Ar Raafi Artinya

Diposting pada
5/5 - (2 votes)

Ar Raafi Artinya

Pengertian Ar Raafi

Nama Allah, Ar Raafi’ ( الرافع ) dibaca Ar Rofi’ termasuk Al-Asma`ul Husna, firman Allah :

  • Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu” , maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al-Mujaadilah [58]: 11) 

Baca Juga : Al Khaafidh Artinya

Makna Kata Ar Raafi

Nama Allah, Ar Raafi’ bermakna Yang meninggikan derajat seseorang yang Allah kehendaki..

Ar-Rafi’ berasal dari kata ra-fa-’a yang artinya meninggikan, sedang arti Ar-Raafi’ sendiri adalah Yang Maha Tinggi. Allah adalah wujud yang Maha Tinggi, bahkan Dia adalah setinggi-tinggi wujud dalam segala sifat keagungan-Nya.

Pahlawan Uhud adalah contoh kongkret tentang orang-orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

Dalam hadits qudsiy Allah berfirman: “Ketika kawan-kawanmu mendapat musibah dalam Perang Uhud, Allah SWT memindahkan ruh-ruh mereka itu ke dalam burung-burung hijau yang menghinggapi sungai-sungai surga sambil memakan buah-buahannya dan kemudian berlindung ke lampu-lampu emas yang bergantungan di bawah naungan Arsy. Tatkala mereka merasakan nikmatnya tempat peristirahatan mereka di surga itu,

berkatalah mereka: siapakah gerangan yang akan menyampaikan kepada kawan-kawan kami tentang hal ihwal diri kami yang hidup bahagia di surga, agar mereka tidak meninggalkan jihad dan agar mereka tidak licik meninggalkan medan perang? Allah menjawab: Akulah yang akan menyampaikan kepada mereka perihal diri kamu semua.”
(HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Baihaqi, dan Ibnu Abbas).

Baca Juga ; Al Baasith Artinya

Dalam al-Qur’an bisa dijumpai beberapa ayat yang menjelaskan tentang ”kesibukan” Tuhan dalam meninggikan derajat nabi dan para wali (kekasih)-Nya. Di antaranya adalah Nabi Isa as yang telah diwafatkan dan kemudian ditinggikan derajatnya oleh Allah swt di sisi-Nya, setelah di dunia dihinakan oleh ummatnya. Allah berfirman:
“Sesungguhnya Aku akan mewafatkanmu dan meninggikanmu”. (Ali Imraan: 55)
Nabi Muhammad termasuk disebut dalam al-Qur’an sebagai orang yang ditinggikan sebutan (derajatnya). Nama beliau tidak saja digandengkan dengan nama-Nya dalam dua kalimah syahadat, tapi namanya senantiasa disebut-sebut dalam setiap shalawat. Sekalipun beliau sudah wafat 14 abad yang lampau, namanya tetap harum dan paling banyak disebut dan diucapkan manusia sampai hari kiamat.
Tak sedikit orang yang semasa hidupnya tidak banyak disebut orang, bahkan oleh para musuh politiknya dikategorikan sebagai pengkhianat negara, tapi setelah wafat sekian lamanya, namanya direhabilitasi. Orang menyebutnya kembali sebagai pahlawan. Pikiran-pikirannya muncul kembali menjadi ruh dalam menyemangati perjuangan dan idealisme.
Baca Juga : Al Alim Artinya
Dia-lah Allah yang tidak pernah lepas memperhatikan satu per satu hamba-hamba-Nya, memperhitungkan, sekaligus memberi hukuman dan penghargaan. Orang-orang yang mengukir prestasi semasa hidupnya di dunia ini tak perlu khawatir perbuatannya sia-sia. Lambat atau cepat prestasi itu akan diperlihatkan dan dihargai.
Bisa jadi penghargaan itu diberikan pada saat dia masih hidup, mungkin juga diberikan saat sudah mati. Namanya dikenang banyak orang, dijadikan teladan, dijadikan sumber inspirasi, dan ditulis dalam catatan sejarah dengan tinta emas.

Penjelasan Ar Raafi

Allah akan meninggikan derajat orang beriman dan beramal shaleh, yang menjalankan semua perintah-Nya serta meninggalkan semua larangan-Nya. Allah meninggikan derajat orang-orang yang senantiasa berakhlak mulia dan suka berbuat kebaikan. Allah juga memuliakan orang-orang yang berilmu dan mau mengamalkannya. Kemuliaan tersebut akan diberikan Allah di akhirat.
Baca Juga : Al Fattah Artinya
Ada nama Allah yang artinya hampir sama dengan Ar Raafi’, yaitu Al ‘Aliyy (Maha Tinggi). Al ‘Aliyy berarti Maha Tinggi Dzat dan Kedudukan Allah, yang lebih dari segala apapun yang dipandang tinggi di alam semesta.
 يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
…Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan. [Q.S. Al Mujadilah: 11]Akhlak Kita Terhadap sifat Ar Raafi’:
  1. Rajin shalat, membaca Al Qur’an.
  2. Gemar mencari ilmu dan mengamalkannya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
  3. Menghormati orang lain.
  4. Senantiasa berperilaku dengan akhlak mulia agar Allah meninggikan derajat kita.

Baca Juga : Ar Razzaq Artinya