Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

Diposting pada

Pengertian Tangga Nada

Tangga Nada meruapkan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada, mulai dari salah satu nada dasar sampai nada oktafnya. bisa oktaf lebih rendah atau pun juga lebih tinggi dari nada dasar sebuah tangga nada tersebut.

Jadi dalam suatu tangga nada, terdapat satu nada dasar yang selanjutnya diikuti oleh nada-nada, bisa nada lebih rendah atau pun juga lebih tinggi dengan pola interval tertentu, sehingga membentuk sebuah karakter khas dari tangga nada itu sendiri, misalnya ialah tangga nada Mayor, yang mempunyai pola interval (1-1-1/2-1-1-1-1/2) jadi jika kita memainkan sebuah tangga nada dengan pola interval tersebut, maka akan terbentuklah sebuah susunan nada khas dari tangga nada mayor, yang tidak kita temui pada tangga nada yang lain.

Dalam seni musik tangga nada dibagi menjadi dua, diantaranya yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis, yang masing-masing mempunyai pengertian yaitu:


  • Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis merupakan tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan juga setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis ada beberapa macam diantaranya ialah sebagai berikut.

a) Tangga Nada Diatonis Mayor

Tangga nada mayor merupakan tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2. (seni musik wahyu  Purnomo)
Contoh:

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

b) Tangga Nada Minor

Tangga nada minor merupakan tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga nada minor ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

(1) Tangga Nada Minor Asli
Tangga nada minor asli hanya mempunyai nada-nada pokok dan belum mendapat nada sisipan. Musik Gregorian ialah bentuk khas yang menggunakan tangga nada ini. Berikut ini adalah, tangga nada minor asli.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

(2)Tangga Nada Minor Harmonis

Tangga nada minor harmonis merupakan tangga nada minor yang nada ke tujuhnya dinaikkan setengah laras. Dalam tangga nada ini, deretan naik dan juga turun tetap sama. Berikut ini adalah tangga nada minor harmonis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada

(3) Tangga Nada Minor Melodis
Tangga nada minor melodis merupakan tanga nada minor asli yang nada ke-6 dan juga ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun, nada ke-6 dan ke-7 tersebut diturunkan ½ laras. Berikut ini merupakan tangga nada minor melodis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada


  • Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis merupakan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada dan juga pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang memakai pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini ialah gamelan.


Contoh Tangga Nada

Contohnya apabila dalam tangga nada diatonic mayor yang terdiri  dari nada-nada DO, RE, MI, FA, SOL, LA, SI, DO, untuk menjadi pentatonic, nada ‘Fa’ dan ‘Si’ dihilangkan menjadi DO, RE, MI, SOL, LA, DO.

Dengan pola interval : 1 – 1 – 1+1/2 – 1 – 1+1/2 atau W – W – WH – W – WH.


Macam – macam Tangga Nada Pentatonic


  • Pentatonic Mayor :

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada


  • Pentatonic Minor :

Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada


Demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai Apa Yang Dimaksud Dengan Tangga Nada ? Pengertian, Contoh dan Macamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.