√ 11 Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya

Diposting pada

1. DOSEN

Teknik elektro bisa mempunyai peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri dan selain itu lulusan program studi teknik elektro dapat menjadi dosen pada jurusan teknik elektro maupun juga dengan jurusan keteknikan lain.

2. Pegawai Negeri

Peluang kerja bagi lulusan jurusan teknik elektro ialah sebagai pegawai negeri sipil terdapat bidang energi dan juga sumber daya mineral antara lain di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan juga Sumber Daya Mineral, juga bisa bekerja di Kementrian.

3. Badan Usaha Milik Negara

Jurusan Teknik Elektro dapat bekerja di badan usaha milik negara (BUMN) yang utamanya berhubungan dengan energi dan juga telekomunikasi antara lain PLN, PT Pertamina, PT Telkom, Telkomsel dan juga perusahaan lainnya.

4. Sektor Swasta

Peluang kerja lulusan teknik elektro di sektro swasa sangat luas sekali untuk perusahaan yang berkaitan dengan telekomukasi misalnya telkomsel, indosat, depkominfo, telkom, xl axiata, dan yang lain. Selain itu prospek kerjateknik elektro juga bisa bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan juga hardware untuk dunia yang lebih melek akan teknologi.

5. Wirausaha

Bekerja mandiri atau mendirikan lapangan kerja ialah pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan guna berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan dan komputer. Lulusan jurusan ini bisa menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan atau Energi Listrik, Mengembangkan bisnis Start Up, Instalasi Listrik, Elektronika Industri dan masih banyak lagi.

6. Software Developer

tidak hanya lulusan dari teknik informatika saja yang mampu mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan pengembangan IOT (Internet of Things). Selain itu, lulusan elektro juga bisa diharapkan mampu menguasai bahasa pemrograman untuk perangkat keras misalnya ialah arduino.

7. Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Bidang ini cukup diminati karena gajinya yang cukup tinggi,para  Alumni Teknik Elektro khususnya konsentrasi kendali dibutuhkan di bidang ini terutama sebagai Control & Instrument Engineer bersama Teknik Fisika dan juga Fisika Instrumentasi (dua kawan satu angkatan saya bekerja sebagai instrumen Engineer di Unocal atau Chevrondan Conoco Phillips. Teknik Elektro konsentrasi Tenaga Listrik juga sangat dibutuhkan karena di setiap industri pasti membutuhkan listrik, baik yg membeli lewat PLN maupun juga membangkitkan sendiri, begitu juga pertambangan dan perminyakan, karena itu bidang power ini cukup dibutuhkan. Teknik Elektro, juga dapat mengisi bidang IT Engineer bersama Teknologi Informasi dan juga Jurusan IT lainnya (banyak bisa kita temukan, salah satunya mantan ketua KMTE UGM yang jadi IT Manager di Transcocean dan Schlumberger Sedco Forex).

Dari pengamatan kawan-kawan yang dipertambangan dan perminyakan, para alumni elektro banyak juga yang dibutuhkan sebagai wireline & Testing di Schlumberger (Wireline and testing Schlumberger ini ada 5 kawan seangkatan saya, bahkan manager SLB wilayah Asia pacifik juga lulusan jurusan Elektro), data logger (saya temukan kawan Elektro bekerja sebagai datalogger di UNOCAL Thailand), Quality Assurance (satu kawan saya bekerja sebagai QA di Chevron), bahkan sebagai Driller juga (Kawan saya, Elektro konsentrasi Power bekerja sebagai Driller di Pertamina).

beberapa perusahaan dalam negri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah SCHLUMBERGER, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL), HALLIBURTON, FREEPORT, CNOOC (dulu Maxus), dst

8. Telekomunikasi.

Bidang telekomunikasi cukup menjadi primadona juga, karena gaji nya yang cukup tinggi, bahkan juga beberapa perusahaan lebih tinggi dari pada bidang perminyakan. Bidang ini cukup ekslusif diisi oleh alumni Elektro, khususnya jabatan atau keahlian yang terkait dengan core bidang telekomunikasi, karena hanya di teknik elektro diajarkan bidang atau konsetrasi atau keahlian tetang telekomunikasi. tidak seperti bidang Elektronika, IT, instrumentasi dan Kontrol yang dapat diisi oleh lulusan Teknik Fisika, Ilkom, Teknologi Informasi, Teknik industri, Elins maupun Fisika. Beberapa perusahaan dalam nnegri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah TELKOMSEL, INDOSAT, ERICSSON, PT. TELKOM, dst

9. Kelistrikan

Bidang ini juga cukup eksklusif hanya dapat dimasuki alumni elektro, terutama di bagian teknis dari Transmisi, Distribusi dan juga Instalasi. Untuk Pembangkitan Tenaga Listrik, Alumni Teknik Mesin dan Teknik Fisika dapat masuk. Bagian Instrumentasi dan Elektronika Daya, alumni TF, Elins dan juga Fisika bisa masuk. demikian juga dengan IT dari Sistem Kelistrikan.

Beberapa perusahaan dalam nnegri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan juga berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer atau teknisi Listrik sendiri.

10. Teknologi Informasi.

Bidang ini cukup ketat sekali persaingannya, karena banyak jurusan bisa masuk ke sini, terutama Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan juga Sistem Informasi. Elektro khususnya konsentrasi Teknik Komputer dapat bersaing, demikian juga dengan alumni jurusan lain yang memiliki keahlian maupun sertifikat bidang IT.

11. Manufaktur

Untuk bidang ini, semua konsentrasi atau minat dalam teknik elektro dapat masuk baik sebagai Engineer, teknisi maupun staf produksi bahkan staf personalia, akan tetapi persaingan juga cukup berat karena banyak jurusan bisa masuk ke sini.

Untuk memberikan gambaran prospek lulusan teknik elektro dan juga bidang kerja maupun profesi nya, saya ambilkan contoh angkatan 1994 di Teknik Elektro UGM (angkatan lain mungkin lebih baik lagi, minimal sama kondisinya, jadi bisa dilihat ke mana saja mereka bekerja atau prospek kerja setelah lulus). Menurut data yang berhasil diperoleh, tidak ada yang menganggur, baik yg lulus maupun yg tidak sempat menyelesaikan pekerjaannya semua mendapat pekerjaan atau memiliki penghasilan sebagai pekerja maupun pengusaha. Rata-rata menganggur atau lama mendapatkan pekerjaan setelah lulus ialah 3 bulan.

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 11 Prospek Kerja Teknik Elektro dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :