Soal Pemasaran Online Kelas 10

Diposting pada
Rate this post

Soal Pemasaran Online Kelas 10

VALUASI BELAJAR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Mata Pelajaran

PEMASARAN ONLINE
Kelas/Jurusan

10 MP 1 DAN 2
Hari,Tanggal

Senin, 8 Juni 2015
Waktu

Jam 08.45 – 10.15 WIBA
Guru Pembimbing

Abdul Hamid

Petunjuk mengerjakan:

1. Tuliskan identitasmu (nama, nomor EBS, kelas dan mata pelajarannya).
2. Bacalah dengan teliti soal-soal berikut ini, lalu buat tanda silang (X) pada kotak kolom kode Lembaran Jawabanmu (A, B, C, D, atau E) sebagai jawabanmu yang paling benar.
3. Jika salah menyilang, anda garis (=) pada kotak yang jawaban salah tsb, lalu silang (X) di kotak jawaban lain yang anda anggap benar/lebih benar.
4. Jika ditemukan soal yang salah dan tidak ada pemberitahuan ralatnya, maka soal itu tidak dihitung/jadi
bonusmu.

SOAL-SOAL PILIHAN GANDANYA SBB:

1. metode periklanan dengan menggunakan media internet dan web (World Wide Web) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan adalah pengertian ….
a. adsense d. iklan online
b. afiliasi e. iklan offline
c. pemasaran afiliasi

2. Awareness dalam iklan berarti ….
a. peringatan
b. Membangun kesadaran
c. hiburan
d. himbauan
e. ancaman

3. Adsense adalah program kerjasama … melalui media internet.
a. reklame
b. iklan
c. advertensi
d. jawaban b dan c benar
e. jawaban a, b dan c benar.

4. Hal terpenting untuk meraih keberhasilan bersama Adsense adalah ….
a. memiliki situs web dengan konten menarik
b. konten situs web yang orisinil
c. situs kita memiliki pengunjung yang banyak
d. jawaban a dan b benar.
e. jawaban a, b dan c benar.

5. Istilah yang digunakan untuk waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan produksi media adalah ….
a. time
b. on time
c. last time
d. off time
e. lead time

6. Apakah keuntungan iklan online dibandingkan dengan iklan offline/tradisional?
a. tidak ada tanggal kadaluarsa.
b. dapat segera dipublikasikan.
c. kualitas paparan bagus.
d. jawaban a dan c benar.
e. jawaban b dan d benar.

7. Istilah yang digunakan untuk iklan atau banner yang tampil pada halaman web diatas konten adalah ….
a. shut up
b. pop up
c. top up
d. pop down
e. top down

8. Iklan yang ditampilkan pada halaman website berupa teks link yang sesuai dengan aturan penyedia konten ads disebut ….
a. iklan web
b. iklan website
c. iklan konten
d. iklan link
e. semua jawaban benar

9. Iklan online, eCommerce, mobile marketing,
sosial media atau jejaring sosial, teknik afiliasi, email marketing, optimasi search
engine dan strategi pemasaran online adalah….
a. marketing modern
b. promotional mix
c. Cakupan media pemasaran online
d. product mix
e. total marketing

10. Tujuan Iklan online yaitu:
a. membangun kesadaran (Awareness)
b. menjangkau pelanggan baru
c. mempersuasi
d. membangun loyalitas konsumen
e. semua jawaban benar.

11. Salah satu cara memasarkan produk secara online dan merupakan cara baru untuk dapat memperluas cakupan target audience.
a. e-marketing terbatas
b. e-banking
c. soft copy
d. e-computing
e. semua jawaban benar

12. Jenis … ini lebih ditekankan ke penulisan alamat hubungan iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri.
a. iklan penting
b. kaitan iklan
c. iklan model baru
d. iklan link
e. iklan baris

13. Iklan … ditampilkan di halaman web dengan target individu tertentu yang mengunjungi website.
a. direktori online
b. kontekstual
c. search
d. daftar lokal
e. konten

14. Iklan banner ini tampil pada jendela baru yang lebih kecil di atas atau di bawah halaman web disebut ….
a. pop-up dan pop-under
b. pop-up
c. pop-under
d. pop-up blocker
e. semua jawaban benar

15. Iklan ini muncul di lapisan atas konten, tapi tidak dalam jendela terpisah. Biasanya, pengguna dapat menutup iklan ini.
a. display content
b. content advertensi
c. floating advert
d. line advert
e. rich media

16. iklan … adalah iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar, animasi dan suara.
a. rich media
b. display
c. peel-back
d. floating
e. expanding

17. Dimanakah ditempatkan iklan link?
a. Iklan baris
b. Pertukaran link dengan pemilik situs web
lain
c. Iklan Banner (yang berisi link iklan)
d. jawaban b dan c benar
e. jawaban a, b dan c benar

18. Aplikasi untuk memblokir iklan?
a. ad block
b. the blocker
c. ad blocker
d. pop up
e. pop down

19. Apakah prasyarat untuk mengirim surat elektronik (e-mail) yang berisi promosi barang/jasa yang kita hasilkan?
a. perangkat internet
b. konsep surat promosi
c. alamat target pasar
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban a, b dan c benar

20. Apakah hasil hubungan belajar pemasaran online dengan memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap?
a. siswa belajar lebih giat
b. siswa jujur dalam belajar dan ulangan
c. siswa mau berbagi pengetahuan
d. siswa menjaga kebersihan kelas
e. semua jawaban benar

21. Iklan yang ditampilkan dengan mengkombinasikan teks, gambar dan animasi (tetapi tidak interaktif) dan iklan ini memiliki ukuran yang telah diatur, dikenal sebagai ….
a. Iklan display
b. media menengah
c. rich media
d. iklan non aktif
e. semua jawaban benar

22. Untuk memperoleh penghasilan dari usaha Adsense, anda perlu berusaha hingga ….
a. akun anda di setujui
b. pihak yang berwenang/adsense meninjau
akun anda untuk persetujuan
c. ditempatkan iklan di situs anda
d. diverifikasi permohonan dari adsense
e. dikirimkan permohonan anda

23. AdSense diselenggarakan oleh ….
a. Google d. Moozila
b. Yaahoo e. Metroon
c. Amaazon

24. Untuk memperoleh penghasilan dari usaha Adsense, pertama-tama anda harus ….
a. menunggu sampai akun di setujui
b. meninjau akun anda untuk persetujuan
c. menempatkan iklan di situs anda
d. menungggu verifikasi permohonan dari
adsense
e. mengirimkan permohonan
25. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google Adsense untuk setiap iklan ….
a. yang diklik oleh pengunjung situs
b. yang ditayangkan
c. yang terbaik
d. jawaban b dan c benar
e. semua jawaban benar

26. Dalam memasarkan iklan online, anda dapat melakukannya dengan gratis atau berbayar. Setiap pilihan tentu ada keuntungan dan kerugiannya. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memasarkan iklan online secara gratis yaitu:
a. mencari penyedia iklan online gratis
b. membuat konten yang berkualitas dan dicari
banyak orang
c. membuat akun di media sosial
d. menggunakan sosial bookmark
e. semua jawaban benar

27. Strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner disebut ….
a. jaringan iklan
b. bursa iklan
c. sponsorship online
d. RSS advert
e. semua jawaban benar

28. Iklan yang ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu.
a. jaringan iklan
b. bursa iklan
c. sponsorship online
d. RSS advert
e. semua jawaban benar

29. Contoh jaringan afiliasi untuk mempromo-sikan website Anda dan menghasilkan inbound link ke situs Anda ….
a. www.freebielist.com
b. www.affiliate-program.amazon.com
c. www.offerforge.com
d. www.trafficsynergy.com
e. semua jawaban benar

30. Pengiklan harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan, dikenal dengan istilah ….
a. pay per impression
b. pay per click
c. pay per action
d. pay per sale
e. semua jawaban benar

31. Tipe pembayaran yang memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator, disebut ….
a. Pay Per Play.
b. pay per click
c. pay per action
d. pay per sale
e. semua jawaban benar

32. ECommerce memiliki karakteristik sebagai berikut:
a. terjadinya transaksi antara dua belah pihak
b. adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi
c. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan online.
d. jawaban a dan c benar
e. jawaban a, b dan c benar

33. Semakin meningkatnya komunitas bisnis yang mempergunakan internet dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, secara tidak langsung telah menciptakan sebuah domain dunia baru yang kerap diistilahkan
sebagai …
a. dunia maya
b. cosmospolitan
c. cyberspace
d. jawaban a dan c benar
e. jawaban a, b dan c benar

34. Jenis-jenis relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan menurut Fingar adalah ….
a. relasi dengan supplier
b. relasi dengan distributor
c. relasi dengan partner
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban a, b dan c benar

35. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi e-commerce, diantaranya adalah ….
a. daur hidup produk dan situasi ekonomi
b. posisi persaingan perusahaan di pasar
c. penggunaan media online
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban c dan d benar

36. Strategi pemasaran dapat dibagi kedalam beberapa jenis diantaranya merangsang kebutuhan ….
a. primer dengan menambah jumlah pemakai.
b. primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
c. selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
d. jawaban a dan c benar
e. jawaban a, b dan c benar

37. Berdasarkan kebutuhan pelanggan, strategi pemasaran dilakukan dengan ….
a. menambah jumlah pemakai
b. memperbesar tingkat pembelian
c. mempertahankan pelanggan yang ada,
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban a, b dan c benar

38. Strategi pemasaran berdasarkan media dilakukan melalui ….
a. keaslian lalu-lintas informasi
b. optimalisasi Google Maps
c. kampanye pay per click (PPC)
d. promosi di media sosial
e. semua jawaban benar

39. Dalam membangun atau mengelola situs e-commerce, perlu memperhatikan ….
a. arsitektur dan konfigurasi system
b. penggunaan aplikasi situs e-commerce yang sesuai dengan produk yang ditawarkan
c. mamampu menjaga keamanan data serta komunikasi pelanggan
d. jawaban b dan c benar
e. jawaban a dan d benar

40. Istilah untuk seperangkat praktek pemasaran yang memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel.
a. mobile marketing
b. mobile wireless
c. konfigurasi system
d. web server mobile
e. semua jawaban benar

41. … adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum sesuai dengan topik dan tujuan dari si penggunanya
a. blog
b. web blog
c. body
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban a, b dan c benar

42. Konfigurasi system aplikasi e-commerce perlu memperhatikan kehandalan system yang biasa disebut dengan ….
a. Stateless Web Server
b. statefull Web Server
c. developed server
d. jawaban a dan b benar
e. jawaban a, b dan c benar

43. Konfigurasi Sistem dan Tool yang digunakan, adalah ….
a. Enkripsi public-key/private-key
b. sertifikat, secure Protocol
c. enkripsi, tool Sekuriti,penggunaan Firewall,
keamanan Pemrosesan Kartu Kredit
d. jawaban a, dan c benar
e. jawaban b dan d benar

44. Barcode dengan sekelompok garis paralel
digunakan untuk memasukkan alamat situs
yang panjang yang cukup merepotkan jika
browsing internet disebut ….
a. price code
b. kode QR
c. product code
d. market barcode
e. place barcode

45. Mempromosikan produk yang sedang
dipromosikan dalam beberapa permainan disebut ….
a. game mobile wireless
b. all game for sale
c. penjualan produk game
d. virtual game marketing
e. game mobile marketing

46. Riset yang dilakukan dengan cara bertemu atau mewawancarai pelanggan, baik secara langsung maupun melalui email dan chat, dikenal sebagai ….
a. riset primer
b. riset sekunder
c. riset kuantitatif
d. riset kualitatif
e. Eye-catchy

47. Riset yang dilakukan dengan melakukan
observasi langsung atau tanya-jawab dengan
pelanggan maupun calon pelanggan disebut dengan ….
a. riset primer
b. riset sekunder
c. riset kuantitatif
d. riset kualitatif
e. Eye-catchy

48. Riset yang dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner dan kemudian mengolah datanya dengan menggunakan metode statistik disebut ….
a. riset primer
b. riset sekunder
c. riset kuantitatif
d. riset kualitatif
e. Eye-catchy

49. … adalah riset yang dilakukan dengan mengevaluasi data-data dalam buku-buku di perpustakaan, baik offline maupun online.
a. riset primer
b. riset sekunder
c. riset kuantitatif
d. riset kualitatif
e. Eye-catchy

50. … adalah penataan yang enak dipandang dan mudah diingat, menarik perhatian.
a. riset primer
b. riset sekunder
c. riset kuantitatif
d. riset kualitatif
e. Eye-catchy

Baca Juga;