Passing Atas Bola Voli

Diposting pada

Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli

oleh Pendidik/guru sedemikian rupa untuk mePembelajaran teknik dasar permainan bola voli merupakan suatu kondisi yang diciptakan ncapai tujuan pembelajaran. Banyak ragam dan macam yang dapat dilakukan pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang berdampak posistif terhadap proses dan hasil belajar yang diharapkan. Metode belajar yang dapat diterapkan menggunakan Discovery learning (metode penemuan), dan pendekatan metode saintifik. Namun pada postingan ini saya tidak akan membahas tentang metode tadi, namun lebih pada cara melakukan latihan gerak dasar yang ada dalam permainan bola voli. Okey untuk menyingkat waktu mari kita kupas tentang Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bola Voli.

Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Teknik dasar permainan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya antara lain: passing bawah, passing atas, smash dan spike, servis, dan bendungan (block). Teknik-teknik dasar permainan bola voli tersebut akan diuraikan berikut ini:


  1. Pembelajaran Teknik Dasar Passing

Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan teknik tertentu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan.


Pembelajaran Teknik Passing Bawah

Cara melakukan passing bawah adalah sebagai berikut:

  • berdiri dengan kedua kaki dibuka sselebar bahu dan lutut ditekuk
  • rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar
  • lakukan gerakan mengayunkan kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu
  • saat bola tersentuh kedua lengan, lutut diluruskan
  • perkenaan bola yang baik tepat pada lengan di atas pergelangan tangan

Bentuk-bentuk pembelajaran passing bawah

Tujuan pembelajaran mem-passing baah adalah untuk mengkombinasikan teknik gerakan-gerakan mem-pasing bawah yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan mempassing bawah coba rasakan gerakan-gerakan mem-passing bawah yang mudah dan sulit dilakukan. mengapa teknik tersebut mudah dan sulit di lakukan? temukan jawabannya dengan mengamati, menganalisa, gerakan-gerakan tersebut.

Bentuk-bentuk pembelajaran passing bawah antara lain:
Memantulkan bola ke lantai kemudian mem-passing bawah dengan kedua tangan.Caranya sebagai berikut:

  • berdiri tegak, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang
  • pantulkan bola ke lantai
  • pada saat bola melambung, lalu bola tersebut di-passing-kan dengan kedua tangan yang berkaitan
  • poros atau pusat gerakan berada pada kedua bahu
  • lakukan pembelajaran ini secara berulang-ulang di tempat dan dilanjutkan dengan gerakan meju mundur serta menyamping. selama pembelajaran teknik dasar permainan bola voli ini, coba amati dan rasakan perkenaan bola dengan tangan, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.

Passing Bola atas Voli

Cara selanjutnya adalah melambungkn bola ke atas kemudian passing bawah dengan kedua lengan. Ini dilakukan jika cara pertama sudah dapat dikuasai dengan baik. Pelaksanaan Pembelajarannya adalahd sebagai berikut:

passing atas bola voli

  • berdiri sikap melangkah, kedua kaki sedikit ditekuk
  • lambungkan bol dengan kedua tangan
  • pada waktu bola meluncur ke bawah lakukan passing dengan kedua tangan yang dimulai dari gerakan merapatkan kedua tangan dengan kaitan pada telapak tangan, kemudian mengayunkan kedua tangan ke depn atas dengan posisi kedua tangan lurus dan perkenaan bola pada lengan tangan bagian bawah (di atas pergelangan tangan)
  • selama pembelajaran ini coba amati dan rasakan perkenaan bola dengan tangan, dan tenaga yang disalurkan ke bola sehingga bola memantul dengan baik.

Baca Juga; Passing Bawah Bola Voli

Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bola Voli selanjutnya dengan menggunakan variasi-variasi latihan passing bawah berpasangan, baik satu pasang maupun satu orang berpasangan  dengan beberapa orang/teman. Hal ini dimaksudkan agar penguasaan terhadap teknik passing bawah semakin baik.

Demikian yang dapat saya share tentang Pembelajaran Teknik Dasar Permainan Bola Voli kali ini, semoga bermanfaat untuk pembelajaran teknik dasar permainan bola voli. Kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. terima kasih

Cara melakukan teknik dasar passing atas bola voli (over hand pass). Pengertian passing atas dalam bola voli adalah mengumpan atau mengoper bola kepada teman seregu yang biasanya dilakukan untuk membuat serangan yang mematikan bagi regu lawan, namun bila mendapat kesempatan yang baik, passing atas juga bisa digunakan sebagai serangan dengan menempatkan bola ketempat yang kosong.

Passing atas merupakan salah satu teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai para pemain bola voli. Menguasai passing atas yang baik, khususnya bagi seorang tosser (setter) sangat menentukan keberhasilan regu untuk memperoleh kemenangan dalam pertandingan bola voli.

Passing atas yang dilakukan dengan baik bisa memanjakan spiker/ smasher (orang yang melakukan pukulan smash) untuk melakukan pukulan smash dengan tajam, keras, dan mematikan. Apalagi bila dilakukan secara bervariasi, pihak lawan pasti akan sangat sulit menebak serangan-serangan yang akan dilakukan oleh tim tersebut. baca juga “beberapa variasi/ macam-macam smash dalam voli”

Bagi anda yang ingin menguasai teknik dasar passing atas bola voli ini, berikut ini kami berikan tips atau cara melakukan passing atas dalam olahraga bola voli dengan baik, yang juga akan kami berikan gambar-gambar ilustrasi sebagai penjelasnya. Anda bisa menjadikannya sebagai teori dalam pembelajaran ataupun latihan untuk melakukan passing atas yang baik dan benar.

 


Cara melakukan teknik dasar passing atas dalam bola voli:

Ambil sikap siap yang biasa dilakukan dalam olahraga bola voli, yaitu kedua kaki dibuka hingga selebar bahu, kedua lutu kaki agak ditekuk dan badan merendah atau agak dibungkukkan ke depan. Berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.

Saat bola datang, secepat mungkin tempatkan badan di bawah bola, dengan tangan diangkat, dan lengan agak ditekuk, serta telapak tangan terbuka lebar dengan jari-jari renggang dan membentuk seperti mangkok. Kedua ibu jari dan telunjuk yang berdekatan akan membentuk seperti setengah lingkaran ataupun segitiga.

Saat bola sudah tepat berada di atas dari badan, dengan kedua tangan ditekuk pada bagian siku ataupun pergelangan tangan. Posisi tangan harus sedikit berada diatas dahi. Perkenaan bola yang baik yaitu tepat mengenai jari-jari tangan. Saat bola menyentuh jari, jari-jari harus sedikit ditegangkan agar bola dapat memantul dengan baik, dan kemudian didorong dengan menggerakkan pergelangan tangan yang selanjutnya diikuti dengan gerakan meluruskan siku. Dalam mendorong bola jari yang paling dominan saat mendorong adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah.

Dan pada gerakan mendorong akan diakhiri dengan tumit sedikit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik, kedua lengan luru serta pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan-gerakan akhir seperti ini merupakan gerak dasar (fundamental) dalam melakukan gerakan dorongan.


Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai Passing Atas Bola Voli : Bawah, Teknik, Servis, Gambar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.