Partnership adalah

Diposting pada

Pengertian Partnership

Menurut Thoby Mutis, Partnership adalah suatu strategi yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dalam jangka waktu tertentu untuk meraih manfaat bersama maupun keuntungan bersama sesuai prinsip saling membutuhkan dan saling mengisi sesuai kesepakatan yang muncul. Keinginan dua pihak menjalin suatu kerja sama pada prinsipnya didasari atas keinginan masing-masing pihak agar dapat memenuhi kebutuhan usaha satu sama lain.

Dengan demikian, Partnership dapat dimaknai sebagai satu bentuk kerjasama antara dua belah pihak atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam rangka meningkatkan kemampuan di suatu bidang usaha tertentu atau tujuan tertentu, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik.

Partnership adalah


Pengaruh Partnership dalam organisasi publik

Pergeseran paradigma administrasi dalam perkembangannya terus mengalami perubahan, perubahan dalam arti memperbaiki hal ini terjadi karena permasalahan dalam administrasi publik menjadi kompleks, administrasi publik tidak lagi berfokus tentang politik ataupun administrasi itu sendiri, tetapi tentang bagaimana administrasi publik menjadi pelayan masyarakat pekerjaan administrasi sudah terjadi dari mengurus kelahiran hingga kematian ,

hal ini yang memberikan kompleksitas administrasi publik dalam hal tugas maupun kewajibannya sebagai pelayan masyarakat.pelayanan yang baik ialah pelayanan yang mampu menjangkau seluruh elemen masyarakat bukan menjangkau beberapa saja,

beberapa hal tersebut yang menjadi pergeseran paradigma administrai publik yang sekarang pada paradigma government as governance yaitu pemerintah sebagai pemerintahan artinya bahwa administrasi publik memiliki keharusan dalam hal memberikan pelayanan masyarakat yang prima, dalam konsep ini juga terdapat 3 aktor dalam keberlangsungnya skema atau konsep good governance dalam memberikan atau mendukung pemberian pelayanan prima yaitu pemerintah,swasta, dan masyarakat.

Salah satu aktor yang penting dalam membantu memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat ialah pihak swasta , dimana dalam proses mewujudkan pelayanan prima tentu pemerintah tidak bisa bergerak sendiri karena beberapa permasalahan tidak dapat diatasi oleh pemerintah itu sendiri dalam mewujudkan pelayanan prima itu sendiri, permasalahan seperti pengadaan barang , SDM , maupun tenaga ahli memerlukan kerja sama antara pemerintah dengan pihak lain diantaranya swasta . Infrastruktur merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunanan. Berdasarkan studi Bank Dunia, setidaknya 30% dari proses pembangunan disumbang dari ketersediaan dan ketercukupan infrastruktur.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 1%, dibutuhkan peningkatan investasi infrastruktur 20-30% dari anggaran yang ada (the World Bank, 2015), dalam pengadaan infrastruktur ataupun pengadaan barang membutukan biaya yang besar dalam pembelian maupun proses perawatan itu sendiri, hal ini yang membuat pemerintah harus mencari jalan lain dalam pengadaan infrastruktur itu sendiri , salah satunya ialah partnership atau kemitraan.


Contoh kasus partnership atau kemitraan dengan pemerintah.

Kemitraan pada pemerintah DKI Jakarta


  • Kemitraan dalam moda transportasi

Pada beberapa program atau kegiatan pemerintah DKI Jakarta melakukan kerja sama dengan beberapa Perusahaan bis yang ada , PT. Transjakarta melakukan lelang dalam penggandaan bus transjakarta dengan persyaratan yang ada , beberapa PO bis bekerja sama dengan PT. Transjakarta , seperti : PO mayasari, PO sinar jaya, dan PO agra mas. Hal ini dinilai positif karena PT. Transjakarta mengalami kesulitan dalam pengadaan maupun pengelolaan bus transjakarta , dengan kemitraan sangat membantu pemerintah DKI Jakarta dalam melakukan pelayanan tersebut tidak hanya membantu pelayanan saja , namun hal lain seperti berkurangnya angka pengangguran di DKI Jakarta juga turut membantu permasalahan tersebut.


  • Kemitraan dalam hal pengelolaan air

Program air bersih di DKI Jakarta juga turut dalam program kemitraan yang ada , DKI Jakarta dikenal dengan sumber air yang sudah tercemar dan beberapa tidak bisa digunanakan , dengan adanya program kemitraan pengelolaan penyediaan air bersih dapat terlaksana , kemitraan terpanjang masa konsesinya berada di Jakarta yang merupakan kerja sama antara PAM JAYA (Jakarta Raya) dengan investor Singapura (PT AETRA) dan Perancis (PT Lyonnaise Jaya), lalu sekarang PAM JAYA melakukan kerja sama dengan PT PALYJA dalam pengelolaan sumber air bersih, dibeberapa kota juga turut melakukan kerja sama


  • Kemitraan pemerintahan singapura pada transportasi

Pemerintah kota Singapura dalam hal peningkatan pelayanan untuk masyarakat melakukan kemitraan dalam hal transportasi , khususnya transportasi online untuk mempermudah mobilitas warga singapura ataupun wisatawan yang sedang berkunjung , dalam kemitraan sebelumnya pemerintah Singapura bekerja sama dengan grab maupun uber , namun pada tahun 2018 uber resmi tidak menjadi mitra lagi dan digantikan oleh go-jek dalam penyediaan moda transportasi online, hal ini memberikan dampak positif bagi pemerintah singapura selain menambah retribusi yang ada juga mengurangi kemacetan yang ada sehingga masyarakat tidak perlu lagi membawa kendaraannya.


Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai Partnership adalah : Pengertian Beserta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.