√ 16 Prospek Kerja Agribisnis : Gaji, S1, D3

Diposting pada

1. Menjadi Tenaga Pendidik Atau Dosen

Kamu bisa mempunyai karir sebagai tenaga pendidik yang ahli di bidang Agribisnis. Menjadi seorang dosen akan membuat karirmu menanjak sebab Kamu bakal dibayar dengan gaji besar ditambah tunjangan lain. Jangan heran apabila gaji pokok seorang dosen ditambah tunjangan sertifikasi lain dapat mencapai kisaran belasan juta rupiah.

2. Peneliti

Karir yang bisa dipertimbangkan seorang lulusan Agribisnis ialah menjadi peneliti yang dibutuhkan negara. Jangan heran apabila beberapa tahun lalu, gaji peneliti minimal 8-9 juta rupiah. Peneliti handal tentu mendapatkan bayaran yang lebih besar berkat kemampuan yang dimiliki nya.

3. Pionir LSM

Seorang lulusan Agribisnis dapat bekerja di LSM yang memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait ilmu Agribisnis misalnya bidang peternakan atau pertanian. Usaha Kamu membantu para petani mendapatkan hasil panen / ternak lebih besar akan membuka peluang karir yang menjanjikan termasuk juga menjadi pengusaha muda. Tidak ada lagi gaji sebab Kamu menjadi pribadi yang akan menentukan omzet sendiri.

4. Pengusaha

Seperti yang telah disebutkan di atas tadi, peluang atau prospek kerja Agribisnis tak hanya sebatas pada ilmu akademik saja. Kamu dapat menjadi seorang pengusaha berwawasan dan mempunyai koneksi luas. Kata siapa seorang lulusan Agribisnis bakal berakhir menjadi petani saja?

5. Pekerja pemerintah

Kamu dapat menjadi seorang pegawai negeri yang bekerja di instansi pemerintah seperti petugas Dinas Pertanian dan yang lainnya. Masa depan dan juga gaji yang ditawarkan tentu saja bervariasi tergantung tingkatan seperti pegawai negeri tingkat I hingga IV. Gaji pokok senilai jutaan rupiah tersebut belum termasuk juga tunjangan dan beragam fasilitas lain.

6. Pedagang Komoditi Baru

Indonesia merupakan negeri yang memiliki kekayaan alam sehingga Kamu dapat mencoba memperkenalkan komoditi baru yang terbentang mulai Sabang hingga Merauke. Berbekal ilmu pengetahuan selama kuliah Agribisnis, kesempatan dapat menjadi pedagang komoditi baru terbuka lebar. Tentu saja penghasilan yang besar bisa saja didapatkan apabila Kamu berhasil menciptakan pasar komoditi baru tersebut

7. Konsultan Pertanian

Kamu dapat menjadi seorang konsultan pertanian yang bisa memberikan pengetahuan dan wawasan pada masyarakat luas terkait ilmu Agribisnis. Seorang konsultan handal yang mampu memberikan arahan, bimbingan dan juga analisis yang tepat akan mendapatkan bayaran yang sebanding dengan kemampuan tersebut.

8. Bekerja di BAPPEDA

Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah berkontribusi membangun masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan dan juga ladang yang baik. dapat jadi Kamu bakal menjadi petugas BAPPEDA yang turut mensejahterakan rakyat. Masalah masa depan, BAPPEDA ialah instansi yang menjadi pusat ilmu pengetahuan Agribisnis yang berani memberikan gaji sebanding kualifikasimu.

9. Konsultan Perusahaan Agribisnis

Kamu dapat saja menjadi pekerja di perusahaan swasta yang bergerak di bidang Agribisnis. Menjadi konsultan berpengalaman dapat membuat kehidupan Kamu semakin mapan. Pasalnya, perusahaan besar akan berani memberikan gaji mulai kisaran jutaan hingga belasan juta untuk semua hasil kerja kerasmu.

10. Penulis Tentang Agribisnis

Kamu pasti sudah tahu bahwa kekuatan tulisan menjelma menjadi pundi rupiah di era digital seperti saat ini. apabila Kamu tidak mendapatkan pekerjaan sesuai harapan, dapat menjadi penulis kok.

Kalau Kamu mempunyai kemampuan menulis yang baik, dapat mencoba menulis artikel, tutorial dan lain-lain tentang Agribisnis. Semakin banyak yang tertarik pada tulisanmu maka semakin besar juga penghasilan Kamu nantinya.

11. Menjadi Staf Pengajar/Dosen

apabila kamu merupakan sosok mahasiswa agribisnis yang memang mempunyai prestasi bagus, menjadi seorang akademisi merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk kamu.

Tentu kamu harus mengambil kuliah pascasarjana terlebih dahulu . Akan tetapi, hal itu bukanlah hal yang sulit karena saat ini banyak beasiswa S2 dan S3 yang bisa kamu dapatkan.

12. Peneliti di LIPI atau Instansi yang Lain

Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Contohnya saja ilmu pemuliaan tanaman yang mampu untuk meningkatkan produktivitas pertanian itu sendiri dengan cara mempercepat masa panen, juga masih banyak dan beragam lagi aspek yang harus diteliti secara lebih lanjut.

Maka dari itu, salah satu prospek kerja jurusan yang satu ini adalah sebagai seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau dapat juga di lembaga yang lainnya.

13. Wirausahawan atau Pengusaha

Rasanya memang telah menjadi suatu keharusan jika lulusan agribisnis ini untuk dapat menempuh jalan wirausaha.

Ilmu-ilmu yang memang pada dasarnya sudah didapatkan selama belajar di kampus benar-benar dapat diaplikasikan di dalam kehidupan nyata dengan berbisnis terhadap produk yang mempunyai kaitan erat dengan pertanian atau segala turunannya.

Setelah lulus, kalian juga nanti dapat membangun sebuah usaha rintisan atau startup. apabila ingin berhasil, maka haruslah pintar untuk membaca peluang, pandai membaca situasi dan juga masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat, selanjutnya mencari solusi terbaik / jalan keluar dari masalah tersebut dengan bisnis yang kamu jalankan dan terapkan.

14. Bekerja di Instansi Pemerintah

Siapa sih yang tidak mau menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Lulusan agribisnis ini dapat mendaftar di berbagai macam instansi, contohnya di Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, hingga Kementerian Perindustrian atau juga di perusahaan BUMN.

Peluang kerja di instansi pemerintahan biasanya itu dibuka dengan melalui pendaftaran CPNS atau perekrutan pegawai di kemeterian atau instansi yang terkait.

Tips yang paling penting bagi kamu adalah untuk sering memantau sumber informasi di situs resminya secara langsung atau di akun media sosial yang terkait. Siapa tahu, nanti ada informasi baru mengenai perekrutan CPNS dan kamu dapat ikut mencoba alias menjajal mendaftar!

15. Bekerja di Sektor Swasta

Lulusan agribisnis selain dapat bekerja di sektor formal seperti di lembaga pemerintah, juga ternyat dapat bekerja di lembaga swasta!

Bedanya, untuk sektor swasta, nanti kamu akan bekerja dengan sistem kontrak yang lama bekerjanya telah diketahui saat setelah sudah diterima di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis ataupun komoditi. Atau, jika memang mempunyai niat atau kemauan untuk membuka usaha sendiri, dapat menjadi supplier komoditas di bidang ini. [3]

16. Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Tahukah kamu mengapa dunia pertanian di Indonesia hingga sekarang ini masih belum menunjukkan perkembangan yang signifikan? Jawaban yang paling masuk akal adalah belum banyaknya petani atau pengelola lahan pertanian yang memiliki pengetahuan modern dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

Akan tetapi, seseorang lulusan dari agribisnis bersama dengan lulusan pertanian yang lain dapat menjadi salah satu jembatan emas untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membangun atau bergabung bersama di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan juga memberikan penyuluhan mengenai masalah terkait kepada masyarakat, khususnya kepada petani.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 16 Prospek Kerja Agribisnis : Gaji, S1, D3 , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.