√ 13 Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

1. Teknisi

Prospek Nomor satu tentunya teknisi. Tugas teknisi adalah melakukan perbaikan atau pembangunan komputer dan jaringan komputer agar bisa dipakai oleh pelanggan. Pekerjaan teknisi merupakan pekerjaan yang paling linear bagi siswa lulusan TKJ karena tentunya siswa TKJ sudah pernah mendapatkan pengalaman di sekolahnya saat melakukan prakerin.

2. Marketer/sales

Ujung dari semua badan usaha atau apapun yang menginginkan keuntungan tentu saja pemasaran. Bagaimana barang atau jasa yang disediakan bisa digunakan orang dan juga mendatangkan keuntungan untuk kita.

Penjualan produk IT yang berupa software dan hardware dapat dilakukan secara offline maupun online. Apalagi dengan adanya berbagai fasilitas toko online yang sangat memudahkan penjualan ke jangkauan yang luas.

3. PNS

Sampai tahun ini saya rasa PNS adalah pekerjaan menantu idaman. Bagaimana tidak, dengan gaji dan berbagai jaminan yang diberikan profesi PNS tentu menjadikan siapapun yang menjalaninya bisa ayem dan tentrem. Dengan skill TKJ yang dimiliki kemungkinan akan memberi suatu nilai tambah bagi anda karena sekarang kantor kecamatan mana yang tidak butuh dengan komputer? internet?. Tentu Semuanya butuh.

4. Desainer

Pada saat menjalani proses pembelajaran biasanya akan ada selingan misalnya seperti menguasai beberapa aplikasi desain. Sebut saja Corel Draw, Blender, 3DMAX, dan masih banyak lagi. Walaupun hanya sebagai selingan siswa bisa mengembangkannya sendiri sesuai kemauannya. Pekerjaan sebagai desainer grafis, desainer interior, 3d modeling, dan banyak lagi menunggu anda apabila bisa menguasai aplikasi desain tersebut.

5. Programmer

Prospek kerja Teknik Informatika di era digital seperti saat ini, yang akan menjadi most wanted ialah seorang programmer. Sebab, dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki website, aplikasi, hingga program komputer akan tetapi kekurangan orang untuk mengembangkannya.

Dengan latar sebagai lulusan Teknik Informatika, kamu tentu mempunyai kemampuan membuat, merawat, hingga mengembangkan berbagai program komputer, aplikasi, dan juga website. Keahlian itu tentu sangat dibutuhkan berbagai perusahaan.

Apalagi, sebagai programmer kelak, kamu dapat bekerja secara lepas atau freelance. Dengan begitu, bekerja enggak harus lagi dengan sistem 9-5 di kantor, bertemu macet, dan duduk seharian depan laptop, Quipperian. jika kemampuanmu mumpuni, kamu pun akan dicari banyak orang.

7. System Analyst

Kamu tahu system analyst? System analyst merupakan profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan juga peranti lainnya yang berhubungan.

Seorang system analyst dituntut untuk memberikan analisis dan juga mengetahui secara jelas kondisi dan keadaan sistem jaringan di suatu perusahaan. Mulai dari system definition, database, sampai pengecekkan keadaan hardware sistem jaringan tersebut.

saat menjadi seorang system analyst, kamu dapat bekerja secara full time di kantor atau menjadi pekerja lepas. Enak bukan kalau dibayangkan dapat memilih pola kerja seperti apa? Tapi ingat ya Quipperian, kalau memang ingin jadi seorang system analyst, kamu harus mempunyai ketelitian tinggi agar tidak melakukan kesalahan saat bekerja.

8. Network Administrator

Prospek kerja Teknik Informatika lainnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi network administrator. Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan juga kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, sampai DNS server.

Intinya, sebagai seorang network administrator, kamu akan mengelola juga menjaga seluruh sistem jaringan yang ada. Karena tugasnya seperti itu, maka kamu pasti dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Terutama, perusahaan yang dasar usahanya sistem jaringan.

Untuk menjadi seorang network administrator andal, kamu juga harus menguasai banyak keahlian. Pertama, kamu harus mengetahui dasar-dasar komputer, baik itu teori maupun juga praktik. Kedua, kamu haurs bisa menguasai pengetahuan hardware.

Ketiga, memahami routing theory hingga konfigurasinya hingga  handal. Keempat, kamu harus bisa mengetahui sistem keamanan jaringan komputer. Dan, kelima, kamu harus mmempunyai tingkat ketelitian dan etos kerja yang mumpuni serta konsisten.

9. Konsultan ERP

Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning adalah profesi yang memberikan jasa konsultasi mengenai pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Sebagai seorang konsultan ERP, kamu juga harus bisa memberikan solusi agar suatu perusahaan dapat melakukan kegiatannya secara efektif dengan pengeluaran yang lebih kecil.

Tak jarang, seorang konsultan ERP dituntut untuk bisa memberikan solusi terkait pencarian data atau data mining dan pengumpulan data atau data warehousing. Untuk bisa menjadi seorang konsultan ERP, tentunya harus mempunyai kemampuan untuk menggunakan sistem database tertentu, seperti Oracle atau SAP.

Selain itu, kamu juga harus melek kemajuan sistem database dan mampu menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh klien. Dengan kondisi perkembangan teknologi saat ini, jasa seorang konsultan ERP tentunya sangat dibutuhkan sekali. Jadi, apabila kamu menjadi seorang konsultan ERP akan dicari banyak perusahaan.

10. Game Developer

Apakah Kamu suka bermain video games? Kalau begitu, kamu akan senang menjadi lulusan Teknik Informatika. Sebab, kamu dapat menjadi seorang game developer.

Sebagai seorang game developer, kamu bisa bertugas membuat dan mengembangkan suatu permainan. Mulai dari membuat rancangan dasarnya, mendesain level permainan, hingga mengaplikasikan sistem-sistem tertentu di dalam permainan tersebut.

11. Network Administrator.

Sangat banyak sekali perusahaan di Indonesia yang masih memerlukan pekerja untuk di bagian network administrator. Network administrator itu merupakan pekerjaan yang mengatasi dalam perawatan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Juga banyak digunakan untuk melakukan pengecekan, perawatan, dan monitoring. Rata-rata di perusahaan yang ada pasti mmempunyai masalah tentang jaringan. Dan pekerjaan ini sangatlah gampang bagi kalian lulusan jurusan TKJ, pekerjaannya itu dari mulai menyusun kabel, menyusun jaringan, mengontrol server, dan juga jaringan.

12. Dapat menjadi ahli komputer dan perangkatnya.

Bagi kalian yang tidak dapat bekerja di suatu perusahaan, kalian bisa membuka layanan service komputer di rumah kalian sendiri. Karena sahabat GCI bisa langsung mempraktekan apa yang sahabat dapat selama belajar di sekolah. Menjadi service komputer itu adalah suatu kerjaan yang dapat di kerjakan sendiri dan menggunakan ilmu yang di dapat. Kenapa saya bilang sendiri? Itu karena pekerjaan ini tidak bergantung kepada orang lain dan kita yang bekerja sendiri untuk membuat maju dan dapat memperkerjakan orang.

13. Bisa membuka Les Privat Komputer

Membuka les privat komputer sendiri yang berpeluang bagi kalian, cukup berpengalaman microsoft excel, microsoft word dan yang lainnya, apalagi jika di pakai dengan les privat komputer bagian dalam dari komputer tersebut pasti banyak sekali para pengguna yang tertarik dengan les privat komputer di tempat anda.

Baca Juga : 

Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 13 Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.