√ 18 Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

prospek kerja agroteknologi sebenarnya terbuka sangat lebar. Apalagi jika anda mengingat bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil pertanian yang begitu melimpah. Lebih dari itu prospek dari bidang ini pun terbilang menjanjikan. Berikut ini kita akan bahas mengenai peluang dan prospek kerja lulusan jurusan agroteknologi.

1. Peneliti

Ilmu yang Kamu dapatkan di jurusan agroteknologi bisa membawamu menjadi seorang peneliti. Profesi ini sangat cocok sekali untuk Kamu yang memang hobi melakukan riset atau penelitian. Gaji seorang peneliti juga bisa dibilang tinggi, mulai dari Rp 7 juta sampai puluhan juta.

2. Akademisi

Tidak ada salahnya apabila menjadi dosen atau akademisi. Profesi ini akan sangat cocok untuk Kamu ingin menurunkan ilmu kepada orang lain. Gaji seorang akademisi bisa bermula dari Rp 5 juta dan terus meningkat sesuai pengalaman serta prestasi.

3. Konsultan Pertanian

Kamu juga bisa menjadi konsultan pertanian yang bertugas memberikan saran-saran dalam sektor industri pertanian. Kamu dapat memulainya dari skala kecil kemudian ditingkatkan ke sektor industri pertanian skala besar. Gaji yang bisa Kamu peroleh dari profesi ini ialah Rp 5 juta untuk kelas pemula.

4. Bekerja di Sektor Industri

Kamu juga bisa terjun langsung ke industri pertanian dengan mengandalkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah. Apalagi industri pertanian di Indonesia sangat ramai sekali. Mereka yang bergerak di bidang ini bisa mendapat gaji Rp 5 juta atau lebih besar lagi tergantung dengan posisi dan pengalaman.

5. Bekerja bersama Pemerintah

Lulusan agroteknologi bisa bekerja bersama pemerintah. Contohnya  saja menjadi manajer pupuk dan pesitisida nasional, badan koordinasi survei, penelitian dan juga pengembangan pemerintah pusat, dan lain sebegainya. Gajinya juga bervariasi tergantung posisi dan kondisi, bisa jadi bermula dari Rp 5 juta bahkan bisa lebih besar lagi.

6. Pebisnis

Siapa bilang lulusan agroteknologi tidak bisa berbisnis? Justru ini ialah kesempatan bagi Kamu untuk memulai bisnis sendiri dengan ilmu yang sudah Kamu dapat. Kamu bisa berbisnis berbagai macam produk yang berhubungan dengan bidang agroteknologi dan juga mendapat penghasilan tidak terbatas.

7. Pengelola Perkebunan

Salah satu peluang atau prospek kerja agroteknologi ialah menjadi pengelola perkebunan. Pengelola perkebunan bertanggung jawab mengurus sebuah perkebunan baik yang dimiliki di sektor swasta atau pemerintah. Gaji yang diperoleh berkisar antara Rp 5 juta hingg Rp 9 juta.

8. Surveyor

Lulusan agroteknologi juga berpeluang besar menjadi surveyor. Kamu dapat menjadi surveyor untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertahanan Nasional. Gaji seorang surveyor berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta.

9. Bekerja di Industri Pangan

Jurusan agroteknologi juga dapat berhubungan erat dengan teknologi pengolahan pangan. Kamu juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di sektor pangan. Gaji yang diperoleh bervariasi tergantung posisimu, bisa berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 11 juta.

10. Bekerja di Bank

Profesi yang satu ini mungkin tidak ada hubungan dengan lingkup ilmu agroteknologi. Akan tetapi profesi in tetap terbuka lebar untuk Kamu yang lulusan jurusan agroteknologi. Gaji yang diperoleh kurang lebih Rp 5 juta untuk freshgraduate dan akan bertambah lagi.

11. Perusahaan Perkebunan

Sudah kita ketahu bersama bahwa perusahaan perkebunan yang ada di Indonesia ini sangat lah banyak, dan semuannya mempunyai potensi yang sangat menarik dan bagus. Di ataranya perusahaan tersebut ialah perusahaan yang ada di perusahaan BUMN, perusahaan SWASTA, dan masih banyak yang lainnya.

Perusahaan yang satu ini memang sangat menarik sekalali untuk di jadikan prospek kerja jurusan agroeknologi. Karena banyak sekali perusahaan perkebunan yang ada di Indonesia ini bisa mengingatkan kita bahwa ternyata memang sangat banyak komoditas tanaman yang ada di negara Indonesia ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mempunyai beraneka macam dan ragam tanaman ataupun tumbuh-tumbuhan.

12. Perusahaan Perbenihan

Perusahaan perbenihan ini adalah perusahaan yang sangat cocok untuk Program Studi Agroteknologi. Dalam hal ini perusahaan perbenihan ialah perusahaan yang bertugas untuk mengembangkan serta memenuhi tugasanya dalam menjual benih-benih untuk petani dan juga berbagai macam keperluannya untuk kebutuhan para petani.

Jadi tugas dari perusahaan perbenihan ialah menjual belikan benih-benih yang di butuhkan oleh para petani yang ada di seluruh masyarakat Indonesia khususnya. Sehingga petani juga sekaran ini telah tidak perlu lagi bngung mencari benih yang bagus dan juga cocok untuk kebutuhannya tersebut. Karena perusahaan perbenihan sudah mengatasi masalah tersebut.

13. Perusahaan Pupuk

Dalam  hal ini, seseorang yang bru lulus dari pekerjaannya ialah menjadi seorang Agroteknologi. Bisa mencari peluang pekerjaan di bagian perusahaan pupuk. Dalam hal ini kamu juga bisa bekerja sebagai petugas bagian manajerial ataupun Oprasional.

Sehingga seorang yang lulus dari agroteknologi ini tidak kebingungan untuk mencari pekerjaan yang cocok untuk nya dan juga pekerjaan inipun sangat cocok untuk jurusan Agroteknologi.

14. Perusahaan Pestisida

Sudah kita ketahui bersma bahwa pestisida juga ialah hal yang sangat di butuhkan juga oleh para petani. Maka dari iu membuka usaha perusahaan pestisida  atapun bekerja di dalam perusahan yang ada di dalamnya ialah hal yang sangat menguntungkan sekali. Karena perusahaan ini menyediakan banyak sekali kebutuhan seorang petani.

Dan rata-rata banyak sekali orang Indonesia pekerjaan nya sebagai seorang petani. Hal ini akan sangat menguntung kan bagi seorang yang membuka usaha ini. Apalagi untuk jurusan Agroteknologi sangat cocok bekerja atau membuka usaha di bidang Pestisida. Sehingga perusahaan pestisida ini di duga sangat membantu sekali untuk meningkatkan keberhasilan panen untuk seorang yang pekerjaan nya sebagai seorang petani. Hal ini akan membuat petani menjadi jaauh lebih tenang dalam membutuhkan pestisida.  

15. Instansi Pemerintahan

Bekerja di bagian Instansi Pemerintahan adalah suatu hal yang sangat menguntungkan bagi seorang yang baru lulus dari jurusan Agroteknologi. Karena pekerjaan ini sangat lah membuat pekerjanya merasa bahwa pekerjaan ini menghasilkan gaji yang sangat besar bagi seorang yang baru lulus dari jurusan Agroteknologi.

Maka dari itu seorang baru lulusan dari jurusan Agroteknologi bukan hanya saja bisa bekerja di SWASTA saja.akan tetapi mencari peluang peekerjaann di bidang Instansi Pemerintahan merupakan hal yang sangat menguntungkan sekali dan bisa di lakukan oleh seorang jurusan Agroteknologi. Jadi jangan mengira orang yang lulusan jurusan Agroteknologi akan sulit dalam mencari pekerjaan. Hal ini justru sebaliknya sangat mudah sekali untuk mendapatkan pekerjaan.

Dan sekarang ini juga banyak sekali peluang pekerjaan yang di lakukan oleh seorang jurusan agroteknologi yang menjadi pusat mencari peluang pekerjaan. Dalam hal ini seorang Agroteknologi yang ingin bekerja sebagai Instansi Pemerintahan sangat cocok sekali bekerja di bidang Dinas Pertanian, Kementrian Pertanian, dan Balai Penelitian.

16. Tenaga Pengajar

Seseorang yang sangat cinta dengan dunia Akademis, dan juga asih ingin sekali berpendidikan maka pekerjaan yang di lakukan ialah dapat bekerja sebagai seorang pendidik yaitu menjadi seorang dosen ataupun guru. Sudah kita ketahui bersama bahwa sekarang ini di SMK juga telah banyak sekali yang membuka jurusan pertanian, sehingga hal ini juga sangat menjadi peluang pekerjaan yang cukup menarik untuk seorang yang baru lulus dari jurusan Agroteknologi.

Bukan hanya itu saja menjadi seorang dosen pun juga bisa dilkukan oleh seorang ang baru lulus dari jurusan agroteknolog. Akan tetapi untuk menjadi seorang dosen harus selesai terlebih dahulu dalam pendidikannya yaitu S2 baru bisa mengajar di salah satu universitas ternama di Indonesia.

17. sebagai Wirausaha

Dari jurusan manapun pasti memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha. Karena wirausaha ini merupakan hal yang sangat menguntungkan dengan hasil ang sangat menggiurkan. Mengingat banyak sekali keuntungan yang di dapat jika usaha yang di lakukan ini memang berjalan dengan sesuai rencana.

Dari jurusan Wirausaha ini seorang yang bekerja dalam bidang ini memiliki potensi yang mendukung karena proses pemasaran produksi yang sangat rumit dan juga butuh ketelitian agar usaha berjalan dengan lancar. Seorang yang baru lulus dari jurusan agroteknologi sangat cocol apabila bekerja sebagai wirausaha di bidang pertanian.

Hal ini juga membuat seorang agroteknologi mempunyai peluang pekerjaan yang sangat menarik. Maka dari itu banyak seorang Agroteknologi setelah lulus pekerjaan nya membuka usaha sendiri untuk menjadi seorang yang sukses dalam usahanya. Sebagai seorang agroteknologi yang handal dibidangnya ialah hal yang sangat menguntungkan bagi dirinya dan kebanyak orang saat ini. Ada beberapa bidang yang bisa di jalankan oleh seorang yang baru bekerja sebagai seorang yang lulus dari jurusan Agroteknologi dan juga ingin menjadi seorang wirausahawan, di antaranya adalah :

Dalam menjadi seorang juusan agroteknologi usaha yang bisa di lakukan yaitu bekerja sebagai seorang pengusaha di bidang pembenihan, pupuk, pestisida, saran produksi yang lainnya dan industri rumah tangga yang seperti dalam makanan ataupun pangan.

Sebagi yang memfasilitasi atau fasilitator dalam hal pemberdayaan masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis ataupun pemerintahan.

Bisa uga membuka usahanya sendiri dengan menjual produk pertanian ataupun menunjang pertanian seperti pupuk, ataupun cangkokataupun pembibitan tanaman berskala industri, dan juga hasil penyambungan tanaman.

Bisa juga melakukan bisnis dalam hal komoditas perkebunan, pangan dan papan, ataupun juga dapat perkebunan. 

18. bidang Pemerintahan

Seorang yang sedang mencari peluang pekerjaan bisa juga melamar pekerjaan di bidang pemerintahan hal ini juga menjadi peluang yang sangat menguntungkan untuk jurusan Agroteknologi pertanian di antarana ialah sebagai seorang manager farmasi, birokrasi pusat atau daerah, bekerja di perkebunan yang dimiliki oleh pemerintah, industri pupuk,  industri perbenihan, dan juga industri pestisida baik nasional maupun internasional.

Selain itu juga bisa bekerja di bidang kemebtrian pada pemerintahan pusat dan juga berbagai badan pusat dan badan pusat penelitian. Atau penelitian pengembangan dan juga penelitian litbang. Selain itu juga dapat bekerja di bagian lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintahan, akademis dan juga peneliti di perguruan tinggi ataupun lembaga riset pemerintahan ataupun swasta. Bisa juga sebagai industri pangan papan dan juga industri farmaka dan biodesel, atau badan koordinasi survei. Selain itu juga dapat bekerja sebagai pemetaan nasional (Nasional BPN). Dan juga Badan Pertahanan Nasional (BPN).

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 18 Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.