Naudzubillah Min Dzalik Artinya

Diposting pada
4.6/5 - (39 votes)

Pengertian Naudzubillah Min Dzalik

Pak, saya mau bertanya tentang penulisan yang benar naudzubillahi min dzalik dalam bahasa arab. Saya juga ingin tahu artinya. Dalam banyak kesempatan di kehidupan sehari-hari saya sering mendengar kalimat tersebut diucapkan oleh orang-orang.
Baca Juga : Yaumul Hasyr
Yang mengucapkannya kadang para ibu rumah tangga, kakek nenek, bahkan anak yang masih kecil. Percakapan atau ngobrol ringan di arisan RT pun kerap kali muncul lafazh tersebut. Bahkan di media sosial kadang muncul tulisan seperti itu juga. Biasanya lafazh dan tulisan ini muncul tatkala ada sesuatu yang aneh dan tidak baik. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya.
Jawab :
Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Swt. yang telah melimpahkan kepada kita beragam nikmat dan karuniaNya. Kita tidak pernah sanggup untuk menghitung nikmat-Nya. Kita mesti selalu meningkatkan sikap bersyukur. Kita pun senantiasa mengucapkan tasbih kepada-Nya. Perhatian anda terhadap ilmu agama sangatlah memberikan keberuntungan yang besar. Tentunya, anda sendirilah yang akan merasakan hal tersebut. Berkenaan dengan apa yang anda tanyakan tentang tulisan dalam huruf arab dari naudzubillah min dzalik. Silakan di simak berikut.
Artinya : “Kami berlindung kepada Allah dari perkara itu.”
Biasanya memang kalimat tersebut diucapkan pada saat seseorang melihat atau mendengar suatu peristiwa, perbuatan, perkara, dan fenomena yang tidak baik atau buruk. Seseorang mengucapkan lafazh tersebut supaya ia dilindung Allah dari hal buruk tersebut. Di dalam ceramah para ustadz, da’i, mubaligh maupun kyai pun sering pula kita dengar. Tatkala materi cermah menyinggung sesuatu kisah atau peristiwa yang buruk maka sang penceramah mencucapkan lafazh itu. Wallahu ‘alam.
Baca Juga : Arti Yaumul Mizan

Arti dari naudzubillah min dzalik serta penulisannya

Pada dasarnya budaya berasal dari kebiasaan. Budaya tidak hanya berupa adat istiadat atau kesenian. Salah satu budaya adalah bahasa karena bahasa menjadi hal yang selalu dipakai manusia sebagai makhluk sosial untuk berkomunikasi.

Umat muslim khususnya di Indonesia memiliki kebiasaan tersendiri dalam menanggapi sesuatu. Ketika menanggapi sesuatu mereka biasanya mengucapkan kata-kata dari bahasa Arab yang merupakan tempat di mana Islam berasal. Kata-kata yang dipakai biasanya tersemat nama Allah. Penggunaan setiap kata mungkin berbeda-beda tetapi dengan tujuan yang sama yaitu mengingat Allah SWT.

Salah satu kata atau kalimat yang sering diucapkan adalah naudzubillah min dzalik. Kalimat tersebut sering digunakan ketika melihat sesuatu yang buruk. Kalimat tersebut biasa diucapkan oleh para wanita terutama ibu-ibu. Selain itu juga para orang-orang tua bahkan anak-anak

Pada acara pengajian biasanya sang penceramah juga menggunakan kalimat tersebut ketika menjelaskan tentang contoh perbuatan dzolim. Dan tidak ketinggalan, komentar di media sosial pada postingan yang dinilai mengandung keburukan.
Baca Juga : Hizib Autad

Kalimat naudzubillah min dzalik terdiri dari 4 kata. Secara bahasa, masing-masing dari kata artinya kurang lebih seperti berikut :

  1. Naudzu artinya kami mencari
  2. Billah artinya kepada Allah
  3. Min artinya dari
  4. Dzalik artinya hal itu

Jika digabung, kalimat naudzubillah min dzalik berarti kami mencari Allah dari hal itu. Jika ditelaah kembali, kata mencari yang terdapat dalam kalimat bisa berarti mencari atau meminta perlindungan. Secara sederhana, naudzubillah min dzalik artinya menjadi “Kami berlindung kepada Allah dari hal (buruk) itu.”

Apapun kata yang digunakan untuk mengartikan kalimat tersebut, yang pasti naudzubillah min dzalik adalah doa meminta perlindungan. Kalimat tersebut dapat diucapkan ketika mengetahui suatu hal yang buruk atau tidak baik. Misalnya melihat bencana alam yang terjadi di suatu daerah, musibah yang menimpa seseorang, atau melihat perbuatan dzolim yang dilakukan seseorang. Dengan mengucapkan kalimat naudzubillah min dzalik, maka kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari hal (buruk) itu.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan kalimat naudzubillah min dzalik tidak pas digunakan ketika melihat hal buruk dalam segi rupa. Misalnya ketika bertemu dengan orang yang memiliki kekurangan fisik (disabilitas). Jika kita menggunakannya ketika melihat orang disabilitas, maka akan terkesan tidak menyukai orang tersebut bahkan terkesan membenci ciptaan Allah.

Baca Juga : Hizib Nawawi

Pada dasarnya, kekurangan fisik itu bukan hal yang buruk. Kekurangan fisik merupakan pemberian dari Allah. Alangkah baiknya jika kita mengucapkan alhamdulillah sebagai bentuk syukur atas nikmat fisik yang Allah berikan kepada kita. Demikian penjelasan mengenai arti dari naudzubillah min dzalik serta penulisannya. Semoga menambahkan pengetahuan dan membuat Anda bijak menggunakannya.