√ Komposisi Transformasi : Pengertian dan Contoh soal

Diposting pada
3.9/5 - (208 votes)

Pada subbab-subbab sebelumnya, Anda telah mempelajari transformasi-transformasi tunggal. Pada subbab ini, Anda akan mempelajari komposisi transformasi, yaitu transformasi yang dikerjakan dua kali atau lebih secara berurutan.


Transformasi T1 yang dilanjutkan dengan transformasi T2 terhadap suatu titik A dapat ditulis (T2 OT1) (A) (T2 (A)). Lambang T2T1(dibaca T2 dot T1 ) menyatakan transformasi T1 dikerjakan dahulu, kemudian dilanjutkan dengan transformasi T2 .


Sebaiknya T2 oT1 menyatakan transformasi T2 dikerjakan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan T1 . Untuk lebih jelasnya, pelajarilah Contoh Soal 5.25 berikut.

Contoh Soal komposisi transformasi 5.25

Selain dengan cara seperti pada contoh soal 5.26 komposisi transformasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan perkalian matriks yang sesuai dengan transformasi yang ditanyakan. Sebelumnya lakukanlah kegiatan berikut.

Pada subbab-subbab sebelumnya, Anda telah mempelajari matriks-matriks yang mewakili suatu transformasi untuk mengingatkan Anda, berikut adalah tabel matriks-matriks yang mewakili suatu transformasi.

Pelajarilah Contoh Soal komposisi transformasi 5.26

berikut, agar Anda dapat mengkomposisikan transformasi dengan menggunakan matriks. Contoh Soal 5.26

demikianlah artikel dari dosenmipa.com mengenai Komposisi Transformasi. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.