√ 14 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita

1. Tenaga Pengajar

Lulusan teknik elektro mempunyai peluang  besar sekali menjadi tenaga pelajar seperti guru SMK Jurusan Listrik, Audio Video, Instalasi Listrik, Elektronika Industri, dan bisa juga menjadi dosen untuk jurusan teknik elektro maupun juga jurusan lain yang berkaitan dengan teknik.

Jadi kaum perempuan tidak usah khawatir saat lulus S1 tidak bisa pekerjaan yang cocok.

Banyak kok pekerjaan yang tidak harus terjun langsung ke lapangan untuk jadi teknisi yang berurusan dengan alat berat, ketinggian, dan lainnya yang dapat dikerjakan laki-laki.

2. Pegawai Negeri

Prospek kerja selanjutnya adalah menjadi pegawai negeri. Bagi lulusan teknik elektro memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai pegawai negeri sipil di bidang energi dan sumber daya mineral diantaranya ialah Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan sumber daya mineral.

Jadi prospek kerja menjadi pegawai negeri sipil ini sangat direkomendasikan sekali untuk para wanita lulusan teknik elektro.

3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kesempatan kerja jurusan teknik elekto lainnya adalah bisa bekerja di bada-badan usaha milik negara atau disingkat BUMN. Tentu dengan yang berkaitan dengan telekomunikasi dan energi seperti PT Pertamina, PT Telkom, PLN, Telkomsel, dan perusahaan-perusahaan lain.

Anda tidak harus terjun langsung ke lapangan untuk bekerja, Anda bisa juga bekerja pada posisi yang tidak mengharuskan untuk terjun langsung ke lapangan atau bagian struktural.

4. Sektor Swasta

Prospek kerja lulusan teknik elektro di sektor swasta sangatlah luas. Terutama untuk perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan telekomunikasi seperti telkom, depkominfo, xl axiata, indosat, telkomsel, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, tamatan jurusan teknik elektro juga dapat kerja di perusahaan yang berbasis pengembangan komputer baik hardware maupun juga software untuk dunia yang lebih melek teknologi.

5. Wirausaha

Lulusan teknik elektro juga bisa membuka usaha sendiri karena memang lulusan teknik elektro telah dibekali ilmu sehingga dapat berhadapan langsung dengan masalah yang berhubungan dengan kelistrikan maupun juga komputer.

Untuk Anda yang mau berwirausaha dengan berbekalkan ilmu yang dimiliki bisa kok diantaranya adalah dengan menjadi tutor atau instruktur yang berhubungan dengan ketenagalistrikan, elektronika industri, instalasi listrik, dan bisa juga mengembangkan bisnis Start Up sendiri.

6. Software Developer

Siapa bilang bisa jadi software developer hanya untuk anak lulusan teknik informatika saja. Anak teknik elektro juga ternyata bisa.

Memang anak teknik informatika bisa untuk mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan Internet of Things (IOT). Tetapi anak lulusan teknik elektro pun dibekali kemampuan bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya seperti arduino.

7. System Engineer

System Engineer atau rekayasa sistem merupakan kumpulan konsep, metodologi dan pendekatan, serta tools untuk menginstalasi dan juga merancang sebuah sistem yang kompleks.

Kompleksitas sistem biasanya disebabkan karena 2 faktor yaitu kompleksitas dinamis dan detail. Kompleksitas detail adalah ketika komponen yang dirancang sangat banyak dan dilengkapi dengan multi sourcing, multi criteria, multi standar, dan lain nya.

Rekayasa sistem di zaman sekarang ini terutama di Amerika sangat lekat sekali dengan dunia militer karen memang produk militer kebanyakan memiliki kompleksitas detail sepeti kapal induk, pesawat tempur, sistem pertahanan rudal, dan yang lainnya.

8. Control Enginner

Control Engineering ialah disiplin ilmu keteknikan yang mengimplementasikan teori pengendalian terhadap suatu sistem yang arahnya bisa diprediksi.

Maksudnya ialah output dari sistem itu adalah fungsi dari input. Tujuan dari pengendalian ini ialah membuat suatu sistem menghasilkan suatu output yang sesuai dengan apa yang di inginkan.

9. DOSEN

Teknik elektro bisa mempunyai peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan program studi teknik elektro bisa menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun juga jurusan keteknikan lain.

10. Pegawai Negeri

Peluang kerja bagi lulusan jurusan teknik elektro sebagai pegawai negeri sipil terdapat bidang energi dan juga sumber daya mineral antara lain di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, juga bisa bekerja di Kementrian.

11. Badan Usaha Milik Negara

Jurusan Teknik Elektro bisa bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan masih banyak perusahaan lainnya.

12. Sektor Swasta

Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektro swasa sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl, dan lainnya. Selain itu prospek kerjateknik elektro juga bisa bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.

13. Wirausaha

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja adalah pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan juga komputer. Lulusan jurusan ini bisa menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak yang lainya.

14. Software Developer

Bukan hanya lulusan dari teknik informatika saja yang bisa mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan pengembangan IOT (Internet of Things). Selain itu, lulusan elektro juga mempu diharapkan menguasai bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya arduino.

Baca Juga : 

Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 14 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Wanita, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.