Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya

Sebelum mantap memilih jurusan ini, tentu kamu harus tahu apa saja peluang kerja yang bisa Kamu dapatkan setelah lulus nanti. Berikut beberapa peluang atau prospek kerja Hubungan Internasional yang perlu Kamu ketahui :

1. Politikus

Ilmu yang Kamu pelajari di Jurusan Hubungan Internasional tentunyatidak jauh dari ilmu politik. Setelah lulus nanti, Kamu dapat terjun ke dunia politik sebagai politikus yang handal, jujur, dan juga kompeten. Gaji yang Kamu dapat bisa sampai puluhan hingga belasan juta rupiah.


2. International Officer

Setelah lulus dari jurusan Hubungan Internasional nanti Kamu dapat bekerja di kantor internasional. Kamu juga bisa bekerja di instansi internasional seperti kedutaan besar dan kementerian luar negeri. Gaji yang Kamu dapatkan bisa 5 juta hingga puluhan juta rupiah.


3. Jurnalis

Seorang lulusan jurusan Hubungan Internasional juga bisa bekerja sebagai jurnalis. Ilmu yang Kamu dapatkan di jurusan ini dapat Kamu manfaatkan untuk bekerja sebagai jurnalis yang kompeten. Kamu juga bisa mendapatkan gaji mulai dari 3 juta rupiah sebagai jurnalis pemula.


4. Dosen

Kamu dapat melanjutkan kuliah ke jenjang pascasarjana kemudian kembali lagi ke kampus dan juga menjadi dosen. Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang Kamu miliki guna disampaikan lagi kepada adik-adik yang menjadi mahasiswamu. Kamu juga bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5 juta hingga belasan juta


5. Pengusaha

Jika Kamu mempunyai passion berbisnis maka Kamu dapat memilih untuk bekerja sebagai pengusaha. Sebagai pengusaha nanti Kamu bisa mendapatkan dengan gaji yang tidak terbatas.


6. Peneliti

Kamu juga dapat bekerja sebagai peneliti khususnya di bidang politik, budaya, maupun hubungan internasional. Sebagai peneliti Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.


7. Konsultan Internasional

Setelah lulus nanti Kamu dapat bekerja sebagai konsultan internasional di suatu perusahaan. Gaji yang bisa Kamu dapat bisa mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.


8. Penulis

Lulus dari jurusan Hubungan Internasional, tentuunya Kamu bisa bekerja sebagai penulis. Kamu bisa fokus menulis tema politik, budaya, dan juga hal-hal lain yang berhubungan dengan ilmu yang Kamu pelajari. Penghasilanmu bisa sangat tinggi kalau bukumu laku laris di pasaran.


9. Bekerja di International Foundation

Kamu juga bisa bekerja di salah satu International Foundation. Entah sebagai konsultan, data researcher, atau yang lainnya. Gaji yang Kamu dapat bisa bervariasi mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaan.


10. Diplomat

Ini merupakan profesi impian para mahasiswa jurusan Hubungan Internasional. Kamu bisa bekerja sebagai diplomat dan juga tinggal di luar negeri dengan gaji yang mencapai puluhan juta rupiah.


11. Diplomat (Duta Besar)

Diplomat adalah pekerjaan untuk mewakili negara sendiri di negara lain atau pada organisasi Internasional. Pengetahuan tentang konsep-konsep, teori, maupun juga perspektif HI pasti akan ditemui pada praktiknya.


2. International Officer

Seorang International Officer mempunyai prospek kerja khusus untuk menangani kasus maupun permasalahan internasional. Bekerja di beberapa instansi semisal Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan juga Kedutaan Besar ataupun Konsulat.  Posisi yang tepat untuk profesi ini merupakan lulusan dari Hubungan Internasional itu sendiri.


13. Negosiator

Seorang negosiator memiliki prospek kerja hubungan internasional dalam menjalankan peran kepentingan lembaga yang diwakilinya. Negosiator dalam membawa dan juga mewujudkan kepentingan tidak hanya terbatas pada lingkungan pemerintah, tetapi bersentuhan juga dengan swasta.


14. Jurnalis (Wartawan)

Kebutuhan manusia akan hausnya informasi baik terkait dengan kenegaraan maupun juga isu-isu yang berkembang dalam segala ranah. Prospek kerja Hubungan Internasional mampu  menjadikan lulusannya seorang jurnalis/wartawan.

Membiasakan diri untuk berpikir kritis dalam memandang suatu permasalahan, isu maupun juga kasus. Hal ini tentu akan membutuhkan informasi terkait dengan isu-isu kenegaraan yang juga berkembang di ranah internasional.


15. Peneliti

prospek kerja hubungan internasional ini mampu menjad seorang peneliti yang handal di bidangnya.

Munculnya berbagai isu internasional juga harus di imbangi dengan tumbuhnya sikap kritis ini untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang lama singgah.

Kemungkinan besar hasil dari penelitian tersebut bisa dipakai di dunia internasional sebagai solusi yang tepat atas isu-isu yang ada.


16. Dosen

Dosen merupakan suatu pekerjaan yang mulia dan terhormat. Selain berguna bagi orang lain, juga dapat untuk mengasah ilmu maupun pengalaman yang dimiliki sebagai akademisi yang baik.

Prospek kerjanya tak jauh dari hasil studi pada jurusan Hubungan Internasional. Setelah menempuh studi S2, kemampuan yang dimiliki bisa untuk melamar sebagai Dosen dengan segala ilmu dan juga pengalaman yang dimiliki.


17. Staf Ahli

Menjadi staf ahli merupakan suatu pekerjaan yang bisa ditemui di lingkungan anggota legislatif, ataupun di kalangan eksekutif baik tingkat daerah maupun pusat. Prospek kerja Hubungan Internasional dalam bidang staf ahli meliputi mengumpulkan informasi, memberikan saran, menganalisis, dan rekomendasi.


18. Konsultan Internasional

Profesi seorang Konsultan Internasional sangatlah penting sekali dalam menjalin hubungan internasional antar negara, terutama terkait permasalahan. Prospek kerjanya juga dapat dikatakan menjanjikan, terutama bagi lulusan Sarjana Hubungan Internasional.

 Selain untuk memcegah adanya konflik internasional juga dapat mampu menyelesaikan konflik antar sesama negara. Seorang konsultan juga dapat berperan sebagai pendamping dan juga penasehat dalam menjalin Hubungan Internasional.


19. Pebisnis Internasional

Bekerja di sektor bisnis telah menjadi alternatif dari berbagai prospek kerja yang ada, termasuk lulusan Hubungan Internasional. Selain itu, bisa juga menjadi alternatif dari sekian sektor pemerintahan yang ada di sekeliling kehidupan. Mahasiswa lulusan HI  bisa masuk di dunia bisnis Internasional karena sudah dibekali pengetahuan Ekonomi Internasional dan Bisnis Internasional.


20. Staf Kedutaan

Menjadi staf kedutaan mempunyai beragam posisi tersendiri, dimulai dari administratif hingga analisis. Suasana maupun lapisan internasional di lingkungan kerja yang ada akan sangat terasa sebab bekerja di tempat orang asing, walaupun lokasinya masih di Indonesia. Kemampuan berbahasa inggris menjadi tolak ukur yang bersifat mutlak bagi semua pekerja di bidang ini.


21. Analisis

Analisis merupakan pola mengidentifikasi dan menguraikan permasalahan guna mencapai solusi. Analisis mempunyai beberapa posisi semisal analisis resiko, analisis program.

Tempat prospek kerja Hubungan Internasional di bidang analisis yaitu meliputi kementrian luar negeri, perusahaan multinasional,organisasi nasional dan lain-lain. Kemampuan menganalisa yang dimiliki lulusan HI berkaitan dengan mata kuliah mengenai perspektif dan juga teori HI.

Multidisiplin Hubungan Internasional ialah analisis HI, maka yang salah satu yang diajarkan yaitu mata kuliah tematik. Prospek kerja yang tak jauh dari kemampuan menganalisa permasalahan sosial, politik, dan maupun ekonomi yang sedang terjadi.


22. Government Relations Officer

Government Relations Officer ialah suatu pekerjaan sebagai penghubung untuk menjalin hubungan antara lembaga yang diwakili dengan pemerintahan daerah.

Perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, juga pemerintahan daerah sendiri merupakan institusi yang membutuhkan posisi ini.  Selain posisinya yang strategis, juga erat kaitannya dengan sistem politik di Indonesia. Proses pembuatan kebijakan dan juga aktor yang ada di dalam HI merupakan institusi yang ada.

Tempat prospek kerja Hubungan Internasional yang satu ini adalah di pemerintahan daerah, perguruan tinggi, perusahaan nasional atau pun multinasional. Terkait hubungan sosial antara negara, sektor di bidang ini mempunyai kapasitas yang cukup dalam urusan sambung-menyambung. Taka ayal apabila posisi ini banyak pula yang meminati.

Perlu dipahami baik-baik bahwasanya, prospek kerja hubungan internasional sangatlah luas sekali. bisa di kategorikan menjadi dua golongan, yaitu prospek linear dan juga prospek non-linear. Kategorisasi tersebut berdasarkan pada hubungan antara keilmuan Hubungan Internasional juga dengan seberapa  jauh prospek kerja Hubungan Internasional.


23. Prospek Kerja Hubungan Internasional (Non-Linear)

Prospek linear adalah yang berkaitan dengan keilmuan Hubungan Internasional. Sementara prospek non-linear adalah prospek untuk yang di luar bidang keilmuan Hubungan Internasional.

Deres pula Prospek Kerja Teknik Informatika sebelum kalian melanjutkaan pendidikan selanjutnya.

Prospek kerja Hubungan Internasional di bidang lain misalnya seperti Birokrat, Bankir, Politisi, Wirausaha, Pegawai Bank / Konsultan Internasional.  Program studi untuk mencapai prospek kerja hubungan Internasional banyak berada di Universitas baik negeri ataupun juga swasta.

Lulusan Hubungan Internasional selain di sektor yang sebidang dengan keilmuan HI, tak jarang juga yang berkarir di luar bidang keilmuannya. Ini artinya, bukan berarti keilmuan yang dipeoleh di jurusan HI tidak terpakai sama sekali.

Akan tetapi sedikit keluar konteks yang ada, dan selebihnya yang didapatkan selama belajar di HI masih bisa dimanfaatkan. Seperti yang pernah disampaikan bahawa tidak ada ilmu maupun juga pengetahuan yang sia-sia, pasti akan berguna dimanapun dan juga kapanpun pada masanya nanti.


24. Start Up Bisnis Online

Menjadi pekerja yang sifatnya freelance mempunyai banyak keuntungan baik dari segi waktu maupun tempat. Terkadang ada juga kendala-kendala yang ada terkait dengan konsumen karena tak ada tansaksi secara langsung.

Bidang ini dapat pula di geluti  oleh penyandang lulusan Hubungan Internasional. Keuletan menjadi momok pokok juga pengetahuan yang diperoleh di bidang HI bisa juga tersalurkan dengan adanya transaksi dengan konsumen dari berbagai negara.


25. Pegawai Bank

Menjadi pegawai bank, biasanya di lakoni oleh para lulusan akuntansi atau yang berkaitan dengan ekonomi. Akan tetapi tak hanya sebatas itu, bagi lulusan HI juga bisa memasuki sektor dunia perbankan.

Tak sedikit lulusan selain dari HI maupun ekonomi atau akuntansi yang banyak mengincar profesi di dunia bank. Banyak yang mengatakan bekerja di bank ialah favorit semua lulusan perguruan tinggi.

Posisi yang menjadi primadona yaitu pada program yang menjaring lulusan-lulusan terbaik untuk dikader sebagai menajer bank. Prospek kerja yang menjamin jurusan HI selain itu bisa di posisi teller dan marketting.

Bekerja di sektor perbankan bagi lulusan HI jika dikaitkan ada hubungannya dengan materi ekonomi internasional maupun ekonomi. Tempat yang senada dengan prospek kerjanya semisal di bank swasta ataupun milik negara.


26. Marketing

Bekerja sebagai marketing berhubungan juga dengan kemampuan komunikasi, persuasi, dan analisis. Kemampuan tersebut secara tidak langsung kompetensi yang sudah diperoleh oleh para lulusan HI selama di bangku perkuliahan.

Kemampuan marketing sangat dibutuhkan sekali, hampir semua perusahaan membuka lowongan untuk posisi itu. Umumnya pun  semua jurusan dapat mengakses posisi itu. Tidak ada kualifikasi secara khusus yang untuk disyaratkan. Sehingga nampaklah posisi itu menjadi sasaran utama bagi yang ingin segera memperoleh pekerjaan.


27. Berkarir di Dunia Maya

Keberadaan dunia maya sudah mampu membuka peluang tersendiri bagi lulusan HI yang ingin menekuni profesi sebagai online entrepreneur. Masyarakat sampai di usia produktif pun dapat mengenal dan terhubung ke internet. Peluang besar terbuka bagi siapapun yang mampu mengakses internet dan terutama bisnis online.

Jasa sebagai kontributor media online misalnya seperti menulis di blog. Terkait pengetahuan tentang HI, membuat tutorial yang ada hubungannya dengan pembelajaran tentang materi HI dapat tersalurkan lewat dunia maya.

Lulusan HI kemungkinan besar mempunyai kemampuan tak terbatas, tergantung pada seberapa kreatif masing-masing dalam menyalurkan inspirasinya. Peran aktif pada prospek kerjanya mampu di pegang oleh lulusan hubungan internasional ini.


28. Guru

Menjadi guru adalah suatu profesi yang mempunyai kebanggan tersendiri, karena mempunyai posisi terhormat dan muliakan. Profesi guru belum berarti menempati posisi yang sesuai dengan pengetahuan yang diperoleh masa belajar di dunia akademis. Tak sedikit yang lulusan berijazah sarjana maupun non sarjana yang bisa menjadi guru. Faktornya tak lain disebabkan pada aspek kompetensi yang lebih ditekankan.

Lulusan HI mampu menempuh dunia mengajar seperti guru, karena masih erat juga pada pendidikan kewarganegaraan, sosiologi, maupun juga bahasa inggris. Sekolah swasta atau negeri dan lembaga bimbingan belajar bisa menjadi tempat prospek kerjanya.


28. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Lulusan Hubungan Internasional dapat ditempatkan sebagai agen Public Relations atau Hubungan Masyarakat di beberapa instansi pemerintah. Perusahaan-perusahaan milik negara maupun  juga swasta memerlukan profesi di instansinya.

Komunikasi anak HI yang tergolong baik, juga gaya bahasa yang diplomatis menjadi dasar yang berkaian dengan Hubungan Internasional. Tugasnya ialah sebagai perwakilan pada lembaga tempat bekerja kepada masyarakat.

29. Instruktur, Juru Bahasa dan Penerjemah Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa inggris mempunyai daya jual tersendiri. Mahasiswa yang tekun meningkatkan potensi berbahasaa selama masa pendidikan taakan pernah merugi. Terutama bagi mahasiswa HI, akan merasakan keuntungannya ketika saat lulus nanti. Dengan kecakapn bahasa inggrisnya, lulusan HI dapat masuk instruktur bahasa inggris di lembaga kursus bahasa inggris.

Baca Juga :

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 29 Prospek Kerja Hubungan Internasional dan Gajinya, semoga artikel ini beranfaat bagi anda semuanya.