Ceramah Singkat Tentang Sholat

Diposting pada

Ceramah Singkat Tentang Sholat

Ceramah Singkat Tentang Sholat 01

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah alhamdulillahirabbil’alamin, wabihinasta’in, wa’ala umridun ya wad din, wassholatu wassalamu’ala asrafil ambiyai, wamursalin, wa’ala alihi washahbihi ajma’in ‘ama ba’du.

Segala puji bagi Allah SWT, yang begitu banyak memberikan kita kenikmatan, terutama nikman iman, islam dan nikmat kesehatan.

Shalawat dan salam tercurahkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari jaman kegelapan, kejalan yang terang bederang, dan membawa kita kejalan yang benar.

Yang terhormat, guru pembimbing muhadarah pada hari ini, dan kawan-kawanku semua yang Inshaa Allah diridhai dan dirahmati oleh Allah SWT. Aamiin. Pada kesempatan ini, saya ingin berceramah yang bertema “Pentingnya Shalat”.

Shalat hukumnya wajib, bagi setiap orang islam yang telang memenuhi syarat, baik laki-laki maupun perempuan, terkecuali orang gila, anak kecil yang belum baligh, dan wanita yang sedang haid atau nifas. Shalat juga merupakan tugas bagi setiap umat islam yang ada didunia ini, dan juga merupakan tiang agama, seperti rumah yang tidak ada tiangnya maka rumah itu akan roboh.

Perintah shalat sendiri merupakan perintah yang disampaikan langsung dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini seperti yang dituangkan dalam Al-Qur’an, yang artinya: “Maka dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya, atas orang-orang yang  beriman” (QS.AN-NISA : 103).

Teman-temanku yang dirahmati oleh Allah SWT.

Begitu pentingnya Rasul menegaskan kalu pembeda antara muslim dan kafir adalah shalat. Hal ini seperti yang tertuang dalam haditsnya, yang artinya: Dari Jabir RA. Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Batasan antara seorang muslim dan kafir adalah meninggalkan shalat”(HR Muslim).

Adapun dosa-dosa meninggalkan shalat.

Meninggalkan shalat fardhu itu hukumnya berdosa, dosanya dosa besar, diantaranya adalah:

  1. Satu kali meninggalkan shalat subuh, dosanya itu sama saja seperti masuk neraka selama diakhirat, itu baru diakhirat, bahkan sama saja masuk neraka selama 6000 tahun didunia.
  2. Satu kali meninggalkan shalat dzuhur, dosanya itu sama saja seperti membunuh 1000 umat islam.
  3. Satu kali meninggalkan shalat ashar, dosanya itu sama saja seperti menghancurkan ka’bah.
  4. Satu kali meninggalkan shalat maghrib, dosanya itu sama saja sepertiberzina dengan orangtua kita sendiri.
  5. Satu kali meninggalkan shalat isya, dosanya itu sama saja seperti selama hidupnya dan apa saja yang dia lakukan didunia tidak diridhai oleh Allah SWT.

Na’uzubillah min zalik.

Semoga kita semua selalu menjagaa shalat kita ya, aamiin.

Demikianlah ceramah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, mudah-mudahan berkenan dihati kalian semua, aamiin. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya saya.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Lihat Juga : Harga ready Mix


Ceramah Singkat Tentang Sholat 02

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara muslim saya yang berbahagia, berjumpa kembali dalam tulisan blog saya. Kali ini saya ingin membagi ilmu kembali dengan kalian semua. Ilmu yang akan saya bagi ini saya dapatkan dari ceramah dan kajian singkat dari Ustadz Umar Al-Fanani. Dengan bahasan “Jangan Lalaikan Sholat Berjamaah”.

Baiklah berikut intisari dari ceramah beliau :

Sholat berjamaah merupakan salah satu keutamaan yang sangat luar biasa dalam agama islam. Bahkan sholat berjamaah adalah ibadah yang sangat yang ditekankan dalam agama, bahkan mendapatkan posisi paling depan disisi Allah dan Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

Artinya : “Tidaklah ada tiga orang dalam satu perkampungan atau pedalaman tidak ditegakkan pada mereka shalat, kecuali Syaithan akan menguasainya. Berjama’ahlah kalian, karena serigala hanya memangsa kambing yang sendirian.”

Kemudian jika kita sholat secara berjamaah tentunya terdapat banyak sekali keutamaan daripada kita sholat secara sendirian.Salah satunya jika kita sholat secara berjamaah maka shalat kita secara berjamaah akan lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian.

Dari Abdullah bin Umar  radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 derajat.”

Bahkan jika dalam sholat isya dan subuh kita lakukan secara berjamaah maka akan ada kelebihan lagi seperti hadist yang diriwayatkan oleh An-Nawawi rahimahullah menyebutkan dalam Syarh Shahih Muslim, bab “Keutamaan Shalat Isya dan Subuh dengan Berjamaah”, dari ‘Utsman bin Affan  radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

“Barang siapa shalat isya dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat setengah malam. Barang siapa shalat isya dan subuh dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat semalam penuh.” (Syarh al-Bukhari, al-‘Utsaimin, 3/62, Fathul Bari, 2/154—157).

Jadi kesimpulan dari hadist-hadist yang telah kita baca diatas tentu saja sholat secara berjamaah lebih utama dibandingkan kita sholat secara munfarid.

Seharusnya kita menyesal jika sampai-sampai saja kita tertinggal sholat berjamaah. Bukankah kita semua ingin menjadi hamba yang benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita selalu menjaga dan berusaha agar selalu dapat menunaikan sholat secara berjamaah seperti yang disabdakan oleh Nabi Agung Muhammad SAW.

Akhir kata, itulah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan. Mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang salah. Semoga kita semua dalam perlindungan Allah SWT.

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ