√ 16 Prospek Kerja Teknik Elektronika dan Gajinya

Diposting pada

1. Menjadi Dosen Atau Guru

Kamu dapat bekerja menjadi dosen atau bekerja menjadi guru di SMA/SMK setelah lulus. Akan tetapi untuk menjadi dosen minimal Kamu harus lulus S2. Menjadi seorang dosen adalah pekerjaan yang mulia. Gaji yang diterima juga lumayan tinggi sesuai dengan universitas atau sekolah yang menjadi tempat mengajar.

2. Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan sarjana teknik elektro juga bisa berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bagian yang dapat diambil biasanya pada bidang energi dan sumber daya mineral. Kamu juga bisa saja bekerja pada Dirjen Ketenagalistrikan kementerian energi dan sumber daya mineral. Tentunya gaji yang ditawarkan cukup tinggi apabila menjadi seorang PNS.

3. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kamu juga bisa bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Perusahaan-perusahaan milik negra membutuhkan kemampuanmu. Bidang kerja yang akan digeluti ialah pekerjaan yang berhubungan dengan telekomunikasi dan energi. Gaji yang ditawarkan cukup lah menggiurkan yakni kisran 7 sampai 12 juta.

4. Bekerja Di Sektor Swasta

Sektor swasta sangat lah berprospek untuk lulusan jurusan tenik elektro. Seperti halnya pengembangan software dan hardware, kominfo, telkom, dan masih banyak lagi yang lainnya. Gaji yang ditawarkan tidak terlalu tinggi. Akan tetapi ada sektor swasta yang menawarkan gaji cukup tinggi yakni perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, pembangkit listrik, dan juga perminyakan.

5. Menjadi Seorang Wirausaha

jika belum berkeinginan untuk bekerja, Kamu bisa membuka usaha sendiri di rumah. seperti yang telah dibahas di atas bahwa prospek kerja teknik elektro sangat luas sekali. Kamu dapat membuka jasa servis laptop, komputer, printer, dan lainnya yang berhubungan dengan elektronik daat menjadi lahan bisnis.

Mengenai gaji, tentunya dalam membuka usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit. Semakin besar modal yang dikeluarkan semakin besar pula untung yang didapatkan.

6. Bekerja di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Bidang yang satu ini sangat diminati banyak orang. Teknik elektro adalah jurusan yang sangat dibutuhkan pada bidang ini. Utamanya pada bidang control dan juga instrumen engineer. Seperti yang telah diketahui bahwasanya listrik sangat dibutuhkan oleh semua orang di dunia ini. Sehingga sumber listrik juga dibutuhkan sekali. Inilah yang menjadikan peluang besar pada pekerjaan jenis ini.

Gaji yang diberikan tergantung posisi yang di jabatnnya. apabila setingkat sarjana, biasanya berada pada level 7 yakni dengan kisaran 5 – 7 juta. Semua tergantung pada kebijakan dari perusahaan.

7. Bekerja Di Bidang Telekomunikasi

Peluang pekerjaan untuk lulusan teknik elektro di bidang telekomunikasi ialah pada bidang elektronika, instrumen dan kontrol tang, serta IT. Dengan gaji yang diterima kisaran 7 hingga 10 juta dan juga bahkan lebih.

8. Bekerja Di Bidang Kelistrikan

Yang dapat bekerja pada bidang kelistrikan hanyalah lulusan jurusan teknik elektro. Sehingga menjadi peluang besar bagi Kamu sarjana teknik elektro guna merebut pekerjaan tersebut. Bisa dengan mudahnya mendapat pekerjaan dan juga dengan gaji yang cukup besar.

9. Software Developer

Lulusan elektro juga harus mampu mengembangkan perangkat lunak sebagai upaya pengembangan IOT (Internet Of Things). Karena setidaknya mampu menguasai bahasa pemograman untuk perangkat keras ini. Dengan gaji yang ditawarkan minimal 5 juta hingga 7 jutaan.

10. Manufaktur

Sebenarnya banyak sekali jurusan yang bisa masuk di bidang ini. Oleh karenanya persaingan lumayan cukup berat. Akan tetapi semua konsentrasi yang ada pada teknik elektro bisa masuk. Baik sebagai Engineer, staf produksi, teknisi, dan juga bahkan staf personalia. Untuk gajinya tergantung posisi yang diduduki, kisaran 4,5 sampai 18 juta yang tertinggi.

11. Bidang Migas dan Pertambangan

Bidang ini cukup diminati karena gajinya yang cukup tinggi, Lulusan Teknik Elektro khususnya konsentrasi teknik kendali dan juga kontrol biasanya dibutuhkan di bidang ini dan diposisikan sebagai Control & Instrument Engineer bersama Teknik Fisika dan juga Fisika Instrumentasi. Teknik Elektro konsentrasi Tenaga Listrik juga sangat lah dibutuhkan karena di setiap industri pasti membutuhkan listrik, baik yg membeli lewat PLN maupun juga dengan pembangkit listrik sendiri.

Teknik Elektro, juga dapat mengisi bidang IT Engineer bersama Teknologi Informasi dan Jurusan IT lainnya, tergantung kebutuhan dan juga keahlian individu tersebut. Dan beberapa perusahaan dalam negeri yang banyak menjadi incaran alumni Teknik Elektro ialah SCHLUMBERGER, PERTAMINA, PERSADA, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL),  ADARO, ANEKA TAMBANG, HALLIBURTON, TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM, FREEPORT, dan CNOOC (dulu Maxus), dst

12. Telekomunikasi.

Bidang telekomunikasi tidak kalah menjadi primadona dalam daftar incaran lulusan teknik elektro, selain karena gaji nya yang cukup tinggi, bahkan beberapa perusahaan lebih tinggi dari pada bidang perminyakan. Bidang ini cukup ekslusif diisi oleh alumni lulusan Elektro, khususnya jabatan atau keahlian yang terkait dengan core bidang telekomunikasi,

karena hanya di teknik elektro diajarkan bidang atau konsetrasi atau keahlian tetang telekomunikasi. tidak seperti bidang IT, instrumentasi dan Kontrol yang dapat diisi oleh lulusan Teknik Fisika, Ilkom, Teknologi Informasi, Teknik industri, Elins maupun Fisika. Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran  alumni Elektro ialah TELKOMSEL, INDOSAT, ERICSSON, XL AXIATA, SMARTFREN TELECOM, dan  PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA,

13. Kelistrikan

Bidang ini juga menjadi salah satu incaran para pencari kerja berasal dari jurusan elektro,  selain karena bidang engineeringnya paling diminati nomor 3 juga karena gajinya yang lumayan tinggi. Biasanya lulusan elektro ini ditempatkan pada bagian teknis Transmisi dan gardu induk, Distribusi dan juga Instalasi. Untuk bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, lebih banyak diisi oleh alumni Teknik Mesin dan juga Teknik Fisika.

Akan tetapi juga banyak juga lulusan elektro yang masuk pada bagian pembangkit. Apalagi saat ini sedang banyak rekrutmen insinyur kelistrikan dalam pembangunan program 35.000 MW sebagai pemerataan listrik guna rakyat Indonesia. Sehingga cukup dibutuhkan banyak lulusan elektro untuk bergabung dalam pembangunan ini. Selain gajinya yang menjanjikan, para lulusan teknik elektro juga bisa berkesempatan untuk berkeliling ke seluruh Indonesia.

Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan juga berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer atau teknisi Listrik sendiri.

14. Kelistrikan

Bidang ini juga menjadi salah satu incaran para pencari kerja berasal dari jurusan elektro,  selain karena bidang engineeringnya paling diminati nomor 3 juga karena gajinya yang lumayan tinggi. Biasanya lulusan elektro ditempatkan pada bagian teknis Transmisi dan gardu induk, Distribusi dan juga Instalasi. Untuk bidang Pembangkitan Tenaga Listrik, lebih banyak diisi oleh alumni Teknik Mesin dan juga Teknik Fisika. Akan tetapi juga banyak juga lulusan elektro yang masuk pada bagian pembangkit.

Apalagi saat ini sedang banyak sekali rekrutmen insinyur kelistrikan dalam pembangunan program 35.000 MW sebagai pemerataan listrik untuk rakyat Indonesia. Sehingga cukup dibutuhkan banyak lulusan elektro untuk bergabung pembangunan ini. Selain gajinya yang menjanjikan, para lulusan teknik elektro juga bisa berkesempatan untuk berkeliling ke seluruh Indonesia.

Beberapa perusahaan dalam negeri yang cukup menjadi incaran alumni Elektro ialah PLN, INDONESIA POWER, PEMBANGKITAN JAWA BALI (PJB) dan berbagai perusahaan yang memerlukan daya listrik cukup besar sehingga perlu merekrut engineer atau teknisi Listrik sendiri.

15. Teknologi Informasi.

Bidang ini cukup ketat persaingannya, karena banyak jurusan lain yang dapat masuk ke sini, terutama Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer dan juga Sistem Informasi. Akan tetapi lulusan Elektro khususnya konsentrasi Teknik Komputer juga dapat bersaing, demikian juga dengan alumni jurusan lain yang mempunyai keahlian maupun sertifikat bidang IT.

16. Manufaktur dan Konstruksi

Sangat banyak sekali perusahaan bergerak di bidang ini. Dan semua konsentrasi atau minat dalam teknik elektro dapat masuk baik sebagai Engineer, teknisi maupun staf produksi bahkan staf personalia, akan tetapi persaingan juga cukup berat karena banyak jurusan lain juga bisa masuk ke sini.

Baca Juga : 

 

demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 16 Prospek Kerja Teknik Elektronika dan Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.