dunia sudah memasuki era industri 4.0, sebuah era globalisasi tanpa sekat, tanpa batas, semua informasi bisa diakses oleh semua orang dalam satu genggaman tangan.
Dengan semakin pesatnya teknologi yang sifatnya seperti pedang bermata dua kita harus semakin waspada, kenakalan remaja pun semakin menjadi, banyak video asusila tersebar, minum minuman keras, seks bebas, LGBT, kenakalan remaja yang malah didokumentasikan, semakin tidak hormatnya siswa terhadap gurunya, semakin membangkangnya anak terhadap orang tuanya, semuanya tersebar luas, bukan malah menjadi gambaran tentang kesalahan, malah menjadi hal yang ditiru, menjadi kebanggaan.
Kita harus membentengi jiwa-jiwa muda ini dengan tameng ilmu dan ketaqwaan, dengan agama agar remaja semakin berkualitas, semakin berprestasi, dalam rangka memajukan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Selain membentengi diri kita sendiri sebagai remaja, kita juga harus saling menjaga. Kita sebagai remaja harus berperan aktif dalam membangun masyarakat.
Selain daripada itu keluarga sebagai benteng pertama harus lebih proaktif dan semakin menjaga remaja dari jurang pergaulan yang tidak terkontrol. Anak-anak jalanan seperti anak punk mereka adalah contoh remaja yang kurang kasih sayang dari keluarganya dan mencari cara lain untuk diperhatikan. namun mereka salah jalan. mereka kurang perhatian dan kasih sayang keluarga akhirnya mereka masuk ke dunia hitam.
Selain keluarga, sekolah juga merupakan benteng paling pertama dari remaja agar tidak terjerembab ke dunia hitam. Di sekolah siswa tidak hanya belajar namun juga didik untuk menjadi manusia berkarakter dan berbudaya.
dengan didikan di sekolah diharapkan siswa menjadi lebih baik secara sosial dan emosional sehingga terhindar dari kenakalan remaja.
Semoga dengan pidato ini menjadi pengingat bagi kita agar menjadi lebih baik dan terhindar dari berbagai macam kenakalan remaja