√ 44 Prospek Kerja Teknik Informatika : Dengan Gaji Puluhan Juta

Pengertian

Informatika sendiri merupakan  ilmu yang mepelajari seputar perangkat baik itu sistem ataupun alat yang bisa menyampaikan informasi

Informatika tidak bisa lepas dari yang namanya informasi, sebab pada informasi itu terdapat sesuatu yang dituju dengan penyampaian dan penjabaran yang sebenarnya

1. Mobile Programmer

Lulusan jurusan Teknik Informatika pasti tugasnya ialah membuat program. Seorang programmer terbaik itu harus mampu untuk membuat program perangkat lunak dari komputer mulai dari nol sehingga bisa membuat seseorang lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya.

menggunakan android ketimbang desktop ataupun PC. Itu merupakan peluang bagi Anda yang suka membuat aplikasi android. Terlebih, aplikasi android tersebut bisa lebih optimal karena dapat dipasangi iklan.

2. Tenaga Pendidik IT

Seorang lulusan jurusan Teknik Informatika ternyata juga bisa menjadi pengajar IT misal seperti dosen atau guru, termasuk guru SD. Hal itu dikarenakan kebutuhan IT sangat lah diperlukan di masa yang akan datang sehingga siswa SD pun sejak sekarang telah dibekali wawasan tentang dunia teknologi sehingga mereka menjadi melek IT /  Teknologi.

3. Software Engineer

Software Engineer biasanya mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat di dipakai untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya. Di dalam mpengembangan software tersebut seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus dibalik ilmu teknik informatika yang ia kuasai.

4. System Analyst atau System Integrator

Berkaitan dengan perangkat lunak yang sering kita pakai dan juga yang ahli informatika pakai dalam pekerjaannya membangun sebuah teknologi.

System Analyst merupakan profesi yang memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan juga analisa sistem perangkat lunak yang sudah direkomendasikannya.

5. Konsultan IT

Seorang ahli IT pasti sangat faham dengan teori-teori teknologi, pemograman, dan teknologi yang berbasis komputer, terutama pada bagian logika karena hal itu sangat penting guna menjadi seorang konsultan IT.

Seorang lulusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika juga bisa menjadi IT Consultant atau Konsultan IT, dengan demikian ia dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan di jurusan Teknik Informatika yang dimilikinya secara nyata, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, juga evaluasi dalam teknologi dan informasi.

6. Network atau Data Comunication Engineer

Seorang lulusan Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Informatics) dapat menjadi ahli computer network dimana dapat merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang Computer Network berperan besar dalam perawatan dan juga pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

7. Intelligent System Developer

Lulusan jurusan Teknik Informatika sangat lah berpotensi menjadi profesi ini. Profesi ini cukup menjanjikan ini karena sistem yang akan dikembangkan itu tidak main-main, melainkan sistem perangkat lunak yang bersifat intelejen.

9. Software Tester

Seorang Sofware Taster biasanya melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia akan bertanggung jawab atas kebenaran juga  fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan.

9. Database Administrator atau Network Engineer

Biasanya pekerjaan dari seorang Database Engineer / Database Administrator ini hanya mengurusi perawatan dan pengembangan database / basis data. Dengan begitu data-data yang ada pada sebuah intansi atau perusahaan bisa dirancang dan dipelihara sebaik mungkin, serta teratur dan mudah untuk diakses.

10.  Game Developer

Pada pekerjaan Game Developer ini juga memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama ia mahir grafis. Untuk membuat game, harus dilakukan secara tim karena proyek ini dapat dikatakan cukup berat. Ada yang bagian membuat animasi grafis, ada yang bagian programming dan yang lainnya

Prospek kerja ini cukup menjanjikan, tetapi Anda juga wajib dibekali bahasa pemrograman yang cukup. Nah, bagaimana cara efektif belajar bahasa pemrograman bagi Anda yang tak ingin mengeluarkan uang yang banyak kan? Artikel itu ocok untuk Anda yang tidak mau keluar uang banyak.

11.  Web Designer atau Web Programmer

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya website adalah perkembangan nyata dari teknologi informatika. Website sudah menjadi sebuah media untuk menyampaikan berbagai informasi yang ada. Dalam membuat sebuah website yang bagus tentu kita harus mempunyai teori-teri khusus dari pemograman sehingga hsilnya memuaskan.

12. Freelance Programmer

Tingginya orang yang minat dengan jurusan TI serta kebutuhan dunia industri akan pekerja lulusan TI ini yang cukup sedikit membuat banyak lulusan TI banyak yang menjadi programmer freelance.

Programmer jenis ini ialah programmer yang bekerja paruh waktu yang bekerja jika ada pekerjaan. apabila tidak, programmer ini dapat membuat aplikasi / website sendiri lalu dipasarkan ke masyarakat. Banyak juga programmer yang seperti ini.

13. Security System

Seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin canggih. Untuk itulah dibutuhkan profesi Security Systemagar bisa menjaga sistem. Sejak ada internet, istilah cyber crime mulai berkembang dan uga menghantui para pengguna internet.

Tujuan dari Security System ialah mengamankan data-data user maupun sistem dari gangguan black hat hacker. Selain itu juga, profesi ini juga sering bekerja dalam menangani malware yang datang. untuk Anda yang ingin menjadi Security System, Anda setidaknya wajib memahami apa itu malware, contoh malware, dan cara menanganinya.

Tetapi, bahasa pemrograman juga wajib Anda kuasai. Karena itu merupakan pondasi dalam profesi ini. Semua perusahaan yang mempunyai basis teknologi sebagai media dalam berbisnis wajib mempunyai pekerja dengan profesi ini.

14.  Desktop Programmer

Bagi Anda yang suka dengan PC, Anda dapat membuat aplikasi berbasis desktop untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan Anda. Akan tetapi, kelemahan menjadi desktop programmer ialah jumlah para pengguna desktop itu semakin lama semakin berkurang dan tergantikan oleh mobile atau smartphone.

Itu karena mobile / smartphone lebih mudah dan juga portable dalam penggunaannya. Manusia zaman sekarang itu lebih suka yang mudah. Tetapi, profesi desktop programmer juga cukup menjanjikan dan juga mempunyai profit yang cukup tinggi.

15.  PNS

Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang tidak harus mempunyai latar belakang IT. Akan Tetapi, pada kenyataannya lulusan jurusan IT ini banyak yang berprofesi menjadi PNS entah karena alasan apa.

Sebenarnya, masih ada korelasi antara PNS dengan IT walaupun sedikit. Lulusan IT yang menjadi PNS itu biasanya bekerja di bidang komputer, tetapi secara umum. seperti pengetikkan, desain grafis, dll. Sangat jarang sekali saya dengar bahwa lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai PNS itu bekerja sebagai programmer yang melakukan programming.

16. Programmer

Programmer merupakan pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Apalagi jika mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu dapat memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa mencapat Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

17. System Analyst

System analyst bertugas untuk menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. Siystem analyst ini akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang diterima oleh system analyst berkisar Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

18. IT Consultant

Profesi ini bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar dapat memenuhi target bisnis mereka. IT consultant mempunyai penghasilan yang cukup tinggi juga yaitu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

19. Software Engineer

Software engineer mempunyai tugas yang hampir sama dengan programmer dan system analyst. Seorang software dapat mendapat gaji hingga Rp 8 juta untuk pemula dan bahkan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.

20. Database Engineer

Database engineer bertugas merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini bagi fresh graduate mencapai Rp 5 juta. Sementara itu gaji dapat meningkat hingga puluhan juta rupiah jika Kamu sudah berpengalaman.

21. Software Developer

Software developer ialah profesi yang beperan penting menciptakan software yang nantinya digunakan untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer mencapai Rp 8 juta lebih .

22.Web Designer

Web designer bertugas merancang sebuah website dan juga akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa diperoleh web designer berkisar Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan.

23. IT Executive

IT executive merupakan salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang dapat dibilang bergengsi. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga bisa dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

24. Network Administrator

Seorang network administrator bertugas menjaga kontinuitas jaringan sistem. Gaji untuk seorang network administrator bisa mencapai Rp 9 juta bahkan lebih.

25. Network Support Engineer

Profesi yang satu ini bertugas untuk melakukan analisis sistem jaringan. Gaji yang didapatkan untuk profesi ini antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta.

26. Full Stack Developer

Full stack developer ialah seorang yang bekerja dengan berbagai bidang IT. Full stack developer juga dapat bekerja dari sisi front-end maupun back-end.

Full stack developer ini bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun juga di bagian dari sisi client.

Untuk menjadi seorang full stack developer memang membutuhkan waktu yang lama karena harus menguasai konsep dari teknologi tersebut. Selain itu juga, anda harus mempunyai kreatifitas, pemikiran global, selalu ingin tahu, memiliki kemampuan manajemen waktu, dan juga komunikasi yang baik.

Gaji Full Stack Developer berdasarkan situs Engine Yard akan menerima gaji rata-rata sebesar $110,500 per tahun atau sekitar Rp 1.635.400.000 per tahun (1 USD = Rp 14.800). Akan tetapi, gaji tersebut berbeda berdasarkan negara dan juga kemampuan programmer. Bahkan ada banyak perusahaan yang mau membayar hingga $150,000 per tahun bahkan juga lebih.

27. Front End Developer

Seorang front end developer merupakan programmer yang bertugas untuk mengerjakan program yang langsung dilihat oleh pengguna. Untuk menjadi seorang frontend developer, anda juga harus belajar mengenai HTML, CSS, dan uga pemrograman JavaScript.

HTML sendiri dipakai sebagai kerangka dari suatu website. CSS dipakai untuk memperindah tampilan website. Sedangkan JavaScript dipakai untuk functional dari komponen website.

Selain itu, untuk programmer front end yang sudah lebih lanjut, harus mampu menguasai salah satu jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan juga masih banyak lagi. lalu anda harus menguasai responsif desain serta testing pada aplikasi.

Untuk gaji front end developer, berdasarkan situs Glassdoor. Rata-rata gaji front end developer di Amerika Serikat ialah sekitar $92,738 per tahun atau sekitar Rp 1.372.522.400.

28. Back End Developer

Seorang back end developer merupakan programmer yang bertugas di bagian belakang layar. Ada banyak sekali bahasa pemrograman untuk back end developer seperti Java, Python, PHP, Ruby, JavaScript (Node.js).

Back end developer akan menangani bagian data dari website termasuk juga server dan database. Selain itu, bagian ini akan bertugas dalam merancang sistem dan juga API.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji seorang back end developer di US akan mendapatkan gaji rata-rata ialah sebesar $114,255 atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 1.690.974.000 per tahun.

29. Android Developer

Seorang android developer merupakan programmer yang mampu merancang sekaligus membuat aplikasi android agar bisa digunakan user yang menggunakan sistem operasi Android. Mengingat berkembangnya android di Indonesia, tentu ini akan menjadi prospek kerja teknik informatika.

Biasanya, untuk menjadi seorang android developer anda wajib menguasai bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Seorang android developer juga wajib berkolaborasi dengan UX desainer untuk mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan oleh user.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata dari seorang android developer di US ialah berkisar $101,572 per tahun atau sekitar Rp 1.503.265.600 per tahun (1 USD == Rp 14.800).

30. iOS Developer

Seorang iOS developer merupakan programmer yang mampu merancang dan membuat aplikasi iOS dari Apple. Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman Swift ataupun pemrogaman objective-C.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata dari seorang iOS developer di US ialah berkisar $101,014 per tahun atau sekitar Rp 1.495.007.200 per tahun (1 USD == Rp 14.800).

31. Blogger

Untuk anda lulusan teknik informatika yang suka dunia kepenulisan menjadi blogger adalah pilihan yang pas. Menjadi seorang blogger anda harus mengerti SEO dan juga cara menggunakan CMS seperti WordPress.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang blogger di US ialah berkisar $30,000 per tahun atau sekitar Rp 444.000.000.

32. Desainer Grafis

Untuk anda lulusan teknik informatika yang suka dengan mendesain dan meciptakan ilustrasi, fotografi, tipografi bisa memilih pekerjaan hebat ini.

Anda dapat bekerja dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan customer baik dari jarak jauh maupun tidak. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa software desain seperti Corel, Photoshop, Illustrator, maupun juga perangkat lunak online.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang desainer grafis di US ialah berkisar  $52,589 per tahun atau sekitar Rp778.317.200 per tahun.

33. Web Desainer

Perkembangan internet tidak pernah lepas dari suatu website, baik perorangan, kelompok, organisasi, maupun juga suatu perusahaan. Untuk merancang suatu tampilan website yang mudah dipakai oleh user maka dibutuhkan seorang web desainer (Web Designer).

Web Desainer ini bertugas dalam merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh user. Pekerjaan dari web desainer akan saling berkolaborasi dengan Front End Web Developer dalam hal teknis, dan juga bekerja sama dengan UX Researcher dalam menganani pengalaman pengguna dari suatu website.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Web Desainer di US ialah berkisar  $64,468 per tahun atau sekitar Rp954.126.400 per tahun.

34. Cyber Security Analyst

Suatu sistem informasi buatan manusia tidak ada yang sangat sempurna, karena biasanya memiliki celah keamananan atau bug.

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan diperlukan seorang Cyber Security Analyst dengan cepat apabila suatu saat ada celah. Seorang Cyber Security Analyst akan menguji sistem keamanan dan uga melaporkan jika ada suatu celah (vulnerability).

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Cyber Security Analyst di US ialah berkisar sebesar $91,015 per tahun atau sekitar Rp1.347.022.000 per tahun.

35. Data Scientist

Tren dengan pekerjaan data scientiest semakin hari semakin popueler dengan adanya big data. Seorang Data Scientist tentunya yang bertugas dalam menganalis data untuk pengambilan suatu keputusan tertentu.

Untuk menguasai data scientiest dibutuhkan banyak kemampuan seperti pengolahan data dengan Hadoop, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R/Python, dan juga logika yang kuat.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Data Scientist di US ialah berkisar sebesar $139,840 per tahun atau sekitar Rp2.069.632.000 per tahun.

36. SEO Specialist

Dimulai dengan munculnya mesin pencari Google, pekerjaan menjadi SEO Specialist adalah pilihan bagi para lulusan teknik informatika yang suka menulis.

SEO ialah singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam Bahasa Indonesia bermakna Optimasi Mesin Pencari.

Tugas dari seorang SEO specialist ialah membuat suatu website tampil di halaman pertama mesin pencari ketika user mengetikan kata kunci tertentu.

Untuk menjadi seorang yang ahli SEO anda akan berjumpa dengan tools seperti Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang SEO Specialist di US ialah sebesar $66,848 per tahun atau Rp989.350.400 per tahun.

36. Database Administrator

Database  atau basis data menjadi sangat penting untuk suatu instansi / organisasi. Hal ini dikarenakan database adlah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer.

Untuk mengelola database tersebut dibutuhkan seseorang yang bisa mengelola data tersebut yakni database administrator.

Tugas dari seorang database administrator ialah meliputi melakukan desain database, melakukan pemeliharaan, dan juga perbaikan suatu basis data.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Database Administrator di US ialah berkisar sebesar $93,164/tahun atau sekitar Rp1.378.886.400 per tahun.

37.UX Researcher

UX atau sering dikenal dengan User Experience, atau dalam bahasa Indonesia disebut Pengalaman Pengguna?

Prospek kerja teknik informatika tentu sangat dapat untuk menjadi seorang UX Researcher yang handal. Seorang UX researcher bertugas dalam melakukan riset terhadap produk sesuai dengan kebutuhan pasar.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang UX Researcher di US berkisar $116,098 per tahun atau sekitar Rp1.718.250.400 per tahun.

38. Quality Assurance Analyst

Pengujian atau testing suatu produk sangatlah penting untuk suatu organisasi atau perusahaan, sehingga dibutuhkan QA analyst.

Tugas dari seorang QA analyst ialah memastikan, memeriksa, dan memonitor dari semua produksi yang ada dalam pemrosesan suatu produk.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Quality Assurance Analyst di US ialah sebesar $67,864 per tahun atau sekitar Rp1.004.387.200 per tahun.

39. Software Tester

Software tester apabila diartikan ke Indonesia bermakna Penguji Perangkat Lunak. Seorang software tester berperan dalam pengujian dan kebenaran dari fungsi-fungsi dalam suatu perangkat lunak.

Software tester tersebut akan menguji baik dari segi functional testing, unit testing, UI testing, dan jjuga masih banyak lagi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Software tester di US ialah sebesar $69,899 per tahun atau sekitar Rp1.034.505.200 per tahun.

40. Software Engineer

Prospek kerja teknik informatika tentunya berpeluang besar untuk menjadi seorang software engineer, atau pengembang dari software sistem komputer.

Untuk menjadi seorang software engineer diharapkan dapat menguasai bahasa pemrograman yang ada di dalam ilmu tersebut. Bisa memilih satu atau lebih, misalnya memilih penguasaan bahasa JavaScript / bahasa Ruby untuk pemrograman web.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Software Engineer di US ialah sebesar $115,462 per tahun atau sekitar Rp1.708.837.600 per tahun.

41. Game Developer

Industri game dari dahulu memang terus populer tidak pernah surut di telan waktu. Game dalam bentuk komputer, mobile, dan yang lainnya terus mengalami perkembangan yang signifikan baik dari segi tampilan grafis maupun juga cara memainkannya.

Prospek kerja teknik informatika sebagai seorang game developer masih sangat terbuka. Untuk menjadi seorang game developer anda harus bisa menguasai algoritme dan bahasa pemrograman game, misalnya pemrograman C++.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Game Developer di US ialah sebesar $101,691/tahun atau sekitar Rp1.505.026.800 per tahun.

42. System Analyst

Seorang system analyst ialah orang yang mampu melakukan analisis dan juga desain untuk menyelesaikan masalah bisnis dengan menggunakan teknologi informasi.

Tugas dari seorang system analyst antara lain berkomunikasi dengan customer dan juga stakeholder untuk belajar dan mendokumentasikan requirement dalam membuat spesifikasi. Kemudian membantu dalam proses pengujian sistem, juga  berinteraksi dan berkordinasi dengan developer dan implementer.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang System Analyst di US ialah sebesar $74,152 per tahun atau sekitar Rp1.097.449.600 per tahun.

43. Cloud Architect

Perkembangan internet yang semakin hari semakin cepat membuat penyimpanan awan atau sering dikenal dengan komputasi awan semakin digemari. Tren pekerjaan seiring berjalannya waktu juga akan berubah, seperti munculnya pekerjaan Cloud Architect.

Prospek kerja teknik informatika tentu memiliki peluang untuk menjadi seorang Cloud Architect. Tugas dari pekerjaan ini antara lain mendesain aplikasi cloud, melakukan manajemen cloud, dan juga melakukan monitoring.

Selain itu, anda harus mempunyai pengetahuan mengenai sistem operasi seperti Linux dan Windows. Kemudian mengerti tentang jaringan misalnya seperti TCP/IP, HTTP, DNS. Lalu anda juga harus  mengerti mengenai bahasa pemrograman dan keamanan sistem informasi.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Cloud Architect di US ialah sebesar $142,141 per tahun atau sekitar Rp2.103.686.800 per tahun.

44. Computer Forensic Investigator

Computer Forensic Investigator atau lebih dikenal dengan Forensik komputer, adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang dapat ditemui pada media penyimpanan dan jjuga komputer digital.

Tugas dari seorang Computer Forensic Investigator secara khusus ialah bekerja dengan profesional pada suatu perusahaan atau organisasi secara privat. Selain itu, seorang investigator komputer forensik populer bekerja di lembaga penegakan hukum, misalnya ialah kepolisian.

Berdasarkan situs Glassdoor, gaji rata-rata seorang Computer Forensic Investigator di US ialah sebesar $61,737 per tahun atau sekitar Rp913.707.600 per tahun.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passingrade.co.id mengenai √ 44 Prospek Kerja Teknik Informatika : Dengan Gaji Puluhan Juta, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.