Tashrif Lughawi dan Istilahi

Diposting pada

Tashrif Lughawi (Pengertian dan Contohnya)

Tashrif lughawi adalah perubahan bentuk kata pada satu shighat dari ghaib ke mukhathab ke mutakallim, dari mufrad ke mutsana ke jama’, dan dari mudzakkar ke muanats. Untuk lebih jelasnya berikut saya jelaskan perubahan bentuk kata pada tashrif lughawi.

  1. Ghaib, mukhathab dan mutakallim

Ingat ya! Yang dimaksud ghaib disini bukan hantu atau hal-hal yang berbau mistis ya. Dalam kaidah bahasa Arab ghaib adalah orang ketiga, mukhathab itu orang kedua, dan mutakallim itu orang pertama. Perubahan ini hanya berlaku pada fi’il saja. Intinya perubahan fi’il berdasarkan fa’il sesuai dhamirnya masing-masing.

Contoh: جَلَسَ  جَلَسْتَ  جَلَسْتُ

Baca Juga ; Idgham Syafawi

  1. Mufrad, mutsana dan jama’

Mufrad artinya satu, mutsana artinya dua, dan jama’ artinya banyak (lebih dari dua). Perubahan ini berlaku pada fi’il dan isim.

Contoh:

جَلَسَ  جَلَسَا  جَلَسُوْا

مُسْلِمٌ  مُسْلِمَانِ  مُسْلِمُوْنَ

  1. Mudzakkar dan muanats

Mudzakar artinya laki-laki dan muanats artinya perempuan. Maksud gender disini secara bahasa saja.

Contoh:

جَلَسَ  جَلَسَتْ

مُسْلِمٌ  مُسْلِمَةٌ

Baca Juga : Idgham Syamsiyah dan Indgham Qomariyah

Pada dasarnya tashrif lughowi artinya mutlaqnya perubahan. Namun yang dimaksud disini ialah perubahan bentuk kalimah satu kebentuk kalimah lain memandang pada mufrod (tunggal), taszniyah (dua), jamak’ (lebih dari dua), serta memandang pada mudzakar (laki-laki), mu’annats (perempua), ghoib (yang dibicarakan laki-laki), ghoibah (yang dibicarakan perempuan), mukhotob (yang diajak bicara laki-laki), mukhotob (yang diajak bicara laki-laki, mukhotobah (yang diajak bicara perempuan) dan mutakalim (yang dibicara)

Tashrif lughowi bina’ shohih

وَمَاضٍ اَوْمُضَارِعٍ تَصَرَّفَا # لأَِوْجُهٍ كَاْلأَمْرِ وَالنَّهْيِ اعْرِفَا

ثَلاَثَةٌ لِغَائِبٍ كَالْغَائِبَةْ # كَذَا مُخَاطَبٌ وَكَالْمُخَاطَبَةْ

وَمُتَكَلِّمٌ لَهُ اَثْنَانِ هُمَا  #  فِى غَيْرِ أَمْرٍ ثُمَّ نَهْيٍ عُلِمَا

Tashrif lughowi fi’il madli mabni ma’lum dan mabni majhul

Fi’il madli, baik mabni ma’lum maupun majhul, bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:

  • 3 Ghoib

فَعَلَ    فُعِلَ    هُوَ     : مُفْرَدٌ

فَعَلاَ    فُعِلاَ    هُمَا     : تَثْنِيَّةٌ

فَعَلُو    فُعِلُو    هُمْ     : جَمْعٌ

  • 3 Ghoibah

فَعَلَتْ  فُعِلَتْ  هُيَ     : مُفْرَدُ

فَعَلَتَا    فُعِلَتَا    هُمَا     : تَثْنِيَّةٌ

فَعَلْنَ   فُعِلْنَ   هُنَ     : جَمْعٌ

  • 3 Mukhotob

فَعَلْتَ  فُعِلْتَ  اَنْتَ    : مُفْرَدٌ

Baca Juga ; Hukum Mim Mati

فَعَلْتُمَا  فُعِلْتُمَا  اَنْتُمَا    : تَثْنِيَّةٌ

فَعَلْتُمْ   فُعِلْتُمْ   اَنْتُمْ    : جَمْعٌ

  • 3 Mukhotobah

فَعَلْتِ  فُعِلْتِ  اَنْتِ    : مُفْرَدٌ

فَعَلْتُمَا  فُعِلْتُمَا  اَنْتُمَا    : تَثْنِيَّةٌ

فَعَلْتُنَّ   فُعِلْتُنَّ   اَنْتُنَّ    : جَمْعٌ

  • 2 Mutakalim

فَعَلْتُ  فُعِلْتُ  اَنَا      : مُفْرَدٌ

فَعَلْنَا    فُعِلْنَا    نَحْنُ    : تَثْنِيَّةٌ / جَمْعٌ

Tashrif lughowi fi’il mudlori’ mabni maklum dan mabni majhul

Fi’il mudlori’, baik mabni ma’lum maupun majhul, bisa ditashrif secara lughowi menjadi 14 bentuk, yaitu:

Baca Juga ; Ra Tarqiq

  • 3 Ghoib

يَفْعُلُ           يُفْعَلُ

يَفْعُلاَنِ         يُفْعَلاَنِ

يَفْعُلُوْنَ         يُفْعَلُوْنَ

  • 3 Ghoibah

تَفْعُلُ           تُفْعَلُ

تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ

يَفْعُلْنَ          يُفْعَلْنَ

  • 3 Mukhotob

تَفْعُلُ           تُفْعَلُ

تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ

تَفْعُلُوْنَ         تُفْعَلُوْنَ

  • 3 Mukhotobah

تَفْعُلِيْنَ          تُفْعَلِيْنَ

تَفْعُلاَنِ         تُفْعَلاَنِ

تَفْعُلْنَ          تُفْعَلْنَ

  • 2 Mutakalim

اَفْعُلُ           اُفْعَلُ

نَفْعُلُ           نُفْعَلُ

Baca Juga : Ya Latif

Tashrif lughowi fi’il amar dan fi’il nahi

Pada fi’il amar dan fi’il nahi karena huruf akhir dijazemkan, maka membuang nun kecuali nun jama’ niswah. Jika akhir fi’il berupa huruf shohih dan tidak bertemu dengan dlomir alif, wawu dan ya’, maka tanda jazemnya dengan sukun.

Contoh:لاَيَنْصُرَا، لاَيَنْصُرُوْا، لِيَضْرِبَا، لِيَضْرِبُوْا، لِيَضْرِبِي، لاَتَنْصُرِي

Fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu nun jama’ niswah hukumnya mabni sukun. Contoh: لاَيَنْصُرْنَ، لِيَنْصُرْنَ

Fi’il amar dan fi’il nahi yang berbentuk takalum tidak ada karena perintah/mencegah pada diri sendiri itu tidak mungkin.

fi’il amar dan fi’il nahi, baik mabni fa’il maupun mabni maf’ul, bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:

  • 3 Ghoib

لِيَنْصُرْ          لِيُنْصَرْ          لاَ يَنْصُرْ                لاَ يُنْصَرْ

لِيَنْصُرَا          لِيُنْصَرَا          لاَ يَنْصُرَا        لاَ يُنْصَرَا

لِيَنْصُرُوا         لِيُنْصَرُوا         لاَ يَنْصُرُوا       لاَ يُنْصَرُوا

  • 3 Ghoibah

لِتَنْصُرْ          لِتُنْصَرْ          لاَ تَنْصُرْ                لاَ تُنْصَرْ

لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا

لِيَنْصُرْنَ         لِيُنْصَرْنَ         لاَ يَنْصُرْنَ       لاَ يُنْصَرْنَ

  • 3 Mukhotob

لِتَنْصُرْ          لِتُنْصَرْ          لاَ تَنْصُرْ                لاَ تُنْصَرْ

لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا

لِتَنْصُرُوا         لِتُنْصَرُوا         لاَ تَنْصُرُوا       لاَ تُنْصَرُوا

  • 3 Mukhotobah

لِتَنْصُرِي لِتُنْصَرِي لاَ تَنْصُرِي      لاَ تُنْصَرِي

لِتَنْصُرَا          لِتُنْصَرَا          لاَ تَنْصُرَا        لاَ تُنْصَرَا

لِتَنْصُرْنَ         لِتُنْصَرْنَ         لاَ تَنْصُرْنَ       لاَ تُنْصَرْنَ

  • Tashrif lughowi isim fa’il dan fi’il ghoiru tsulatsi

لِعَشْرَةٍ يُصَرَّفُ اسْمُ الْفَاعِلِ # فَعَلَةٍ وَفَاعِلَيْنِ فَاعِلِ

Baca Juga : Qalqalah Kubra dan Qalqalah Sugra

وَفَاعِلِيْنِ فُعَّلٍ فُعَّالِ # وَفِيْهِمَا اضْمُمْ فَاوَشُدَّ التَّالِى

فَاعِلَةٍ فَاعِلَتَيْنِ فَاعِلاَ # تٍ وَفَوَاعِلَ كَمَا قَدْ نُقِلاَ

Isim fa’il yang tercetak dari f’il tsulatsi mujarrod dapat ditashrif menjadi 10 bentuk, yaitu: 6 berbentuk mudzakar dan 4 berbentuk mu’annats.

  • 6 mudzakar

فَاعِلٌ           >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ مُذَكَّرٌ     >     نَاصِرٌ

فَاعِلاَنِ                 >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ مُذَكَّرٌ      >     نَاصِرَانِ

فَاعِلُوْنَ         >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ مُذَكَّرٌ      >     نَاصِرُوْنَ

فُعَّالٌ           >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نُصَّارٌ

فُعَّلٌ            >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نُصَّرٌ

فَعَلَةٌ            >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ تَكْسِيْرٍ     >     نَصَرَةٌ

  • 4 mu’annats

فَاعِلَةٌ           >     هِيَ، اَنْتِ، اَنَا          >     مُفْرَدٌ مُؤَنَّثٌ     >     نَاصِرَةٌ

فَاعِلَتَانِ         >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ م مُؤَنَّثٌ   >     نَاصِرَتَانِ

فَاعِلاَتٌ                >     هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ مُؤَنَّثٌ      >     نَاصِرَاتٌ

فَوَاعلُ         >     هُنَّ، اَنْتُنَّ، نَحْنُ         >صِيْغَةُ مُنْتَهَى الْجُمُوعِ>      نَوَاصِرُ

Catatan:

Jama’ taksir adalah kalimah yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan merubah dari bentuk mufrodnya, bisa dengan menambah atau mengurangi huruf. Contoh:

اَسَدٌ > اُسُدٌ ، غَازٍ > غُزًى

Wazan jama’ taksir

Baca Juga ; Pengertian Matan

Jama’ taksir mempunyai wazan yang sangat banyak. Sebagian ulama’ muta-akhirin mengatakan kebanyakan jama’ taksir hukumnya sima’i, namun ada pula yang diqiyasi (bisa dijadikan pedoman).

Shighot muntahal jumu’ adalah shighot jama’ taksir, dimana setelah alif jama’ taksir terdapat dua huruf atau tiga huruf, yang tengah mati. Contoh: دَنَانِيْرُ، دَرَاهِمُ

  • Tashrif lughowi isim maf’ul dan fi’il tsulatsi
  • Tashrif lughowi isim maf’ul dari fi’il tsulatsi

ثُمَّ اسْمُ مَفْعُوْلٍ لِسَبْعٍ يَأْتِى # مَفْعُوْلَةٍ وَثَنٍّ مَفْعُوْلاَتِ

كَذَاكَ مَفْعُوْلٌ مُثَنَّاهُ وَمَفْـ #  ـعُوْلُوْنَ ثُمَّ جَمْعُ تَكْسِيْرٍ يُضَفْ

Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi mujarrod kebanyakan mengikuti wazan مَفْعُوْلٌ. Contoh: مَنْصُوْرٌ

Isim maf’ul yang tercetak dari fi’il tsulatsi mujarrod dapat ditashrif menjadi 7 bentuk, yaitu: 4 berbentuk mudzakar dan 3 berbentuk mu’annats.

  • 4 mudzakar

مَفْعُوْلٌ          >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ    >>   مَنْصُوْرٌ

مَفْعُوْلاَنِ        >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ    >>   مَنْصُوْرَانِ

مَفْعُوْلُوْنَ        >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ    >>   مَنْصُوْرُوْنَ

مَفَاعِيْلُ         >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعُ    >>   مَنَاصِيْرُ

  • 3 mu’annats

مَفْعُوْلَةٌ          >     هُوَ، اَنْتَ، اَنَا           >     مُفْرَدٌ    >>   مَنْصُوْرَةٌ

مَفْعُوْلَتَانِ        >     هُمَا، اَنْتُمَا، نَحْنُ >     تَثْنِيَّةٌ    >>   مَنْصُوْرَتَانِ

مَفْعُوْلاَتٌ       >     هُمْ، اَنْتُمْ، نَحْنُ         >     جَمْعٌ    >>   مَنْصُوْرَاتٌ

Tashrif lughowi isim fa’il dan isim maf’ul dari fi’il ghoiru tsulatsi mujarrod

Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid sama dengan wazan mudlori’nya, hanya saja huruf mudloro’ahnya diganti dengan huruf mim dibaca dlommah. Jika huruf sebelum akhir dibaca kasroh maka menjadi isim fa’il dan jika huruf sebelum akhir dibaca fathah maka menjadi isim maf’ul.

Isim fa’il dan isim maf’ul yang tercetak dari dari fi’il tsulatsi mazid atau fi’il ruba’i mujarrod atau mazid dapat ditashrif menjadi 6 bentuk, yaitu: 3 berbentuk mudzakar dan 3 berbentuk mu’annats. Contoh:

ثُلاَثِيٌ مَزِيْدٌ      >     وَاصَلَ          يُوَاصِلُ         مُوَاصِلٌ         مُوَاصَلٌ

رُبَاعِيٌ مُجَرَدٌ     >     فَعْلَلَ           يُفَعْلِلُ          مُفَعْلِلٌ          مُفَعْلَلٌ

رُبَاعِيٌ مُلْحَقٌ   >     فَوعَلَ           يُفَوْعِلُ          مُفَوْعِلٌ         مُفَوْعَلٌ

  • 3 mudzakar

مُوَاصِلٌ         ،       مُوَاصَلٌ

مُوَاصِلاَنِ       ،       مُوَاصَلاَنِ

مُوَاصِلُوْنَ       ،       مُوَاصَلُوْنَ

  • 3 mu’annats

مُوَاصِلَةٌ         ،       مُوَاصَلَةٌ

مُوَاصِلَتَانِ       ،       مُوَاصَلَتَانِ

مُوَاصِلاَتٌ      ،       مُوَاصَلاَتٌ

  • Nun Taukid

وَتَلْحَقُ الْفِعْلُ اَيِ الْمُسْتَقْبَلاَ # نُوْنَانِ لِلتَّوْكِيْدِ قُسِّمَا اِلَى خَفِيْفَةٍ سَاكِنَةٍ مِثْلِ اضْرِبَنْ

كَذَا اِلَى ثَقِيْلَةٍ كَالْيُسْجَنَنَّ # هَذِهِ مَفْتُوْحَةٌ فِى غَيْرِ مَا حُصَّتْ بِهِ كَسْرُهَا فِيْهِ الْزَمَا

وَذَاكَ فِعْلُ اثْنَيْنِ وَالنِّسْوَانِ # كَقَوْلِكَ اذْهَبَانِّ وَاذْهَبْنَانِّ

وَبَعْدَ نُوْنِ الْجَمْعِ لِلإِْنَاثِ # بِاَلْفِ جِيْئَ فَاصِلَ الثَّلاَثِ[1]

Pengertian nun taukid

Nun taukid adalah  nun yang berfungsi untuk meyakinkan, yang masuk pada fi’il yang berzaman mustaqbal (masa yang akan datang)

Pembagian nun taukid

Nun taukid terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Nun taukid khofifah, yaitu nun taukid yang disukun. Contoh: يَنْصُرَنْ
  2. Nun taukid tsaqilah, yaitu nun bertasydid yang berharokat fathah, selain yang berada setelah alif tasniyah dan alif fashilah. Jika nun taukid tsaqilah berada setelah alif tasnian dan alif fashilah, maka nun taukid wajib dibaca kasroh. Contoh:

يَنْصُرَنَّ، يَنْصُرَانِّ، يَنْصُرْنَانِّ

  1. Hukum-hukum bacaan kalimah yang bertemu dengan nun taukid
  2. Fi’il mudlori’ ketika bertemu dengan nun taukid khofifah dimabnikan fathah. Contoh:

يَنْصُرَنْ / يَنْصُرَنَّ، يَغْزُوَنْ / يَغْزُوَنَّ

Baca Juga ; Pengertian Sanad

Jika sebelum nun taukid tsaqilah berupa alif tasniyah, wawu jama’ atau ya’ mu’annats mukhottobah, maka fi’il mudlori dihukumi mu’rob dengan adanya huruf nun yang dibuang. Alif tasniyah tidak boleh dibuang, namun dlomir wawu dan ya’ dibuang. Contoh:

يَنْصُرَانِ + نَّ >            يَنْصُرَانَّ > يَنْصُرَانِّ

تَنْصُرَانِ + نَّ >            تَنْصُرَانَّ > تَنْصُرَانِّ

يَنْصُرُونَ + نَّ >           يَنْصُرُوْنَّ > يَنْصُرُنَّ

تَنْصُرُونَ + نَّ >           تَنْصُرُوْنَّ > تَنْصُرُنَّ

تَنْصُرِينَ + نَّ >            تَنْصُرِيْنَّ > تَنْصُرِنَّ

وَنُوْنَ تَوْكِيْدٍ بِالأَمرْ ِالنَّهْيِ صِلْ # وَذَاتَ خِفٍّ مَعَ سُكُوْنٍ  لاَتَصِلْ

Fi’il mudlori’, baik tsulatsi maupun ruba’i, mujarrod atau mazid yang ketemu dengan nun taukid tsaqilah dapat ditashrif menjadi 14 bentuk, yaitu:

  1.  3 ghoib
  2. 3 ghoibah
  3.  3 mukhothob
  4. 3 mukhothobah
  5. 2 mutakalim

Jika fi’il mudlori’ bertemu nun taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 8 bentuk, yaitu:

  1. 2 ghoib
  2. 1 ghoibah
  3. 2 mukhothob
  4. 1 mukhothobah
  5. 2 mutakalim

Hanya bisa ditashrif menjadi 8 bentuk karena nun taukid khofifah tidak bisa jatuh setelah alif tatsniyah dan alif fashilah karena menimbulkan  berkumpulnya 2 huruf yang mati yag dilarang. Contoh: يَنْصُرْنَانْ، يَنْصُرَانِ نْ

  1. Nun taukid khofifah atau tsaqilah yang masuk pada fi’il amar dan fi’il nahi hukumnya sama ketika masuk pada fi’il mudlori’, hanya saja pada fi’il amar mendatangkan lam amar dan pada fi’il nahi mendatangka laa (لا).
  2. Pada fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu dengan nun taukid khofifah hanya bisa ditashrif menjadi 6 bentuk, yaitu:
  3. Fi’il amar dan fi’il nahi yang bertemu nun taukid tsaqilah bisa ditashrif menjadi 12 bentuk, yaitu:

  1. 3 hoib
  2. 3 ghoibah
  3. 3 mukhothob
  4. 3 mukhothobah

Tashrif Ishtilahy (  حِي صْطِلَا لإِ ا يْفَ التَصْرِ)

Tashrif ishthilahy adalah perubahan kata yang didasarkan pada perbedaan bentuk katanya.Perubahan bentuk dari bentuk asli (fi’il madhy) ke bentuk mashdarisim fa’il hingga fi’il amar adalah yang dimaksud dengan tashrif  ishthilahy. Untuk lebih memahami tashrif ishthilahy.

Perhatikanlah contoh tashrif  ishthilahy untuk kata ”menulis” (كَتَبَ )

Tashrif isthilahy Arti
كَتَبَ Telah menulis (dia laki-laki)
يَكْتُبُ Sedang menulis (dia laki-laki)
كِتَابَةً Tulisan
كَاتِبُ Penulis
مَكْتُوْبٌ yang ditulis
كْتُبْ اُ tulislah!
لَاتَكْتُبْ jangan kau tulis!