√ 19 Prospek Kerja Teknik Kimia Untuk Perempuan

1. Environmental Risk Assessor

Lulusan teknik kimia tentunya bisa bekerja menjadi environmental risk assessor. Profesi ini bertugas memeriksa resiko yang mungkin harus ditanggung lingkungan akibat terjadinya aktivitas industri. Profesi ini bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.

2. Peneliti

Sebagai lulusan dari jurusan teknik kimia, Kamu juga berpeluang besar menjadi peneliti. Kamu mempunyai bekal ilmu yang cukup untuk menjadi peneliti di bidang teknik kimia. Sebagai peneliti, Kamu bisa mendapat gaji yang besar sampai puluhan juta bahkan belasan juta rupiah.

3. Research And Development

Sebagai lulusan jurusan teknik kimia, tentunya Kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan sebagai staf R&D atau research and development. Sebagai staf R&D Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp 3 juta dan ini akan terus meningkat sesuai dengan pengalaman dan kredibilitas perusahaan.

4. Pebisnis

Tak perlu mencari pekerjaan kemana-mana, setelah lulus dari jurusan teknik kimia Kamu juga bisa menekuni profesi pebisnis. Kamu juga bisa mulai berbisnis di bidang kimia maupun bidang lain yang sesuai dengan passion yang Kamu miliki. Sebagai pebisnis, Kamu bisa mendapat penghasilan yang tak terhingga nilainya.

5. PNS

apabila Kamu ingin kehidupan yang mapan dan terjamin maka Kamu bisa memilih menjadi PNS. Kamu juga bisa mendaftar sebagai PNS pada formasi yang sesuai dengan jurusan teknik kimia. Sebagai PNS Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta dan ini bisa bervariasi tergantung kebijakan masing-masing.

6. Quality Control

Sebagai lulusan teknik kimia tentunya Kamu bisa bekerja sebagai quality control di sebuah perusahaan. Gaji yang didapat bisa mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat sesuai dengan lamanya bekerja.

7. Environmental, Safety And Health Engineer

Kamu juga tentunya bisa bekerja sebagai environmental, safety, and health engineer di sebuah perusahaan. Gaji yang Kamu dapat bisa beragam mungkin bisa mulai dari Rp 3 juta dan ini bisa terus meningkat.

8. Project Engineer

Sebagai lulusan teknik kimia, Kamu juga bisa bekerja sebagai project engineer di sebuah perusahaan. Profesi ini mempunyai gaji mulai dari Rp 5 juta rupiah dan bisa terus meningkat.

9. Dosen

Setelah lulus sarjana teknik kimia, Kamu juga bisa lanjut master dan bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta hingga puluhan juta.

10. Guru

apabila Kamu tidak ingin melanjutkan master, maka Kamu juga bisa mengandalkan gelar sarjana untuk mendaftar sebagai guru. Kamu bisa menjadi guru kimia di SMP maupun juga SMA dengan gaji mulai dari Rp 3 juta hingga 5 jutaan.

11. Oil & Gas (Owner & Services)

Oil & Gas masih adalah salah satu pekerjaan terfavorit bagi lulusan Teknik Kimia, walaupun sebenarnya bidang ini adalah ladang asli lulusan Teknik Perminyakan. Oil & Gas menjadi favorit mayoritas sarjana Teknik Kimia karena dinilai memberikan benefit yang tinggi baik dari segi salary, maupun juga dari segi training quality. Career development yang cukup baik juga menjadi alasan orang memilih pekerjaan di Oil dan Gas. Alasan kekompleksan proses industri dan keunggulan teknologi di Oil & Gas menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia. Perusahaan favorit bagi sarjana Teknik Kimia ialah Exxon Mobil, BP, ConocoPhillips, Total, Chevron, Vico, Premier Oil, Pertamina, Medco, Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu, renumerasi yang tinggi, juga berbagai fasilitas dan benefit yang mantap, menjadi salah satu daya tarik utama industri ini. Bagi seorang fresh graduate, bisa mendapatkan THP 12 juta rupiah per bulan. Akan tetapi tak sedikit perusahaan minyak dan oil service memberikan salary yang di atas 15 juta rupiah per bulan. Namun patut diingat, fresh graduate yang dapat menembus oil company/oil service ini ialah mereka yang disebut Best of The Best, tidak hanya akademik (udah pasti IP di atas 3.2), akan tetapi kecakapan non teknis lainnya, atau belakangan disebut dengan Soft Skill.

12. FMCG (Fast Moving Consumer Goods)

FMCG menjadi salah satu pekerjaan favorit bagi para lulusan sarjana Teknik Kimia, karena dinilai bisa memberikan business sense yang tinggi saat menekuni di beberapa posisi pekerjaan FMCG. Benefit dari segi salary yang relatif tinggi juga menjadi alasan masuk ke FMCG, ditambah lagi dengan career path yang baik pula. Skill baru seperti supply chain management, sales dan marketing juga menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia.

Teknologi baru yang ditemukan di production division menjadi salah satu tantangan tersendiri lainnya. Perusahaan FMCG yang menjadi favorit sarjana Teknik Kimia merupakan Nestle, Unilever, P&G, Johnson & Johnson, L’Oreal, KAO, dan masih banyak juga perusahaan FMCG lokal, seperti Orang Tua (OT), dan lainnya. Range salary nya 5 sampai 8 juta rupiah per bulan

13.EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning)

EPCC dinilai cukup menarik bagi sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat lah erat kaitannya dengan bidang studi sarjana Teknik Kimia yaitu perancangan pabrik kimia, atau chemical plant design. Perusahaan EPCC dinilai akan memberikan kesempatan yang besar bagi  para sarjana Teknik Kimia untuk mengasah ilmu keprofesian Teknik Kimia secara mendalam sehingga ilmu engineeringnya akan semakin menuju expert.

Basic EPCC ada di pendidikan sarjana Teknik Kimia kira-kira hampir 80 sampai 90% kurikulum, jadi bidang pendidikan S1 Teknik Kimia memang sangat related langsung dengan dunia kerja EPCC atau EPC. Di bidang ini, sarjana Teknik Kimia akan diminta mengurusi PFD, P&ID, analisis NME, sizing peralatan proses pabrik, merancang proses kimia, trouble shooting, dan masih banyak lagi. Perusahaan favorit pilihan sarjana Teknik Kimia untuk bidang EPCC ialah KBR, Saipem, Technip, Rekayasa Industri, IKPT, Tripatra, dan masih banyak lagi. Rata-rata salary untuk junior engineer, tercatat berkisar antara 6 hingga 10 juta rupiah per bulan.

14. Petrokimia

Petrokimia dinilai cukup menarik  sekali bagi sarjana Teknik Kimia sebab dunia Petrokimia juga dinilai erat kaitannya dengan studi pendidikan kurikulum sarjana Teknik Kimia. Proses di bidang petrokimia banyak melibatkan proses pencampuran, proses pemisahan, dan  juga proses konversi kimia yang erat kaitannya dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Bidang petrokimia dinilai sangat “Teknik Kimia sekali”,

karena ilmu Teknik Kimia sangat terpakai di bidang pekerjaan ini, seperti analisis kolom distilasi, analisis reaktor sintesis, analisis kolom absorber, trouble shooting, pengolahan limbah, dan banyak yang lainnya lagi. Bidang industri pupuk urea dan amonia ialah menjadi favorit pertama bagi sarjana Teknik Kimia. Perusahaan favorit tersebut antara lain ialah Pupuk Sriwidjaja, Petrogres, Pupuk Kaltim, Candra Asri, Trypolita, dan lainnya. Range Salary: 6 hingga 10 juta rupiah per bulan.

15. Chemical Industry

Chemical Industry juga dinilai sangat berhubungan langsung dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Hal tersebut menjadikan bidang ini juga menjadi  salah satu favorit bagi lulusan teknik kimia. Apalagi berhubungan dengan chemical. Perusahaan favorit sarjana Teknik Kimia ialah Nalco, Cognis, Givaudan, Lautan Luas, dan masih banyak lagi. Range Salary: 4 hingga 8 juta rupiah per bulan.

16. Consultant

Konsultan dinilai dapat mengasah sarjana Teknik Kimia di bidang business sense dan juga segi management skill. Bidang ini akan sangat mengasah di bidang analtycal thinking, outside the box, dan problem solving. Gaji yang tinggi juga adalah benefit yang sangat mendukung pekerjaan ini diminati walaupun bidang ini hanya membutuhkan sedikit SDM. Jadi tentunya proses seleksinya juga akan relatif sulit dan juga peluangnya kecil. Bidang konsultan yang menjadi favorit ialah McKinsey & Company, BCG, Accenture, dan lainnya. Range Salary di konsultan ternama, sangat menggiurkan, sekitar 10 hingga 15 juta per bulan.

17. Lembaga Penelitian/Research & Development

Menjadi peneliti, baik di lembaga penelitian pemerintah maupun swasta, adalah salah satu pilihan untuk sarjana Teknik Kimia. Sebut saja, LIPI, BPPT, LAPAN, Lemigas, BATAN, bekerja sebagau dosen atau peneliti di universitas, dan juga berbagai lembaga penelitian lainnya.

18. PNS/TNI/POLRI

Sarjana Teknik Kimia, juga banyak mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan di lembaga pemerintahan, sebagai PNS, atau di TNI atau Polri. Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, Departemen ESDM, Kementerian BUMN, beberapa lembaga di TNI dan Polri.

19. Bisnis dan Entrepeneurship

Terakhir, sarjana Teknik Kimia sangat terbuka peluang membuka bisnis sendiri dan juga menjadi seorang entrepeneur. Berbagai industri dan pabrik yang berhubungan dengan proses kimia industri, tentu merupakan bidang yang familier, erat sekali kaitannya dengan berbagai mata kuliah Teknik Kimia.

Baca Juga : 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 19 Prospek Kerja Teknik Kimia Untuk Perempuan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.