Mad Farqi

Diposting pada

Pengertian Mad Farqi ( مَدْ فَرْقِ )

Mad menurut bahasa adalah panjang, sedangkan Farqi menurut bahasa artinya memisahkan. Jadi yang dinamakan Mad Farqi menurut istilah adalah bacaan panjang yang terjadi karena terdapat mad badal yang bertemu dengan huruf yang bertasydid.

Baca Juga : Mad Tamkin

Cara Membaca Mad Farqi

Karena jumlahnya yang sangat jarang di dalam al-quran, tentu jadi gampang-gampang susah untuk diingat-ingat. Mengetahui dan bahkan hapal letak bacaan mad farqi tersebut, akan tetapi begitu menjumpai ketika membaca al-quran kadang lupa kalimat tersebut termasuk bacaan apa.

Nah ada yang lebih penting untuk diingat-ingat yaitu cara membaca bacaannya, Mad dibaca panjang, panjang bacaan yaitu sebanyak tiga alif atau enam harakat.

Baca Juga : Mad Lazim Mutsaqqal Harfi

Berikut contoh mad farqi:

قُلْ آَلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ

قُلْ آَللَّهُ أَذِنَ لَكُمْ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ

آَللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ

Hamzah pada kata yang dicetak merah harus dibaca panjang 6 harakat.

Pada hakikatnya mad farqi termasuk ke dalam mad lazim kilmi mustaqqal karena ada mad bertemu huruf bertasydid. Hanya saja madnya terletak pada hamzah dan disebut mad badal. Di kitab-kitab tajwid berbahasa Arab tidak ada pembahasan khusus mad farqi karena sudah dimasukkan ke dalam pembahasan mad lazim.

Baca Juga : Contoh Mad Badal

Dinamakan mad lazim karena untuk membedakan kalam khabari dengan kalam istifham. Hamzah pada keempat ayat di atas adalah hamzah istifham. Seandainya tidak dibaca mad maka akan ada anggapan bahwa hamzahnya hanya hamzah washal saja.

Sebenarnya cara membaca hamzah pada keempat ayat di atas ada dua macam:

Baca Juga : Mad Shilah Qashirah

Pertama, adalah dengan ibdal yakni mengganti hamzah kedua menjadi alif sehingga terdapat huruf mad pada hamzah. Karena setelah mad terdapat tasydid maka disebut mad farqi atau mad lazim kilmi mutsaqqal.

Kedua, adalah dengan tashil karena dua hamzah berdekatan. Tashil adalah meringankan hamzah yang kedua sehingga terdengar antara makhraj hamzah dan Ha’. Untuk lebih jelasnya tentang praktik tashil pada ayat di atas silakan talaqi dengan guru ahli.

Sumber :Harga ready Mix

Baca Juga :