√ Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan merupakan cabang ekonomi yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di negara berkembang. Selain berfokus pada metode pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan juga perubahan sosial, ekonomi pembangunan juga memperluas kesempatan bagi penduduk dengan mendukung perbaikan kondisi kesehatan, pendidikan, dan juga tempat kerja melalui sektor publik atau swasta.

Ekonomi pembangunan mencakup perumusan teori danjuga metode yang menentukan kebijakan dan praktik dan bisa diterapkan di tingkat domestik maupun internasional. Contohnya ialah restukturisasi insentif pasar atau penggunaan matematika dalam analisis proyek (misalnya optimisasi inter-temporal), atau perpaduan metode kuantitatif dan juga kualitatif.

Berbeda dengan bidang ekonomi lainnya, pendekatan ekonomi pembangunan mempertimbangkan faktor-faktor sosial dan juga politik dalam pembuatan rencana tertentu. Selain itu juga, tidak ada kepastian soal isu yang perlu dipelajari dalam ekonomi pembangunan. Berbagai pendekatan mempertimbangkan faktor yang mendorong konvergensi atau non-konvergensi ekonomi di tingkat rumah tangga, provinsi, dan juga negara.

Diantara sekian banyak jurusan di bawah naungan fakultas ekonomi, Jurusan Ekonimi Pembangunan menjadi salah satu yang terfavorit dan juga banyak peminatnya. Kenapa? Karena prospek kerja lulusannya luas dan dapat menempati posisi strategis sehingga mempunyai peluang karir yang menjanjikan. Berikut ini ialah sektor yang dapat kamu bidik untuk meniti karir setelah lulus.

1. Instansi Pemerintahan

Dengan mempelajari berbagai mata kuliah yang ada serta didukung soft skill yang memadai, lulusan ekonomi pembangunan mempunyai keahlian dalam merumuskan berbagai persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan. Keahlian tersebut sangat dibutuhkan di instansi pemerintahan, salah satunya ialah di bidang pembangunan ekonomi, seperti BPK, Bappenas, bappeda, Bank Indonesia, pegadaian, dan juga perpajakan.

2. Lembaga Pendidikan

Selain instansi pemerintahan, kamu juga dapat bekerja sebagai pengajar di perguruan tinggi. Akan tetapi, untuk dapat menjadi pengajar, kamu harus melanjutkan pendidikan s2 dulu di bidang ekomoni terlebih dahulu.

3. Perusahaan

Perusahaan nasional maupun juga internasional yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum juga sangat membutuhkan tenaga ahli dari lulusan ekonomi pembangunan. Di perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi, kamu dapat menempati posisi sebagai analis. Sementara di perusahaan umum, kamu dapat bekerja di bagian research and development guna menganalisa berbagai isu perekonomian serta mencari solusi tepat.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.