16 Prospek Kerja Akuntansi dan Gaji : Manajemen, Syariah, Perbankan

Posted on

1. Akuntan Publik

Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan juga laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan. Pemegang gelar S1 akuntansi dengan sedikit pengalaman kerja biasanya dibayar $54,000 per tahun. Tetapi bayaran akan meningkat setelah dua tahun kerja. Bagi lulusan yang telah memiliki pengalaman kerja yang mumpuni biasanya akan dibayar sekitar $61,690 per tahun atau lebih, tergantung beban kejra dan perusahaan.

2. Petugas Akuntansi

Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di segala macam industri. Pekerjaan di bidang ini menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini. Gaji rata-rata per tahun adalah $31,030. Jika bekerja lepas/freelance akan dibayar mulai dari $16 per jam tergantung beban kerja dan pengalaman.

3. Manajer Akuntansi

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan. Seorang manajer akuntansi biasanya digaji antara $64,000 hingga $86,100 atau lebih per tahun. Jika memiliki akreditasi CMA, kemajuan karir bisa ditingkatkan lagi, biasanya bisa mencapai kenaikan gaji sekitar 24%.

READ  16 Prospek Kerja Farmasi dan Gaji

4. Asisten Akuntansi

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya. Jika bekerja per jam biasanya akan dibayar sekitar $12.00 hingga $17.00 per jam, dan akan dibayar lebih jika lembur. Bayaran per tahun yang diterima asisten akuntansi adalah sekitar $28,000 hingga $39,000 per tahun.

5. Certified Public Accountants (CPA)

Karir CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA. Setelah memiliki kualifikasi tersebut, kamu akan dibayar mulai dari $73,800 hingga $90,500 per tahun. Ingin mendapat bayaran lebih? Tambahan gelar MBA bisa meningkatkan gajimu sekitar 18%.

6. Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan. Gaji rata-rata profesi ini adalah $49,300 hingga $58,000 per tahun.

7. Account Officer

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar. Pendapatan rata-rata adalah  $37,805 hingga $49,260 per tahun.

8. Akuntan Privat

Akuntan privat disebut juga dengan nama akuntan intern. Akuntan ini bertugas menyusun semua keperluan akuntansi di perusahaan / organisasi tertentu. Profesi ini mendapat peluang gaji sebesar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per bulan untuk akuntan yang masih pemula.

READ  √ 15 Prospek kerja teknik perkapalan

9. Financial Analyst

Financial analyst ialah profesi yang bertugas untuk menyusun informasi keuangan yang kemudian akan menjadi dasar pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis. Seorang financial analyst yang masih pemula daat mendapat gaji hingga Rp 10 juta tiap bulan bahkan lebih.

10. Auditor Internal

Profesi yang satu ini mempunyai tugas memeriksa laporan keuangan internal sebuah perusahaan dan memberikan masukan untuk pihak manajemen. Gaji yang diperoleh seorang auditor internal berkisar Rp 10 juta dan dapat terus meningkat.

11. Konsultan Pajak

Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas untuk memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajb pajak. Besarnya gaji yang didapat oleh seorang konsultan pajak sangat lah bervariasi. Semakin kompleks kasusnya maka akan semakin tinggi dapat mencapai puluhan juta rupiah.

12. Perencana Keuangan

Sesuai dengan namanya, seorang perencana keuangan bertugas guna menyusun perencanaan keuangan. Gajinya juga bervariasi tergantung pada keputusan dengan pihak klien. Bukan tidak mungkin Kamu dapat mendapat belasan juta rupiah dari profesi ini.

13. Accounts Payable/Receivable Clerk

Profesi ini bertugas untuk mengurusi akuntansi utang piutang. Gaji yang bisa didapat ialah kurang lebih Rp 5 juta per bulan bahkan bis lebih lagi.

14. Credit Analyst

Profesi yang satu ini biasa bekerja di industri perbankan untuk menganalisis calon nasabah yang akan mengajukan pinjaman. Gaji yang diperoleh ialah Rp 5 juta hingga Rp 7 juta tiap bulannya.

15. Ahli Keuangan Pemerintah

Profesi yang satu ini dapat dibilang sangat menjanjikan karena membuka peluang pendapatan tinggi. Kamu daapat memperoleh gaji belasan hingga puluhan juta rupiah dari profesi ini.

16. Akuntan Pendidik

Sebagai lulusan akuntansi Kamu bisa memilih bekerja sebagai guru atau dosen akuntansi. Selain bisa mendapat penghasilan Kamu juga bisa mendapat pahala karena berbagi ilmu dengan orang lain. Kisaran gaji untuk profesi ini ialah kurang lebih Rp 5 juta.

READ  √ 16 Prospek Kerja Teknik Elektronika dan Gajinya

Terlepas dari besarnya gaji yang dijanjikan, sangat disarankan bagi Kamu guna memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat. Semoga informasi peluang atau prospek kerja akuntansi di artikel ini dapat membantu memberi motivasi untukmu

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 16 Prospek Kerja Akuntansi dan Gaji : Manajemen, Syariah, Perbankan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *