Gelar Sarjana Pendidikan

Diposting pada
2.6/5 - (16 votes)

PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA (S1)

  • Biologi (Gelar akademik : S.Si.)
  • Fisika (Gelar akademik : S.Si.
  • Kimia (Gelar akademik : S.Si.)
  • Matematika (Gelar akademik : S.Si.)
  • Teknobiomedik (Gelar akademik : S.T.)
  • Sistem Informasi (Gelar akademik : S.Kom.)
  • Ilmu dan Teknologi Lingkungan (Gelar akademik : S.T.)
  • Statistika (Gelar akademik : S.Si.)

gelar-sarjan-pendidikan


Cabang Ilmu Pendidikan

Ilmu pendidikan dibentuk oleh cabang ilmu yang terkait satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan. Masing – masing cabang ilmu pendidikan dibentuk oleh sejumlah teori.

Cabang – cabang ilmu pendidikan yang dimaksud adalah :

  1. Pendidikan teoritis
  2. Sejarah pendidikan dan perbandingan pendidikan
  3. Pengembangan kurikulum
  4. Didaktik metodik atau proses pembelajaran
  5. Media dan alat belajar
  6. Komunikasi dan informasi pendidikan
  7. Bimbingan dan konseling
  8. Evaluasi pendidikan
  9. Profesi dan etika pendidikan
  10. Kepemimpinan pendidikan
  11. Supervise pendidikan
  12. Perencanaan pendidikan
  13. Organisasi dan manajemen pendidikan
  14. Statistik dan penelitian pendidikan

Cabang Matematika Menurut Pembahasan

Aljabar, penamaan dari bahasa Arab ini mengandung arti pertemuan atau hubungan atau juag bisa dimaknai dengan kata penyelesaian. Cabang Aljabr ini di sebutkan sebagai bentuk karakteristik bentuk umum dari aritmatika. Sub topik pembahasn aljabar ini bisa dikelompokkan menjadi struktur aljabar abstrak dan aljabar dalam bidang.
Pembahasan aljabar dasar meliputi bentuk bentuk 3a, 4b, 5x , 6x+7y dan sebagainya. Pada bentuk tersebut (ambil contoh 3a) , 3 disebut sebagai koefisien dan a disebut sebagai pebah (variabel). Karena berkaitan dengan sebuah sistem peubah dan penyelesaian maka bagi para programmer harus menguasai aljabar ini dengan baik.

Aritmatika, merupakan cabang ilmu matematika ‘harian’. Aplikasi aritmatika ini pasti dipakai dalam kehidupan sehari hari. Suka atau tidak suka dengan matematika, aritmatika ini pasti digunakan. Contoh penggunaan sederhana adalah dalam penggunaan uang, prinsip untung-rugi dalam berdagang, perhitungan bunga tabungan atau pinjaman dalam hal urusan dengan bank. Operasi dasar dalam aritmatika ini yang kita kenal dengan kabataku (kali, bagi, tambah,kurang). Berkutya pengembangan dalam bentuk lebih abstrak dari Aritmatika ini adalah aljabar seperti yang dijelaskan sebelumnya. Baca: Sejarah Lambang Operasi Hitung + – x :.

Kalkulus (deret, limit, turunan, differensial, dan integral). Serapan kata kalkulus ini sendiri berasal dari bahasa latin dengan arti kerikil. Baca: Sejarah Perkembangan Kalkulus. Cabang matematika ini akan membahas tentang limit, deret tak hingga, differensial, dan integral. Aplikasi penggunaan kalkulus ini merambah ke berbagai bidang seperti sains, teknik, ilmu sosial ekonomi, kedokteran dan lainnya. Apapun alasannya bagi mahasiswa teknik, ekonomi pasti akan menjumpai ini. Bahkan uuntuk tingka SMA sudah diperkenalkan kalkulus melalui materi turunan dan integral.

Geometri. Secara etimoloi bahasa arti geometri ini adalah frase dari dua kata. Geo yang memiliki arti bumi dan metri arti nya ukur. Dalam konteks umu geometri adalah ilmu yang menerangkan bagaimana bentuk bidang dan ruang. Aplikasi dari geometri ini banyak digunakan oleh arsitek, teknik bangunan.

Trigonometri, dalam harfiahnya ini merupakan gabungan tiga kata. Tri yang artinya tiga, gono sudut dan metri artinya ukur. Jika disatukan akan berarti mengukur tiga sudut. Fungsi fungsi umum yang dikenal dalam trigonometri ini adalah sinus, cosinus, tangen. Berikutnya dikembangkan menjadi secan, cosecan dan cotangen. Aplikasi penggunaan trigonometri ini yang lebih nyata dalam sistem navigasi pesawat terbang atau kapal laut. Bagi calon pilot harus menguasai ini dengan baik.


Cabang Matematika di Perguruan Tinggi

Matematika Analisis, berasal dari kata lisis (Yunani) dengan terjemahan pemecahan atau pemisahan. Dinamakan matematika analisis karena bagian matematika ini akan memecah sebuah permasalahan kompleks menjadi bagian yang lebih sederhana dengan tujuan agat mudah dipeahkan. Ruang lingkup pembahasan matematika analisis ini meliputi ruang topologi dan pengukuran, teori limit, deret tak berhinga,turunan, fungsi analitik dan pengukuran dengan integral.

Aljabar, penjelasan apa saja yang dibahas pada cabang aljabar ini telah dijelaskan di atas. Sub topik dalam perkuliahan perguruan tinggi aljabar akan di bagi menjadi aljabar elementet (aljabar dasar), struktur aljabar yang membahas tentang group, ring dan vektor ruang.

Statistika, pembelajaran matematika yang mempelejarai bagaimana mengumpulkan dan menerjemahkan data hingga menarik kesimpulan dari sebuah permasalahan yang beragam. Dalam hal ini akan diajarkan bagaiman mengambil kesimpulan dari sebuah populasi yang luas dengan hanya mengambil beberapa sampel. Beberapa contoh mata kuliah ini adalah statistika elementer, statistika matematika I, statistka matematika II.

Matematika terapan, bidang matematika ini lebih berfokus kepada bagaimana penerapan ilmu matematika dalam penyelesaian suatu permasalahan sehari hari. Konsep ini akan mengajarkan bagaimana membuat dan mengunakan ilmu abstrak demi penyelesaian masalah yang konkret. Penjelasan, analitik dan prediksi (peluang) menjadi topik topik utama dalam mempelajari bidang matematika terapan ini.

Aktuaria, bidang ini lebih dekat pada statistika. Para penggelut dibidang ini disebut aktuaris. Spesialisasi pembahasan di bidang aktuaria ini meliputi masalah keuangan, seperti bank dan asuransi (menghitung jumlah premi bagi nasabah misalnya).

Matematika Keuangan / Matematika Ekonomi. Disiplin lingkup ilmu cabang matematika ini lebih berperan dalam permasalahan ekonomi dan keuangan. Bedanya dengan aktuaria, dalam matematika ekonomi bahasan topik akan lebih luas dibanding aktuaria. Jika pada aktuaria terbatas permasalahan uang dalam bank dan asuransi. Maka dalam matematika ekonomi akan disuguhkan berbagai macam permodelan dalam kasus ekonomi, mulai dari saham perusahaan, perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Matematika komputasi, merupakan lanjutan bidang diskrit dan logika. Topik permasalahan disini lebih menitik beratkan pada aplikasi matematika yang bersinergi dengan sistem komputer. Produk dari matematika komputasi ini secara sederhana bisa dilihat seperti sistem komputer di minimarket atau supermarket ketika berbelanja.