Gelar Sarjana Geografi : S1 (S.Geo)

Diposting pada

Gelar sarjana geografi

Mengutip surat keputusan (SK) Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia nomor 257/M/KPT/2017 tentang nama program studi pada perguruan tinggi, UMS juga akan mengubah gelar sarjana pada lulusan FG dari S.Si menjadi S.Geo. Hal tersebut karena Geografi tidak termasuk kelompok sains.

gelar-sarjana-geografi

Perubahan ini berlaku bagi setiap universitas di Indonesia sesuai dengan SK yang berlaku. UMS mulai menggunakan gelar S.Geo pada lulusan terbaru 2018 karena sosialisasi tentang perubahan gelar belum secara menyeluruh dan membutuhkan beberapa proses.


Ilmu-Ilmu Penunjang Geografi

  1. Geomorfologi : ilmu yang mengkaji bentuk-bentuk permukaan bumi dan penafsirannya tentang proses terbentuknya
  2. Meteorologi : ilmu yang mengkaji tentang cuaca yang meliputi ciri-ciri fisik dan kimianya, tekanan, suhu udara, angin dan per-awanan.
  3. Klimatologi : ilmu yang mempelajari tentang iklim, yang meliputi sebab terjadinya, pengaruhnya terhadap bentuk fisik dan kehidupan di suatu wilayah.
  4. Biogeografi : ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi serta faktor-faktor yang mempengaruhi, membatasi dan menentukan pola persebarannya.
  5. Antropogeografi : ilmu yang mempelajari persebaran manusia di permukaan bumi dalam hubungannya dengan lingkungan geografi.
  6. Hidrologi : ilmu yang mempelajari tentang fenomena air di bumi yang meliputi sirkulasi, distribusi, bentuk, serta sifat fisik dan kimianya.
  7. Oseanografi : Ilmu yang mempelajari fenomena lautan yang meliputi sifat air laut, gerakan air laut dan pasang surut air laut.
  8. Kartografi : ilmu yang mempelajari tentang peta meliputi tentang pembuatan, jenis dan pemanfaatannya.
  9. Demografi : ilmu yang mempelajari tentang kependudukan meliputi jumlah, pertumbuhan, komposisi dan migrasi penduduk.
  10. Pedologi : ilmu yang mempelajari tentang tanah, meliputi proses pembentukan, jenis-jenis dan persebarannya.
  11. Pengideraan Jauh : ilmu yang mempelajari gejala/fenomena geografi pada suatu alat dengan menggunakan bantuan media penginderaan jauh tanpa melakukan kontak secara langsung terhadap lokasi yang diamati.
  12. SIG (Sistem Informasi Geografi) : ilmu yang mempelajari tentang tata cara membuat peta secara komputasi dengan tahap-tahap input data, proses dan manajemen data, dan output data.

Demikianlah artikel dari Gelar Sarjana Geografi : S1 Fakultas Geografi (S.Geo), semoga aritkel ini bermanfaat bagi anda semuanya.