√ 17 Prospek Kerja Teknik Lingkungan Beserta Gajinya

Diposting pada

Pengertian

Teknik lingkungan adalah salah satu pilihan jurusan yang memiliki peluang atau prospek kerja yang luas. Untuk lebih meyakinkan Kamu yang ingin berkuliah di jurusan teknik lingkungan, berikut ini beberapa prospek kerjanya

  •  Manajer Lingkungan

Sebagai manajer lingkungan, Kamu bertugas untuk memeriksa lingkungan dari sebuah perusahaan maupun juga organisasi juga lembaga. Sebagai manajer lingkungan, Kamu bisa berkesempatan mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta sampai puluhan juta.

  •  Pengelolaan Limbah

Sebagai lulusan dari jurusan teknik lingkungan, Kamu juga dapat bekerja sebagai pengelola limbah. Sebagai pengelola limbah, Kamu bertugas untuk mengelola limbah sehingga tidak memberi dampak buruk bagi lingkungan. Profesi ini bisa mempunyai gaji mulai dari Rp 3 juta.

  • Ahli Ekologi

Lulusan dari jurusan teknik lingkungan kamu juga bisa bekerja sebagai ahli ekologi. Sebagai ahli ekologi, Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 5 juta dan terus meningkat sesuai dengan pengalaman anda.

  • Konservasi Alam

Kamu juga bisa bekerja sebagai petugas konservasi alam. Sebagai lulusan dari jurusan teknik lingkungan tentu Kamu mempunyai pengetahuan mengenai kondisi lingkungan dan cara untuk mengelolanya. Gaji yang bisa didapat dari profesi ini mulai dari Rp 3 juta dan ini bisa terus meningkat.

  •  Insinyur Energi

Insinyur energi adalah orang yang bertugas untuk mengelola energi dari berbagai sumber daya alam. Sebagai lulusan jurusan teknik lingkungan Kamu tentunya bisa bekerja di bidang ini dan mendapat gaji mulai dari Rp 5 jutaan.

  •  Konsultan Lingkungan

Bekal ilmu yang Kamu bisa dari jurusan teknik lingkungan bisa Kamu manfaatkan dengan bekerja sebagai konsultan lingkungan. Sebagai konsultan lingkungan Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta dan ini bisa terus meningkat sesuai dengan pengalaman bekerja kamu.

  •  Pemeliharaan Kualitas Air

Sebagai lulusan jurusan teknik lingkungan, Kamu juga bisa bekerja di bidang pemeliharaan kualitas air. Profesi ini bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan ini bervariasi tergantung posisi serta tugas yang Kamu lakukan.

  •  Dosen

Setelah lulus program sarjana teknik lingkungan, Kamu juga bisa langsung melanjutkan program master dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen Kamu bisa mendapat gaji yang tidak sedikit.

  •  Manajer Pengelolaan Energi

Kamu bisa bekerja sebagai manajer pengelolaan energi. Profesi ini bisa menghasilkan gaji mulai dari Rp 5 juta rupiah dan ini bisa bervariasi tergantung tempatmu bekerja.

  •  Petugas Daur Ulang

Kamu juga bisa bekerja sebagai petugas daur ulang. Ini merupakan profesi yang sangat bermanfaat bagi sesama dan lingkungan karena dapat mengurangi jumlah sampah di masyarakat. Profesi ini bisa menghasilkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan ini sangat bervariasi bisa juga lebih dari 5 juta.

  • Konsultan Lingkungan

Tugas dari konsultan lingkungan ialah menentukan tingkat kontaminasi di lingkungan air, udara, dan juga tanah berbasis pada penelitian. Setelah itu konsultan lingkungan harus mengidentifikasi apakah sumber kontaminasi tersebut akan berbahaya bagi manusia dan juga lingkungan. Ruang lingkup kerja konsultan lingkungan mencakup beberapa disiplin ilmu seperti pengelolaan limbah dan juga daur ulang, kontaminasi air, udara, dan juga tanah, penilaian dampak lingkungan dan resiko banjir, peluang energi terbarukan, hingga sistem manajemen lingkungan.

Kebanyakan yang menggunakan jasa konsultan lingkungan ialah lembaga pemerintahan dan berbagai organisasi yang membutuhkan bantuan menyelesaikan isu lingkungan. Prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan bekerja pada perusahaan konsultan.

  • Ahli Ekologi

Prospek kerja teknik lingkungan selanjutnya ialah menjadi ahli ekologi. Seorang ahli ekologi mempunyai tugas meneliti sebuah ekosistem secara keseluruhan termasuk juga melakukan klasifikasi makhluk hidup, meneliti pengaruh berkurang dan bertambahnya populasi makhluk hidup tertentu pada ekosistem, menganalisa dan juga mengidentifikasi aktivitas sekitar yang dapat menjadi masalah bagi ekosistem, mengatasi dan mencegah masalah lingungan pada ekosistem.

Kebanyakan ahli ekologi bekerja untuk kelompok atau organisasi non-profit, perusahaan dan pemerintah. Pengetahuan dasar yang harus dimiliki seorang ahli ekologi ialah biologi, rakayasa dan teknologi, dan juga bahasa inggris. Ekologi sendiri mempunyai cabang ilmu yang sangat luas yang memiliki fokus kajian yang berbeda-beda. apabila ingin fokus pada ekologi tertentu, kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan studi ke tingkat magister.

  • Ahli Biologi Kelautan

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih karier sebagai seroang ahli biologi kelautan. Biologi laut merupakan studi tentang seluruh aspek kehidupan di laut serta lingkungan yang menaunginya. Prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini juga mempunyai cakupan karier yang sangat luas, kamu dapat memilih karier sebagai peneliti akademis, ahli laboratorium, konsultan, ataupun juga pembuat kebijakan. Tujuan utama biologi kelautan ialah untuk meningkatkan pemahaman tentang dunia kelautan serta memahami juga mempresiksi perubahan ekosistern yang terkena gangguan manusia dan juga alam.

Ahli biologi kelautan bisa bekerja di instansi pendidikan, perusahaan komersial, intsansi pemerintah, organisasi internasional, dan juga lembaga penelitian kelautan. Karier dalam bidang ini kebanyakan berbasis penelitian, maka dari itu sangat lah disarankan untuk mengambil studi tingkat magister.

  • Environmental Manager

Prospek kerja teknik lingkungan selanjutnya ialah menjadi environmental manager atau manajer lingkungan. Kamu juga bisa menukan prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini di instansi pemerintah, perusahaan swasta, maupun NGO. Seorang environmental manager bertanggung jawab untuk mangawasi kinerja lingkungan perusahaan tempatnya bekerja. Selain itu, environmental manager juga bertugas untuk mengembangkan, menerapkan, dan juga mengawasi jalannya strategi serta program yang mengusung pembangunan lingkungan yang positif.

Beberapa kemampuan dasar bagi kamu yang ingin meraih prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini antara lain ialah inisiatif tinggi, kemampuan negosiasi dan organisasi, kepemimpinan, motivasi diri dan juga kemampuan memotivasi orang lain, dan juga pemahaman tentang bisnis.

  • Energy Manager

Selain menjadi environmental manager, kamu juga dapat memilih prospek kerja teknik lingkungan sebagai sebagai seorang energy manager. Tanggung jawab seorang manajer energi ialah mengatur dan mengawasi penggunaan energi dalam sebuah perusahaan agar berjalan lanca. Seorang manajer energi juga wajib melakukan evaluasi penggunaan energi untuk bisa mengubah dan menerapkan kebijakan baru guna penggunaan energi yang lebih efisien.

Di Indonesia, seorang energy manager harus mengikuti pelatihan sebagai proses sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau disingkat (SKKNI). Prospek kerja teknik lingkungan sebagai manajer energi sangatlah bagus karena saat ini jumlah manajer energi bersertifikat masih sangat jauh guna memenuhi kebutuhan industri.

  • Petugas  Konservasi Lingkungan

Apbila kamu ingin menjadi seorang pecinta lingkungan dan ingin mengajak banyak orang untuk mencintai dan melindungi lingkungan, maka prospek kerja teknik lingkungan ini sangatlah cocok untuk anda. Petugas konservasi lingkungan bertanggung jawab untuk melindungi, mengelola, dan juga mengembangan suatu lingkungan. Tugas lainnya ialah membantu menigkatkan kesadaran dan pemahaman orang-orang tentang lingkungan alam. Sebagai seorang petugas konservasi alam, kamu mungkin akan dituntut untuk bekerja di lapangan dan dengan jam kerja yang bebas.

Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang petugas konservasi alam antara lain ialah kemampuan administrasi dan IT yang baik, komunikasi efisien dan presentasi yang baik, mempunyai pengetahuan tentang Sistem Informasi Geografis(SIG), dan kepercayaan diri yang tinggi. Prospek kerja teknik lingkungan sebagai petugas konservasi alam bisa kamu temukan di instansi pemerintahan, otoritas lokal, cagar alam ,perusahaan utilitis, taman nasional, perkebunan swasta, hingga pengembang perumahan.

  • Petugas Pengelolaan Limbah

Prospek kerja teknik lingkungan berikutnya ialah menjadi petugas pengelolaan limbah atau waste management officer. Sebagai petugas pengelolaan limbah, kamu bertanggung jawab untuk mengatur dan juga megelola fasilitas pengumpulan, pembuangan, dan daur ulang limbah. Membuang limbah secara aman dengan pertimbangan lingkungan dan kesesuaian dengan peraturan pererintah ialah tugas dari industri pengeloaan limbah.

Kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk terjun dalam prospek kerja teknik lingkungan yang satu ini ialah pemahaman tentang undang-undang yang kompleks dan dinamis, kemampuan untuk mejelaskan, menerapkan, dan juga memantau undang-undang yang ada, ketrampilan komunikasi yang efektif baik lisan maupun tulisan, kemampuan analisis dan pemecahan masalah, ketrampilan dasar administrasi, serta kemempinan yang baik. Untuk bisa meraih prospek kerja teknik lingkungan sebagai petugas pengelolaan limbah, kamu dapat bekerta di otoritas pengelolaan sampah, perusahaan pengelola limbah swasta, atau badan lingkungan hidup.

bisa disimpulkan bahwa prospek kerja teknik lingkungan sangatlah bagus. Prospek kerja teknik lingkungan bisa kamu temukan di berbagai perusahaan mulai dari instansi pemerintah, NGO, perusahaan swasta, perusahaan konservasi lingkungan, dan banyak perusahaan lainnya. Lulusan teknik lingkungan semaki dibutuhkan saat ini dan juga akan selalu dibutuhkan, itu juga yang memicu prospek kerja teknik lingkungan semakin bagus. Beberapa prospek kerja teknik lingkungan bisa kamu capai hanya dengan gelar sarjana, tapi tentu saja pertimbangan untuk gelar magister dan doktoral selalu ada agar kamu bisa lebih mengembangkan karier.

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 17 Prospek Kerja Teknik Lingkungan Beserta Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :