Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Diposting pada

Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Pidato Pendidikan

Assalmualaikum.Wr.Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah ( isi sendiri )
Yang terhormat Bapak / Ibu guru beserta staf pengajar
Serta teman – temanku yang berbahagia

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, yang mana dengan limpahan rahmat dan hidayah- Nya lah kita bisa berkumpul di sekolah kita tercinta ini. Tak lupa sholawat serta salam, kita sanjung agungkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW, yang membawa kita dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini.

Hadirin yang berbahagia, Perlu kita ketahui bahwa sebagian waktu hidup kita di habiskan hanya untuk menempuh pendidikan. Mulai dari pendidikan usia dini hingga tingkat perguruan tinggi, semuanya merupakan proses pendidikan.

Pendidikan bukan hanya terkait dengan bidang keilmuan saja, tetapi juga terkait dengan masalah moral. Bayangkan orang yang pintar, namun memiliki moral yang buruk, bisa jadi menjadi bumerang bagi dirinya sendiri ataupun bagi orang lain.Untuk itu pendidikan moral harus ditanamkan sejak dini, agar ilmu yang didapatkan bermanfaat buat diri sendiri dan buat orang lain.

Yang harus dipertanyakan yaitu sudah seberapa banyak ilmu yang kita dapat dari pendidikan formal maupun non formal selama ini. Banyak sekali orang yang memiliki gelar sarjana, namun ia sendiri tidak menguasai bidang keilmuannya. Seharusnya ini menjadi sorotan penting, karena bagaimana pun ini terkait dengan masa depan bangsa kita.

Bayangkan jika ini terus terjadi, maka negara ini akan kekurangan tenaga ahli di berbagai bidang. Oleh karena itu mulailah dari diri kita sendiri, yaitu dengan belajar sunguh – sungguh , dan jangan lupa perbaiki ahlaq kita, agar ilmu yang didapatkan memberi manfaat minimal untuk diri sendiri dan imbasnya kepada orang lain.

Para hadirin yang berbahagia, Ingatlah bahwa masa depan bangsa ini, berada di tangan para pemuda.  Untuk itu mulailah tanamkan kepada diri kita semangat belajar yang tinggi dan jagalah ahlaq kita, agar ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan dengan baik dan benar. Dan dengan itu pula kita juga ikut andil dalam pembangunan negara ini sehingga kesejahteraan akan dapat diraih dengan mudah.

Demikianlah pidato singkat ini saya sampaikan, semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan itu datangnya dari saya dan kepada Allah saya mohon ampun.

Saya akhiri Wassalmualaikum.Wr.Wb.

Pidato Perpisahan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Kepala Sekolah ( nama sekolah )
Yang terhormat Bapak / Ibu dewan guru beserta staf pengajar
Serta teman – teman yang saya cintai

Di pagi yang cerah ini marilah kita ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang mana telah memberi kesempatan kepada kita untuk bisa berkumpul di acara perpisahan kelas XII tahun ajaran 2016 / 2017.

Saya selaku perwakilan seluruh kelas XII, sangat-sangat berterimakasih kepada seluruh dewan guru yang selama ini membimbing kami dalam proses pembelajaran di sekolah ini. Bagi kami guru bukan hanya sekedar pembimbing, namun juga sebagai orang tua kedua bagi kami. Tak terasa memang tiga tahun telah kami lalui di sekolah ini. Banyak sekali suka duka serta pengalaman berharga yang kami peroleh, tentu itu semua berkat bimbingan ibu / bapak guru sekalian.

Kami sadar, kami sebagai murid, mungkin sering mengecewakan gurunya, tapi percayalah bahwa kami akan selalu mengingat nasihat dari ibu / bapak guru. Karena kami yakin, nasihat yang diberikan adalah untuk kebaikan dan untuk masa depan kami semua. Semuanya merupakan proses pembelajaran yang sangat berharga, bagi kami ilmu dari seorang guru adalah sebagai penuntun kami dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Dan semoga allah memberi ganjaran pahala atas ilmu yang bermanfaat yang diberikan oleh bapak / ibu guru sekalian.

Dan juga untuk teman – teman semua, tak terasa kebersamaan ini telah terjalin selama tiga tahun, Dan bagi saya tiga tahun merupakan waktu yang singkat untuk sebuah kebersamaan yang indah. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, namun ini bukan akhir dari kebersamaan kita semua, semoga setelah ini kita semua masih bisa diberi kesempatan bertemu di lain waktu dan semoga semuanya bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Demikianlah pidato singkat ini, sekali lagi, saya selaku perwakilan kelas XII mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada ibu / bapak guru. Dan untuk teman – teman yang saya cintai tetap semangat dalam menggapai cita – cita kalian dan semoga Allah memberi kelancaran bagi kita semua.

Saya akhiri Wassalmualaikum Wr. Wb.

Pidato Sambutan

Assalamualaikum Wr.Wb.

Para hadirin yang kami hormati
Dan Bapak – bapak / Ibu – ibu yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT, yang telah memberi nikmat iman, nikmat islam dan nikmat sehat sehingga kita bisa berkumpul di acara halal bin halal ini dalam rangka menyambut idul fitri. Tak lupa Sholawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya, pengikutnya dan kepada kita sekalian.

Para hadirin yang berbahagia.
Saya selaku perwakilan dari panitia halal bin halal, mengucapkan banyak terima kasih kepada para hadirin sekalian. Yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara halal bin halal ini. Serta dengan penuh keikhlasan untuk menghadiri undangan yang telah disebar oleh panitia.

Sudah sepatutnya kita sesama umat muslim saling menjaga hubungan kita satu sama lain, salah satunya yaitu dengan bersilaturahmi. Dengan hubungan silaturahmi maka hubungan kita kepada orang lain akan terjalin dengan baik. Namun sering sekali kita berbuat kesalahan kepada orang lain baik disadari maupun tidak disadari. Sedangkan kita masih malu untuk meminta maaf atau memaafkan. Oleh karena itu acara halal bin halal ini bisa di jadikan momentum untuk saling bermaafan dan menjaga silaturahmi kita sekalian.

Di acara ini juga akan ada penampilan dari ibu – ibu PKK yang akan membawakan qasidah serta ada siraman rohani dengan tema “mengambil hikmah silaturahmi” yang akan disampaikan oleh para ustad dan sekali lagi saya selaku perwakilan panitia mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang telah menghadiri acara halal bin halal ini.

Demikianlah sambutan ini saya sampaikan , apabila ada kesalahan itu datangnya dari saya dan kepada Allah saya mohon ampun dan semoga acara ini diberi kelancaran hingga acara selesai, saya akhiri.


Pidato Tentang Kenakalan Remaja

Silahkan mengeditnya sesuai dengan kebutuhan kalian.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberi nikmat dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama-sama di hari yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah menuntun kita semua dari zaman kegelapan sampai ke zaman yang terang benderang ini.

Kepada Yth. Bapak … yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai dan saya banggakan.

Kita tahu dan menyadari saat ini begitu banyak terjadi apa yang disebut kenakalan remaja. Aneka perbuatan negatif atau menyimpang yang dilakukan oleh para remaja sepertinya dianggap oleh mereka seperti biasa-biasa bahkan ada yang menganggapnya sebagai sebuah kebanggaan. Mereka mengatakan hal tersebut menunjukkan simbol sebuah keberanian. Ini tentu sangat memprihatinkan. 

Inilah masalah sosial yang menjangkit para remaja kita saat ini yakni perilaku menyimpang yang sering disebut kenakalan remaja. 

Adapun penyebab masalah kenakalan remaja bisa bermacam-macam. Bisa akibat salah orang tua dalam cara mendidik atau orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Juga bisa karena tidak tepatnya dalam memilih teman/lingkungan pergaulan sehingga bisa menyebabkan terjerumusnya dalam pergaulan yang salah. Ada satu perasaan di kehidupan remaja bahwa memiliki banyak kawan adalah merupakan satu bentuk yang membanggakan.

Boleh sekali kita mempunyai banyak kawan asalkan kita harus pandai memilih-milih terhadap mana perilaku teman yang salah dan mana perilaku teman yang baik dan benar.

Ada banyak sekali macam-macan perilaku menyimpang remaja seperti mulai mengenali rokok dan narkoba yang awalnya hanya coba-coba tapi rasa mencoba itu akan membuat kita menjadi ketagihan sehingga susah untuk berhenti dari ketergantungan rokok atau narkoba tersebut, yang menyebabkan kita sakau dan untuk menghentikan ketergantungan tersebut harus dengan cara  di rehabilitasi (untuk pencandu narkoba). Dan masih banyak lagi perilaku-perilaku menyimpang remaja lainnya seperti masuk geng motor, suka tawuran, mabuk-mabukan dll.

Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri, sebaiknya kita gunakan masa-masa remaja kita dengan hal-hal yang positif dan juga bermanfaat bagi diri sendiri, orangtua dan juga bangsa.

Teman-temanku yang saya banggakan,

Walaupun orang tua kita tidak mengajarkan secara penuh agar kalian menjadi orang baik tetapi keinginan mereka sudah pasti ingin anak-anaknya menjadi orang yang baik-baik. Tidak satu orang tua pun menginginkan anaknya berprilaku buruk.

Karenanya kalian tidak perlu menyalahkan orang tua atau pun orang lain tetapi diri kalian sendirilah yang harus sudah bisa menjaga diri dan bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Pilihlah lingkungan dan teman-teman gaul secara selektif. Jangan asal senang. Jika lingkungan itu akan menjerumuskan kalian lebih baik tidak mendekatinya sama sekali. Banyak tempat gaul yang positif yang bisa kalian pilih baik di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah.

Sampai disini yang bisa saya sampaikan dalam pidato ini, kalau ada kesalahan mohon maklum. 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.